Panduan Cara Cek Nilai dan Unduh Sertifikat UTBK 2023, Berikut Link Lengkapnya

Peserta UTBK 2023 saat ini sudah bisa melakukan cek nilai dan mengunduh sertifikat lewat situs resmi SNPMB. Seperti apa caranya? Simak langkah-langkahnya sebagai berikut.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 26 Jun 2023, 17:55 WIB
Diterbitkan 26 Jun 2023, 17:55 WIB
Begini Suasana UTBK-SNBT 2023 di Universitas Veteran Depok
UTBK-SNBT 2023 merupakan salah satu jenis ujian seleksi untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. (merdeka.com/Arie Basuki)

Liputan6.com, Jakarta - Pengumuman hasil UTBK SNBT 2023 telah dilakukan pada pekan lalu, tepatnya 20 Juni 2023. Dan saat ini, peserta sudah bisa mengunduh sertifikat sebagai hasil dari seleksi tersebut.

Adapun jadwal masa unduh sertifikat UTBK 2023 dimulai sejak 26 Juni hingga 21 Juli 2023. Nantinya, pada sertifikat tersebut, peserta juga bisa melihat nilai UTBK 2023 yang diperolehnya.

Lantas, seperti apa cara mengunduh sertifikat UTBK 2023? Nah, bagi kamu yang ingin mengetahuinya, simak langka-langkah berikut ini:

  1. Pergi ke laman https://pengumuman-snbt-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  2. Kemudian, isi 12 digit nomor peserta dan tanggal lahir di kolom yang tersedia
  3. Jangan lupa, centang pernyataan 'Dengan ini saya menyatakan bahwa apabila di kemudian hari ditemukan kecurangan yang saya lakukan dalam UTBK-SNBT 2023, maka status penerimaan saya dibatalkan'
  4. Lalu, klik 'Lihat Hasil'
  5. Berikutnya, sertifikat dan nilai UTBK SNBT 2023 akan muncul
  6. Pilih opsi 'Unduh' untuk mendowload sertifikat UTBK 2023 tersebut
  7. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengunduhnya melalui akun SNPMB masing-masing peserta
  8. Perlu diketahui, sertifikat UTBK wajib diunduh para peserta baik yang dinyatakan lolos maupun tidak. Sebab, sertifikat ini diperlukan sebagai salah dokumen untuk melakukan daftar ulang.

Bagi peserta yang lolos, sertifikat ini dipakai untuk melakukan daftar ulang ke PTN yang dituju. Sementara, bagi peserta yang tidak lolos, sertifikat UTBK 2023 dapat digunakan untuk mendaftar seleksi mandiri di PTN yang membuka jalur penerimaan dengan memakai nilai UTBK.

Lalu, pada beberapa perguruan tinggi swasta, sertifikat UTBK bisa pula dijadikan acuan untuk mendaftar. Selain link yang disertakan di atas, ada 37 mirror link lain yang bisa dipakai untuk mengunduh sertifikat UTBK, berikut daftar lengkapnya.

UTBK sendiri merupakan syarat utama untuk mengikuti Seleksi Nasional Berbasis Tes pada PTN Akademik, PTN Vokasi, serta Perguruan Tinggi Keagamaan Agama Islam Negeri (PTKIN).

Perlu diingat pula, peserta SNBT hanya diperboleh mengikuti UTBK sebanyak satu kali. Sementara hasil UTBK hanya bisa digunakan untuk melakukan pendaftaran SNBT 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Syarat Nilai UTBK STAN 2023 yang Lolos Seleksi Administrasi Hari Ini

7 Tips Ampuh Agar Lolos USM STAN yang Perlu Kamu Ketahui
Ikuti tujuh tips ampuh supaya kamu lolos Ujian Saringan Masuk STAN.

Di sisi lain, Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) menjadi salah satu perguruan tinggi kedinasan yang paling banyak diminati para pelajar. Tak heran jika Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) telah dinanti-nanti para pelajar yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi.

Tepat hari ini, Senin (26/6/2023), PKN STAN mengumumkan calon mahasiswa baru yang lolos seleksi administrasi. Bagi peserta seleksi yang sudah melakukan pendaftaran, bisa melihat pengumuman hasil seleksi administrasi di link yang disediakan STAN.

“Hasil Seleksi Administrasi #SPMBPKNSTAN2023 sudah keluar, Staners! Silakan cek dan baca dengan teliti pengumuman lengkapnya di bit.ly/hasil_admin_23 yaa,” tulis keterangan akun Instagram @pknstan dikutip Senin (26/6/2023).

Perlu diketahui, seleksi administrasi PKN STAN, selain ditentukan oleh nilai rapor juga nilai UTBK-SNBT 2023 yang didapat peserta.

Berikut adalah syarat nilai UTBK STAN 2023 yang lolos seleksi administrasi, seperti merangkum dari djpb.kemenkeu.go.id, Senin (26/6/2023).

Peserta Jalur Reguler

  • Tes Potensi Skolastik/TPS minimal 600 (rata-rata seluruh subtes TPS)
  • Tes Literasi dalam Bahasa Indonesia minimal 550
  • Tes Literasi dalam Bahasa Inggris minimal 450
  • Tes Penalaran Matematika minimal 500

Peserta Jalur Afirmasi Kewilayahan

  • Tes Potensi Skolastik/TPS minimal 400 (rata-rata seluruh subtes TPS)
  • Tes Literasi dalam Bahasa Indonesia minimal 375
  • Tes Literasi dalam Bahasa Inggris minimal 325
  • Tes Penalaran Matematika minimal 325.

Berdasarkan pengumuman tersebut, total sebanyak 9.123 peserta dinyatakan lulus seleksi administrasi PKN STAN 2023.

Jumlah tersebut terdiri dari 7.985 peserta jalur reguler, 621 peserta jalur afirmasi kewilayahan, dan 517 peserta jalur pembibitan.


Tahapan seleksi penerimaan STAN 2023

Pengumuman STAN
Poster pengumuman hasil seleksi administrasi SPMB Prodi Diploma IV PKN Stan 2023. (Foto: pknstan.ac.id)

Bagi calon mahasiswa PKN STAN yang mengikuti SPMB perlu mengikuti 4 tahapan seleksi sebelum pada akhirnya dapat diterima menjadi mahasiswa PKN STAN. Tahapan pertama yaitu seleksi administrasi, peserta dipastikan benar- benar telah memenuhi syarat usia dan nilai serta telah terdaftar UTBK yang diselenggarakan oleh BPPP.

Jika pada tahap seleksi administrasi dinyatakan lulus, maka pendaftar akan lanjut ke tahapan berikutnya, sedangkan peserta yang dinyatakan tidak lulus akan gugur pada tahap ini dan tidak dapat melanjutkan pada tahapan berikutnya.

Tahap kedua yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN), SKD tersebut meliputi Tes Karakteristik Pribadi, Tes Intelegensi Umum, dan Tes Wawasan Kebangsaan.

Tahap ketiga yaitu seleksi lanjutan I yang terdiri dari Tes Kesehatan dan Kebugaran (TKK) dan Tes Psikologi.

Pada tahapan terakhir yaitu seleksi lanjutan II yang merupakan tes wawancara. Setelah berhasil lulus hingga tahap akhir, peserta perlu berada pada peringkat sesuai dengan kebutuhan alokasi pada setiap program studi untuk pada akhirnya dapat dinyatakan diterima sebagai mahasiswa PKN STAN. 

(Dam)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya