Poly Network Tawari Imbalan ke Hacker yang Curi Uang Kripto Rp 8,8 Triliun

Hacker yang mampu meretas perusahaan Poly Network dan mencuri uang kripto sebesar Rp 8,8 triliun ditawari imbalan uang hadiah sebesar Rp 7,1 miliar.

oleh Yuslianson diperbarui 15 Agu 2021, 10:00 WIB
Diterbitkan 15 Agu 2021, 10:00 WIB
Hacker
Ilustrasi Hacker (iStockPhoto)

Liputan6.com, Jakarta - Hacker yang meretas platform DeFi bernama Poly Network, dan mencuri mata uang kripto senilai USD 611 juta atau setara Rp 8,8 triliun dikabarkan sudah mengembalikan aset lebih dari USD 4,8 juta.

Selang beberapa waktu kemudian, hacker yang masih belum diketahui identitasnya tersebut kembali mentransfer sekitar USD 256 juta atau sekitar Rp 3,71 triliun dari sisa aset yang dicuri.

Memiliki niat baik untuk mengembalikan aset mata uang kripto yang dicuri tersebut, Poly Network memutuskan untuk menawarkan pelaku uang imbalan.

Dikutip dari Engadget, Minggu (15/8/2021), hacker tersebut ditawari uang hadiah ebesar USD 500,000 atau sekitar Rp 7,1 miliar.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Imbalan Sebagai Bug Bounty

Ilustrasi (Sumber : beliefnet.com

Perusahaan menyebutkan, uang tersebut merupakan hadiah bug bounty bagi siapa saja yang menemukan dan melaporkan bilamana ada kerentanan keamanan di dalam sistem mereka.

Dalam pernyataannya, Poly Network menyebut pelaku peretasan sebagai "white hat" dan berterima kasih karena telah membantu meningkatkan keamanan di dalam sistem perusahaan.

Sayang, tidak diketahui secara pasti bagaimana hacker itu akan dibawar atau apakah uang bounty bug itu sudah diterima.


Poly Network Tawari Imbalan ke Hacker

Kawasan Asia Tenggara mulai menjadi pemain ekonomi skala besar sehingga memicu para hacker untuk melakukan penyerangan siber. (Doc: iStockphoto)

Lebih lanjut, seseorang yang mengaku sebagai pelaku peretasan mengkonfirmasi Poly Network menawarkan dirinya hadiah sebesar USD 500.000 untuk mengembalikan aset yang dicuri.

Perusahaan juga berjanji tidak akan menuntut pelaku bertanggung jawab atas insiden tersebut, menurut pesan yang dibagikan di Twitter oleh Tom Robinson, kepala ilmuwan dan co-founder perusahaan pelacak kripto, Elliptic.

Masih belum jelas apa yang menjadi alasan hacker tersebut untuk mundur. Beberapa ahli percaya, mereka mungkin merasa sulit untuk mencuci dan menguangkan sejumlah besar kripto yang dicuri.

Lainnya mengatakan, peretas takut diekspos dan dituntut setelah para peneliti menemukan beragam informasi yang dapat mengidentifikasi info, termasuk email dan alamat IP.

(Ysl/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya