Google Cari Mitra Pembuat Mobil Tanpa Sopir

General Motor sendiri dikabarkan telah menjadi salah satu mitra Google dalam mengembangkan mobil otomatis tanpa pengemudi.

oleh Denny Mahardy diperbarui 17 Jan 2015, 10:12 WIB
Diterbitkan 17 Jan 2015, 10:12 WIB
Google Pamer Unit Mobil Tanpa Sopir Terbaru, Sudah Siap Pakai?
Google nampaknya punya ambisi besar untuk merevolusi industri kendaraan bermotor dengan meluncurkan mobil berteknologi self-driving.

Liputan6.com, Jakarta - Google telah menghabiskan dana dalam jumlah besar untuk mengembangkan mobil yang bisa berjalan tanpa pengemudi. Namun, pertanyaan seputar kemungkinan Google memproduksi kendaraan itu secara massal masih belum terungkap secara pasti.

Nah, sebuah titik terang mulai muncul soal rencana ke depan yang akan diambil Google terkait mobil tanpa pengemudi. Perusahaan raksasa internet itu diketahui sedang berusaha mendapatkan mitra yang memiliki kemampuan memproduksi mobil secara massal.

Mengutip laman Ubergizmo, rekanan produsen mobil perlu digaet Google sebab Google sendiri tak memiliki lisensi dan fasilitas yang memadai untuk memproduksi mobil dalam jumlah besar.

Perusahaan yang berbasis di Mountain View, California tersebut dikabarkan telah mendekati General Motors untuk menjadi mitranya dalam memproduksi massal kendaraan inovatif besutannya itu.

General Motor sendiri dikabarkan telah menjadi salah satu mitra Google dalam mengembangkan kendaraan otomatis tanpa pengemudi itu. Namun, Google juga sudah mengumumkan akan bekerjasama dengan produsen mobil lainnya untuk menyediakan mobil kembangannya ke pasar yang lebih luas.

"Kami tidak akan luput untuk berbicara dengan produksi produsen mobil terbesar. Mereka punya banyak hal yang akan ditawarkan," ungkap Chris Urmson, Direktur Proyek Mobil Tanpa Pengemudi Google.

Urmson juga menyebutkan beberapa mitra potensial yang akan bekerjasama dengan Google untuk membuat kendaraan uniknya. Nama besar seperti General Motors, Ford, Toyota, Daimler AG, dan Volkswagen AG disebutkan ada dalam daftar calon mitranya.

Bermitra dengan manufaktur mobil disebut-sebut dilakukan agar Google tak menjadi angkuh karena merasa bisa melakukan segala hal sendirian. Prototipe kendaraan tanpa pengemudi Google yang sebelumnya menjalani proses ujicoba dibuat oleh sebuah perusahaan manufaktur khusus bernama Roush yang berada di Detroit.

Kendaraan canggih kembangan Google itu diprediksi baru akan tersedia paling cepat pada tahun 2020 mendatang. Google kabarnya tengah berupaya melalui proses panjang dalam menyesuaikan hukum dan aturan yang memungkinkan mobil tanpa pengemudi bisa berjalan di jalan umum secara legal.

(den/dew)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya