Viral Game Roleplay di TikTok, Apa Itu RP dan Bagaimana Cara Bermainnya?

Game RP atau Roleplay adalah permainan yang mengharuskan pemainnya memerankan karakter tertentu atau orang lain. Game RP sedang viral di TikTok karena banyak anak-anak yang bermain game ini dengan cara yang tidak sesuai dengan usia dan kondisi mereka

oleh Yuslianson diperbarui 20 Jun 2023, 10:48 WIB
Diterbitkan 20 Jun 2023, 10:48 WIB
Ilustrasi TikTok. (Unsplash/Collabstr)
Ilustrasi TikTok. (Unsplash/Collabstr)

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini, platform media sosial sedang diramaikan dengan salah satu tren viral di TikTok, yaitu game RP atau Roleplay.

Adapun game RP ini ramai diperbincangkan warganet, setelah sebuah video seorang ayah memarahi anak perempuannya sedang bermain game roleplay viral di TikTok.

Dalam video tersebut, sang anak yang masih berusia 11 tahun kedapatan melakukan roleplay yang tidak sesuai dengan umurnya. Terlebih, dia roleplaying bersama dengan orang yang tak dikenal.

Sontak postingan video TikTok itu langsung viral dan menjadi sorotan dan ramai dibicarakan warganet di Tanah Air, namun tahukah Anda apa itu game RP atau Roleplay?

Apa itu game RP atau Roleplay?

Game RP atau roleplay sendiri adalah permainan dimana pemain atau bisa disebut roleplayer menyerupai karakter dan identitas idola yang diperankan.

Seringkali roleplayer berperan sebagai karakter dari acara TV, film, buku, atau selebriti, dan beraksi sebagai mereka.

Dalam dunia roleplaying, seseorang berakting seakan-akan sedang berperan menjadi sosok pilihannya, baik dari sikap, gaya bicara, hingga aktivitas sehari-hari dengan detail.

Dalam game RP, roleplayer berperan menjadi tokoh fiksi untuk berinteraksi dengan roleplayer lain di TikTok mulai dari saling follow atau dalam bahasa gaulnya disebut "mutualan”.

Setelah mutualan, roleplayer bisa menjalin hubungan secara fiksi dengan RP TikTok--tidak jauh berbeda dari pengguna pada umumnya.

Roleplayer umumnya terbagi menjadi beberapa genre, saat ini yang paling populer adalah genre Korea dan Western. Kedua genre RP ini kemudian dibagi lagi menjadi kelompok karakter seperti penyanyi, aktor, boyband, hingga girlband.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bagaimana cara bermain game RP di TikTok?

<p>Ilustrasi main HP sambil tiduran, kangen, LDR. (Photo by cottonbro studio/Pexels)</p>

  1. Anda harus membuat akun TikTok khusus untuk bermain game RP. Anda bisa menggunakan nama asli Anda atau nama samaran sesuai karakter yang ingin Anda perankan.
  2. Cari roleplayer lain yang memiliki minat dan karakter yang sama dengan Anda. Anda bisa mencari roleplayer lain dengan menggunakan hashtag #roleplay, #rp, #kontenplayer, atau hashtag lain yang berkaitan dengan game RP.
  3. Buat konten-konten video yang mencerminkan karakter diperankan. Anda bisa menggunakan dialog, tindakan, dan penampilan sesuai dengan karakter Anda. Jangan lupa untuk pakai fitur-fitur TikTok seperti filter, stiker, musik, atau efek untuk membuat konten lebih menarik.
  4. Anda harus berinteraksi dengan roleplayer lain melalui komentar, pesan pribadi, atau video duet. Anda bisa saling mengobrol, bercanda, bermesraan, bertengkar, atau melakukan hal-hal lain yang sesuai dengan hubungan fiksi Anda.
  5. Jaga etika dan batasan dalam bermain game RP di TikTok. Anda harus menghormati roleplayer lain dan tidak melakukan hal-hal melanggar norma dan hukum. Anda juga harus membedakan antara dunia nyata dan dunia fiksi dalam game RP.

Apa saja genre game RP di TikTok?

<p>Ilustrasi sebelum tidur malam, main HP. (Photo by SHVETS production/Pexels)</p>

Game RP di TikTok memiliki berbagai genre yang bisa dipilih oleh para pemain sesuai dengan minat dan selera mereka. Beberapa genre game RP yang populer di TikTok antara lain adalah:

  • Korea: Genre ini mengambil latar belakang budaya dan gaya hidup Korea Selatan. Pemain bisa berperan sebagai idol K-pop, aktor, model, atau warga biasa Korea. Pemain juga bisa menggunakan bahasa Korea dalam konten dan interaksi mereka.
  • Western: Genre ini mengambil latar belakang budaya dan gaya hidup negara-negara Barat. Pemain bisa berperan sebagai selebriti Hollywood, musisi, atlet, atau warga biasa Amerika atau Eropa. Pemain juga bisa menggunakan bahasa Inggris dalam konten dan interaksi mereka.
  • Anime: Genre ini mengambil latar belakang budaya dan gaya hidup Jepang. Pemain bisa berperan sebagai karakter anime, manga, atau game Jepang yang mereka sukai. Pemain juga bisa menggunakan bahasa Jepang dalam konten dan interaksi mereka.
  • Fantasy: Genre ini mengambil latar belakang dunia fiksi yang penuh dengan imajinasi. Pemain bisa berperan sebagai makhluk-makhluk fantastis seperti peri, naga, vampir, atau penyihir. Pemain juga bisa menggunakan bahasa atau simbol khusus dalam konten dan interaksi mereka.

Selain genre-genre di atas, masih ada banyak genre game RP lainnya yang bisa ditemukan di TikTok, seperti horror, sci-fi, historical, dan sebagainya. Para pemain bisa memilih genre yang sesuai dengan karakter yang ingin mereka perankan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya