Tiongkok Bakal Larang Bisnis App Store, Kenapa?

Ada kemungkinan App Store bakal dilarang beroperasi di Tiongkok.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 26 Agu 2020, 07:30 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2020, 07:30 WIB
Aplikasi di smartphone
Sekarang kamu bisa beli aplikasi di App Store dan melakukan pembayaran digital lewat DANA.

Liputan6.com, Jakarta - Tiongkok merupakan salah satu pasar terbesar bagi Apple. Pasalnya tidak seperti Google yang diblokir di Tiongkok, hubungan Apple dengan negara tersebut cukup baik.

Sayangnya karena perang dagang antara AS dan Tiongkok, hubungan baik Apple-Tiongkok bisa terimbas. Kini, ada kemungkinan App Store bakal dilarang total di Tiongkok.

Sebelumnya dalam persyaratan kehadiran App Store di Tiongkok, pemerintah mempersyaratkan bahwa saham toko aplikasi harus dimiliki secara mayoritas oleh perusahaan Tiongkok. Namun untuk masalah ini, Apple sudah berhasil mengatasinya selama bertahun-tahun.

Terbaru, menurut The Information, pelarangan App Store ini gara-gara aplikasi Tiongkok seperti TikTok dan WeChat telah dilarang di Amerika Serikat.

Menunjukkan, Tiongkok mungkin membalas dendam dengan menegakkan aturan yang mempersyaratkan kepemilikan saham mayoritas di atas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pilihan Apple

Apple Segera Naikkan Harga Aplikasi di Indonesia
Ilustrasi App Store (Foto: Appl via IBTimes)

Mengutip laman Ubergizmo, Selasa (25/8/2020), Apple mengklaim di masa lalu, pihaknya mempertimbangkan bantuan Tiongkok untuk mengatasi masalah regulasi. Namun tampaknya Apple kini malah perlu melihatnya dengan lebih serius.

Apple kini memiliki masalah yang dipikirkan, di mana mereka harus memutuskan apakah ingin memberikan kontrol lebih ke Tiongkok atas jenis aplikasi apa yang dipublikasikan di App Store, atau justru mau kehilangan pasar Tiongkok sepenuhnya.


Pelanggan Tiongkok Bakal Beli Smartphone Lain?

Unboxing iPhone 11 Pro
Unboxing iPhone 11 Pro. Liputan6.com/Yuslianson

Laporan baru-baru ini memperkirakan, jika larangan WeChat diterapkan, Apple bisa kehilangan miliaran dolar AS dari pelanggan di Tiongkok yang memilih untuk beli smartphone non-iPhone dan membatalkan langganan apapun ke Apple.

(Tin/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya