Gampang Banget, Ini Cara Screenshot Panjang di iPhone

Gampang banget lho, begini caranya mengambil screenshot panjang di iPhone.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 17 Apr 2023, 12:55 WIB
Diterbitkan 06 Feb 2023, 14:43 WIB
iPhone 14 Pro Max with Software iOS 16
iPhone 14 Pro Max with Software iOS 16 (Photo by Jeremy Bezanger on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna iPhone mungkin kamu kini sedang bertanya-tanya bagaimana cara mengambil screenshot di perangkat kamu? Gampang banget caranya.

Tapi sebelumnya, kamu perlu mengetahui, saat kamu men-screenshot layar, smartphone kamu menjepret seluruh layar dan menyimpannya sebagai gambar. Screenshot pun bisa dilakukan di smartphone iPhone atau Android.

Lantas bagaimana kalau kamu ingin mengambil sesuatu yang ada di bagian bawah, yang tidak bisa dimuat pada dimensi normal screenshot?

Untungnya, smartphone iPhone atau Android mengizinkan kamu untuk mengambil screenshot panjang dengan mudah.

Cara screenshot panjang di iPhone

Jika iPhone kamu menjalankan iOS 14 atau yang lebih baru, kamu bisa mengambil screenshot panjang tanpa butuh aplikasi pihak ketiga.

Apple menawarkan fungsi ini langsung di dalam tools screenshot di iPhone.

Tool ini berfungsi pada aplikasi-aplikasi yang mendukungnya, misalnya aplikasi besutan Apple atau aplikasi lain seperti Google Chrome.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Screenshot Panjang di iPhone

iPhone 14 Series dengan warna kuning (Apple)
iPhone 14 Series dengan warna kuning (Apple)
  1. Pada iPhone, masuk ke laman yang ingin di-screenshot panjang
  2. Pencet tombol Power dan volume up secara bersamaan di iPhone, seperti cara biasa saat kamu ingin mengambil screenshot.
  3. Sentuh gambar mengambang yang memperlihatkan thumbnail screenshot pada sisi bawah kiri.
  4. Pindahkan pilihan ke bagian tab Full Tab atau layar penuh pada gambar screenshot. Catatan: berdasarkan panjangnya sebuah halaman, iPhone kamu akan butuh waktu beberapa saat untuk memindai bidang yang di-screenshot. Ketika bisa dilakukan, pengguna bisa melihat dan scroll halaman di dalam tool screenshot. Kamu bisa menandai atau mencoret-coret hasil screenshot, menambahkan teks, atau tanda tangan, dan memotongnya.
  5. Ketika hasilnya sudah kamu pilih, ketuk "Done" yang ada pada sudut kanan atas dan pilih "Save PDF to Files". iPhone pun akan menyimpan hasil screenshot panjang tersebut dalam bentuk PDF di aplikasi Files.

Harga iPhone 16 Ultra, Padahal iPhone 15 Belum Rilis

Apple iPhone 14 dan 14 Plus
Spesifikasi dan harga iPhone 14 dan 14 Plus yang baru diumumkan. (Doc: Apple)

Terlepas dari cara melakukan screenshot panjang di iPhone, desas-desus Apple untuk mengubah nama model "Pro Max" ke "Ultra" tampaknya akan menjadi kenyataan.

Selain lebih mudah diucapkan, perusahaan berbasis di Cupertino ini juga sudah memakai nama "Ultra" di produk Apple Watch terbarunya.

Adapun strategi perubahan nama ini diungkap oleh Mark Gurman dari Bloomberg lewat laporan Power On.

Mengutip Bloomberg via Gizchina, Senin (6/2/2023), Gurman mengklaim Apple bakal merilis iPhone dengan harga di atas kedua model iPhone Pro.

Bila benar, maka besar kemungkinan perusahaan bakal mengganti nama Pro Max ke iPhone 16 Ultra saat debut pada tahun 2024 mendatang.

Informasi, iPhone 14 Pro saat ini dijual mulai dari harga USD 999 atau sekitar Rp 15 jutaan. Sedangkan untuk iPhone 14 Pro Max dibanderol USD 1099 atau Rp 16,5 jutaan.


Orang Mau Bayar Mahal Demi iPhone

Apple Resmi Rilis iPhone 13
CEO Apple Tim Cook dengan iPhone 13 Pro Max dan Apple Watch Series 7 selama acara khusus di Apple Park di Cupertino, California (14/9/2021). Dalam acara peluncuran, Tim Cook bangga engumumkan generasi iPhone terbaru kami, yaitu iPhone 13. (Brooks Kraft/Apple Inc. /AFP)

Dalam salah satu sesi presentasi, Tim Cook, CEO Apple mengatakan kepada investor bagaimana konsumen rela mengucurkan uang lebih untuk mendapatkan HP iPhone terbaik.

"Saya pikir orang-orang bersedia mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan apa yang terbaik sesuai dengan kemampuan finansial mereka," kata Cook.

Hal ini diucapkan Cook ketika ditanyakan soal apakah ada kemungkinan untuk menaikkan harga iPhone.

Rumor tentang kenaikan harga iPhone model baru memang sudah sejak lama jadi pembicaraan internal di Apple.

Perusahaan pun sudah berkali-kali merilis model Pro di lini iPhone, untuk mendorong pengguna mengeluarkan lebih banyak uang.

Karena dibanderol dengan harga mahal, Apple pun tidak segan-segan menggunakan berbagai material, CPU, dan kamera terbaiknya di iPhone 15 yang akan dirilis tahun ini.

Berdasarkan bocoran yang ada saat ini, Apple akan menambahkan lensa periskop ke varian iPhone 15 Pro Max.

(Tin/Isk)

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya