Buat Skala Prioritas untuk Hidup Lebih Nyaman dan Mudah di Tahun 2023

Setelah memiliki daftar prioritas, kamu akan memiliki kesempatan untuk menerapkan perubahan dan keputusan yang sejalan dengan misi hidup kamu.

oleh Gilar Ramdhani pada 23 Des 2022, 14:26 WIB
Diperbarui 23 Des 2022, 14:28 WIB
Buat Skala Prioritas untuk Hidup Lebih Nyaman dan Mudah di Tahun 2023
Ilustrasi pakai smartphone. (Shutterstock/NT_Studio)

Liputan6.com, Jakarta Tahun baru 2023 sudah di depan mata, momen itu merupakan waktu untuk memulai awal yang baru sekaligus mengatur ulang prioritas kamu. Menentukan kembali apa yang benar-benar penting dan apa yang diperlukan agar bisa menikmati hidup lebih nyaman, mudah, dan bahagia.

Prioritas adalah hal-hal yang perlu kamu tetapkan dan fokuskan untuk memenuhi target tersebut. Setelah memiliki daftar prioritas, kamu akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk menerapkan perubahan dan keputusan yang sejalan dengan misi hidup kamu.

Jika masih bingung dengan prioritas kamu, ini dapat membantu kamu mengidentifikasi dimana harus meletakkan pikiran dan energi kamu.

1. Misi Hidup

Misi hidup adalah prioritas yang memberi kamu makna dan kebahagiaan. Inilah yang membuatmu hidup lebih dari sekadar sukses, tetapi juga mengerjakan sesuatu yang signifikan dalam hidup.

Tetapkan daftar misi dan identifikasi hal-hal yang perlu kamu lakukan untuk mencapai tujuan hidup kamu. Setelah menetapkan apa misi hidup kamu, atur tugas dan buat setiap item di daftar tugas mengungkapkan misi tersebut.

2. Kesehatan Fisik dan Mental

Kesehatan sangat penting dan harus menjadi yang pertama dalam daftar prioritas kamu. Itu menentukan kemakmuran, kenyamanan, dan sikap kamu secara keseluruhan. Makan makanan yang seimbang, kembangkan rutinitas olahraga yang padat, dan jangan melewatkan tidur.

Untuk menjaga kesehatan mental, kamu dapat mencatat apa yang dirasakan, pikirkan, atau katakan dan bagaimana pengaruhnya terhadap suasana hati, baik secara positif maupun negatif. Semakin awal mengetahui apa yang salah dengan diri kamu dan mengembangkan strategi penanggulangan untuk menyelesaikan masalah, semakin cepat dan mudah untuk kembali ke jalur semula.

3. Waktu Berkualitas Bersama Keluarga

Saat kamu mengalami masa-masa sulit di tempat kerja, pilar pendukung pertama selalu adalah keluarga kamu. Waktu yang dihabiskan bersama keluarga dapat meningkatkan mood, kebahagian, dan membangun kebiasaan positif

Prioritaskan waktu bersama keluarga dekat kamu, dan manfaatkan waktu itu. Mulai dari berolahraga, berjalan-jalan setelah makan malam, belanja bersama, memasak. Intinya, utamakan kebersamaan!

4. Hubungan yang Sehat

Hubungan penting dalam menemukan makna dan tujuan hidup. Setelah keluarga kamu, teman, kolega, hingga komunitas memainkan peran penting dalam hidup kamu melebihi apa yang dapat kamu bayangkan. Memprioritaskan hubungan yang sehat dapat mengurangi stres dan tekanan hidup. 

Selain itu, hubungan yang sehat membantu kamu membangun kebiasaan yang sehat. Rekan kerja, mentor, pelatih kehidupan, dan guru memainkan peran penting dalam mencapai tujuan kamu. Karena itu, kelilingi diri kamu dengan orang-orang yang akan menginspirasi setiap hari dan isolasi dari hubungan yang toxic.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


5. Keuangan

Uang memang bukan segalanya, tapi segala sesuatu membutuhkan uang. kamu perlu memastikan keuangan yang sehat untuk tetap bahagia. Hidup bisa menjadi sengsara saat kamu berjuang untuk membayar tagihan atau makan sendiri, jadi prioritaskan keuangan kamu!

Cari tahu sumber-sumber penghasilan kamu dan pengeluaran yang bisa menguras keuangan. Kemudian, tingkatkan aset kamu dan kurangi pengeluaran yang minim manfaat. Selain itu, menabunglah sebanyak mungkin untuk membuat hidup kamu lebih nyaman di masa depan. kamu juga dapat menginvestasikan tabungan kamu dalam investasi berisiko rendah apa pun yang dapat memberi kamu penghasilan pasif baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Tak ketinggalan adalah hindari hutang sebanyak mungkin dan simpan untuk keadaan darurat.

Ilustrasi pakai smartphone
Ilustrasi pakai smartphone. (Shutterstock/Thanakorn.P)

Selain 5 poin di atas masih banyak lagi prioritas yang bisa kamu tentukan, salah satunya patut di coba adalah memilih XL PRIORITAS. Di tengah tingginya kebutuhan kuota internet dan ketergantungan masyarakat terhadap internet, penting juga menentukan provider dan layanan internet yang mudah dan nyaman. 

Nah, XL PRIORITAS bisa menjadi pilihan kamu untuk merasakan pengalaman yang lebih mudah dan nyaman dalam menggunakan layanan komunikasi dan internet. XL PRIORITAS memberikan sebuah layanan untuk memenuhi kebutuhan komunikasi pelanggan dengan cara bayar di depan.

Keunggulan dari XL PRIORITAS dengan pembayaran di depan antara lain:

  • Kemudahan registrasi karena tidak perlu deposit dan kartu kredit
  • Banyak pilihan pembelian paket untuk berlangganan
  • Completely in Control karena bayar dulu kemudian pakai
  • Semakin lama berlangganan, semakin banyak diskonnya

Harga paket yang ditawarkan XL PRIORITAS pun terjangkau. Pelanggan cukup bayar mulai dari 85rb untuk satu bulan. Jika menggunakan kartu kredit, pelanggan bisa mendapatkan upgrade kuota menjadi lebih besar lagi.

Jika kuota internet sudah habis, pelanggan masih tetap bisa internetan untuk aplikasi yang cukup vital seperti whatsapp atau aplikasi lainnya. Pelanggan juga bisa beli kuota tambahan atau booster. Selain itu pelanggan juga bisa membeli membeli paket utama lainnya, tanpa harus menunggu masa aktif paket berakhir.

Saat ini sudah tersedia banyak variasi metode pembayaran seperti bank transfer, virtual account dan juga e-wallet seperti GOPAY, OVO, Dana dan lain-lain. Cara untuk berlangganan XL PRIORITAS dengan pembayaran di awal sangatlah mudah. Pelanggan cukup mengunjungi website prioritas.xl.co.id atau datang ke XL Center terdekat.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya