Smartphone Firefox OS Bakal Dibanderol Rp 295 Ribu

Perusahaan di balik Firefox OS, Mozilla, mengumumkan akan mulai menjual smartphone murah dalam beberapa bulan mendatang.

oleh Andina Librianty diperbarui 15 Jun 2014, 10:55 WIB
Diterbitkan 15 Jun 2014, 10:55 WIB
Smartphone Firefox OS Bakal Dibanderol Rp 295 Ribu
Ilustrasi (Foto: Mozilla)

Liputan6.com, Sistem operasi (OS) Android dan iOS saat ini menguasai pasar smartphone. Kendati demikian, tidak menghalangi OS mobile lain, seperti Firefox OS, untuk turut bertarung di pasar smartphone.

Pemasaran handset berbasis Firefox OS juga akan semakin diperluas. Perusahaan di balik Firefox OS, Mozilla, mengumumkan akan mulai menjual smartphone murah di India dalam beberapa bulan mendatang.

Chief Operating Officer Mozilla, Gong Li, mengatakan bahwa smartphone itu akan dijual dengan harga ritel US$ 25 atau setara Rp 295 ribu (Rp 11.815 per US$ 1).

Pengumuman Li ini menyusul langkah perusahaan yang berusaha memasuki pasar berkembang, di mana smartphone belum terlalu luas karena harga jual yang tinggi. Selain bekerjasama dengan ZTE dan Alcatel, Mozilla juga bekerjasama dengan dua produsen handset murah di India yaitu Intex dan Spice.

Organisasi non-profit ini akan melakukan kesepakatan dengan dua perusahaan terakhir untuk memproduksi ponsel murah, yang diperkuat chip dari perusahaan Tiongkok, Spreadtrum. Mozilla juga mengumumkan kerjasama dengan operator ponsel terbesar di Taiwan, Chunghwa Telecom untuk mendukung perangkat Firefox OS.

"Platform ini (Firefox OS) akan memberikan kami peluang untuk mengajak pengguna yang mulanya memakai feature phone untuk beralih ke smartphone, dengan harga terjangkau," kata Head of Mobile Business Intex, Sanjay Kumar Kalirona, seperti dilansir BBC, Minggu (15/6/2014).

Mozilla sendiri saat ini sudah menjual smartphone Firefox di Eropa dan Amerika Latin. Smartphone yang dijual di eBay itu dibanderol US$ 69,99 di Amerika Serikat atau 59,99 poundsterling di Inggris.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya