Polisi Ringkus Pelaku Begal Payudara Resahkan Warga di Tulungagung, Sudah 25 Kali Beraksi

AKBP Taat meminta kepada masyarakat yang merasa pernah menjadi korban dari perbuatan tersangka untuk melaporkan diri.

oleh Yusron Fahmi diperbarui 27 Jul 2024, 12:03 WIB
Diterbitkan 27 Jul 2024, 12:03 WIB
Polisi meringkus begal payudara di Tulungagung yang sudah 25 kali beraksi. (Istimewa)
Polisi meringkus begal payudara di Tulungagung yang sudah 25 kali beraksi. (Istimewa)

Liputan6.com, Tulungagung - Satreskrim Polres Tulungagung menangkap pelaku begal payudara, inisial AR (25) yang videonya viral di media sosial.

"Kejadian tersebut terjadi di jalan raya Yos Sudarso Kelurahan Tamanan Tulungagung. Pengakuan Pelaku melakukan sudah sebanyak 25 kali sejak 2023," ujar Kapolres Tulungagung AKBP Muhammad Taat Resdi di Mapolres Tulungagung, Jumat (26/07/2024).

Taat menyampaikan, terkait dengan dugaan tindak pidana pencabulan pada 9 Juli 2024, korban sudah di identifikasi karena memberikan laporan resmi itu satu orang berusia 22 tahun, sedangkan tersangka kali ini usianya 25 tahun.

“Dari hasil penyidikan diperoleh keterangan bahwa tersangka ini sudah melakukan tindak pidana sebanyak 25 kali hanya 10 kali yang dia masih ingat waktu dan lokasinya”, ujar AKBP Taat.

Dia meminta kepada masyarakat yang merasa pernah menjadi korban dari perbuatan tersangka untuk melaporkan diri.

"Tidak perlu hadir ke polres, disampaikan via WA di 0812 4567 2005. silakan wa atau telepon. Nanti kita janjian mau bertemu di mana nanti kita akan datang untuk berkenan nanti dimintai keterangan kerahasiaan korban akan kami jamin”, sambungnya.

Dia menambahkan, keterangan korban begal payudara ini akan sangat signifikan terutama untuk kemudian membuat perkara ini menjadi semakin solid semakin mantap agar ketika nanti di persidangan hakim bisa memberikan keputusan yang optimal sesuai dengan fakta hukum yang ada.

“Memang pelaku sudah melakukan 25 kali, tetapi bukan residivis baru kali inilah yang korbannya berani melopor dan kemudian dengan dasar itulah kami bisa melakukan pengungkapan”, terang AKBP Taat.

“Kami mengapresiasi sekali keberanian korban untuk satu mengvideokan artinya melakukan perlawanan kemudian yang kedua berani untuk melapor”, sambungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Motif Pelaku dan Ancaman Penjara

Orang nomer satu di Polres Tulungagung itu juga menyampaikan motif pelaku melakukan tindakan itu karena ketidak mampuan dari pelaku ini untuk mengendalikan diri sehingga dia melakukan tindakan yang tidak diperbolehkan.

“Kita juga bekerja sama dengan UPTD PPA Kabupaten Tulungagung untuk memberikan pendampingan kepada korban agar trauma psikis yang dialami oleh korban ini bisa terpulihkan”, tandas AKBP Taat.

Dari kejadian ini barang bukti yang diamankan 1 copy flashdisk rekaman video korban ketika mengejar pelaku, pakaian korban, pakaian pelaku, 1 helm merk bogo warna coklat dan 1 unit sepeda motor Suzuki satria warna merah hitam Nopol AG 6855 RAB yang dipakai pelaku.

Pelaku dijerat dengan Pasal 289 KUHP dan atau Pasal 281 KUHP tentang barang siapa dengan kekerasan atau ancaman kekerasan memaksa seorang untuk melakukan atau membiarkan dilakukan perbuatan cabul, diancam karena melakukan perbuatan yang menyerang kehormatan kesusilaan dengan ancaman hukuman paling lama 9 tahun penjara. 

Infografis Artis Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba
Infografis Artis Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya