Perbarui Siri, Apple Tiru Google?

Pengguna kini hanya perlu mengucapkan kalimat 'Hey Siri' untuk menggunakan fitur tersebut.

oleh Adhi Maulana diperbarui 03 Jun 2014, 15:40 WIB
Diterbitkan 03 Jun 2014, 15:40 WIB
Perbarui Siri, Apple Tiru Google?
Pembaruan fitur Siri di iOS 8 (engadget.com)

Liputan6.com, California - Salah satu pembaruan yang dihadirkan Apple pada sistem operasi teranyarnya, iOS 8, adalah di sektor asisten pribadi berbasis suara Siri.

Menurut yang dilansir laman The Next Web, Selasa (3/5/2014), kini Siri bisa diakses oleh para pengguna iPhone secara handsfree. Pengguna hanya perlu mengucapkan kalimat 'Hey Siri' untuk menggunakan fitur tersebut. 

Kemampuan anyar yang diterapkan pada Siri patut diakui memang seperti meniru Google yang telah lebih dulu memperkenalkan sistem akses fitur Google Now dengan hanya menyebutkan 'OK Google'.

Hal ini menjadi ironis karena sebetulnya Apple lah yang lebih dulu berinovasi dengan fitur sisten pribadi berbasis suara. Baru selanjutnya diikuti oleh Google dengan Google Now, dan terkini oleh Microsoft dengan Cortana di Windows 8.1.

Meski begitu, bukan berarti Apple telah 'miskin' inovasi. Pada Siri yang tersedia di iOS 8 Apple telah mengintegrasikannya dengan aplikasi Shazam yang biasa digunakan untuk merekognasi musik. Shazam akan digunakan untuk merekognasi suara pemilik perangkat yang menggunakan Siri untuk keperluan keamanan.

Selain itu, Siri pun kini bisa digunakan untuk membeli berbagai konten di iTunes dan telah mendukung 22 bahasa baru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya