109.071 Orang Naik KA Pandalungan Rute Jember-Gambir Selama Satu Tahun Beroperasi

KA Pandalungan merupakan kereta api dengan rute terjauh di Indonesia, dengan jarak tempuh sejauh 919 kilometer dari Stasiun Jember ke Stasiun Gambir, Jakarta.

oleh Erik Erfinanto diperbarui 02 Jun 2024, 16:00 WIB
Diterbitkan 02 Jun 2024, 16:00 WIB
Penumpang KA Pandalungan mendapatkan servis dari PT KAI akibat mengalami keterlambatan hingga 150 menit (Istimewa)
Penumpang KA Pandalungan mendapatkan servis dari PT KAI akibat mengalami keterlambatan hingga 150 menit (Istimewa)

Liputan6.com, Jember - Kereta api (KA) Pandalungan relasi Jember – Gambir telah mengangkut sebanyak 109.071 penumpang di wilayah Daerah Operasi (Daop) 9 Jember untuk menuju Jakarta ataupun kota-kota yang lain di sepanjang rute yang dilewati selama satu tahun beroperasi.

KA Pandalungan yang diresmikan oleh Bupati Jember Hendy Siswanto bersama Direktur Niaga KAI Hadis Surya Palapa pada 1 Juni 2023 mendapat respons positif dari masyarakat.

"Selama satu tahun beroperasi, rata-rata setiap harinya membawa 300 penumpang atau 75 persen dari kapasitas yang disediakan sebanyak 400 tempat duduk yang diberangkatkan dari wilayah Daop 9 Jember," katanya di Jember, Sabtu (1/6/2024).

Bahkan pada momen-momen tertentu seperti libur lebaran, tahun baru maupun libur panjang akhir pekan, tiket-nya sudah habis dipesan jauh-jauh hari.

KA Pandalungan merupakan kereta api dengan rute terjauh di Indonesia, dengan jarak tempuh sejauh 919 kilometer dari Stasiun Jember ke Stasiun Gambir.

Meskipun KA Pandalungan jarak tempuhnya paling jauh, namun kereta ini tidak hanya diminati oleh masyarakat Jember, Lumajang, Probolinggo dan Pasuruan saja, tetapi juga masyarakat di wilayah tapal kuda yang lain seperti Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso.

Selain untuk mengangkut penumpang, lanjut dia, rangkaian KA Pandalungan yang sebelumnya membawa delapan kereta kelas eksekutif, satu kereta makan dan satu pembangkit kini juga dilengkapi dengan satu gerbong barang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mampu Melaju di Kecepatan 12 Km/Jam

Mulai 1 Oktober 2023 ditambahkan satu gerbong barang untuk mengangkut barang hantaran penumpang atau retail seperti sepeda, motor, hewan maupun barang yang lain.

"Sejak dioperasikan hingga April 2024, barang yang sudah diangkut sebanyak 638.291 kilogram, barang tersebut dimuat dari beberapa stasiun seperti Stasiun Jember, Klakah, Probolinggo dan Pasuruan," ujarnya.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang sejak Desember 2023 rangkaian KA Pandalungan diganti dengan 'Kereta Eksekutif New Image' yang bisa melaju hingga kecepatan 120 km/jam.

"KAI Daop 9 Jember berkomitmen untuk terus berinovasi meningkatkan pelayanan kepada para penumpang, sehingga bisa memberikan customer experience dengan KA," katanya.

Infografis Nama-Nama Kereta Api Legendaris Indonsia
Infografis Nama-Nama Kereta Api Legendaris Indonsia.  (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya