Microsoft Janjikan Bing AI Berbasis ChatGPT 4 Bakal Terus Tersedia Gratis

Microsoft menjanjikan Bing AI berbasis ChatGPT 4 milik OpenAI bakal terus tersedia secara gratis.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 24 Jul 2023, 15:00 WIB
Diterbitkan 24 Jul 2023, 15:00 WIB
Ilustrasi ChatGPT
Ilustrasi ChatGPT, chatbot AI generatif yang mampu ciptakan malware canggih. (unsplash/Choong Deng Xiang)

Liputan6.com, Jakarta - OpenAI, Microsoft, Google dan sejumlah startup lainnya telah menggulirkan chatbot mereka yang masing-masing memiliki keunggulan di area tertentu.

Saat ini ChatGPT 4 milik OpenAI didukung dengan langganan berbayar, sementara layanan Microsoft Bing yang juga berbasis ChatGPT 4 diberikan secara gratis.

Microsoft memastikan dalam pernyataan bahwa perusahaan akan tetap menggratiskan Bing AI mereka. Digratiskannya Bing AI tentu bukan tidak lagi jadi kejutan, namun baru-baru ini Microsoft mengumumkan bahwa Bing AI edisi enterprise yang tidak gratis.

Hal ini pun menimbulkan berbagai pertanyaan mengenai masa depan Bing. Di mana, sebagian orang percaya bahwa Microsoft bisa saja menagih pembayaran atas penggunaan kapabilitas AI Bing.com di masa depan.

Mengutip Windows Latest, Senin (24/7/2023), Microsoft telah mengonfirmasi bahwa Bing.com AI akan selalu tersedia seperti saat ini.

Pada pengumuman terbaru mengenai Bing Chat enterprise, tidak akan berdampak pada pengalaman AI yang sekarang ini. Para pengguna juga bisa mengakses Bing AI melalui Edge dan Windows Copilot secara gratisan.

Microsoft akan segera memperluas Bing Chat ke lebih banyak produk dan tidak akan mengenakan bayaran bagi pengguna untuk penggunaan AI tersebut.

"Bing AI akan terus terus gratis melalui Bing.com, panel samping Microsoft Edge, Windows Copilot dan tempat-tempat lainnya," kata seorang engineer Microsoft.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


AI Bing Dilatih Microsoft Bersama OpenAI

Bing versi baru yang memiliki fitur ala ChatGPT OpeniAI (Microsoft)
Bing versi baru yang memiliki fitur ala ChatGPT OpeniAI (Microsoft)

Sekadar informasi, Bing menggunakan model 'large languange' yang dilatih oleh Microsoft dan OpenAI. Model-model ini merupakan neural network dan telah dilatih pada data dalam jumlah yang besar, melalui buku-buku, paper riset, dan lain-lain.

Bahkan, Bing juga telah dilatih pada hasil pencariannya, yang memungkinkan AI untuk mencari di web, crawl data, serta untuk memikirkan dan menanggapi pengguna.

Peningkatan Pencarian Visual Bing dan Perbaikan Lainnya

Terkait dengan berita-berita, Microsoft juga menggulirkan lebih banyak peningkatan ke Bing.com secara gratis.


Bing AI Makin Pintar

Kantor Microsoft
Kantor pusat Microsoft

Bing AI diklaim makin pintar dengan berbagai update yang dihadirkan. Misalnya pada pembaruan paling baru yang digulirkan minggu lalu, Microsoft menambahkan "Visual Search", sebuah fitur pengenalan gambar ke Chat, pada semua pengguna.

Fitur ini memakai model GPT-4 milik OpenAI untuk mendeskripsikan gambar.

Misalnya, pengguna bisa mengambil sebuah gambar atau memakai sebuah gambar yang telah diambil dan membagikannya dengan Bing Chat.


Bing Chat Bisa Intepretasikan Gambar

Bing Chat kemudian dapat mengintepretasikan gambar serta menjawab pertanyaan tentang hal tersebut. Contohnya, pengguna bisa mengunggah sebuah gambar anjing dan bertanya lebih banyak tentang ras anjing tersebut.

Kemudian, Bing Chat akan mendeskripsikan gambar dan menyediakan berbagai fakta tentang ras anjing tersebut. Pengguna juga bisa meminta Bing menjawab berbagai pertanyaan-pertanyaan lanjutan.

Pencarian visual digulikan ke Bing.com, Microsoft Edge, dan aplikasi-aplikasi mobile. Visual Search kemungkinan akan segera dirilis di Windows Copilot yang kini telah tersedia di Program Windows Insider.

Bukan hanya itu, Microsoft juga mengembangkan dukungan "no search" untuk Bing AI, yang mengizinkan pencarian berbasis AI untuk lebih seperti ChatGPT.

Infografis Aktris Hollywood & Tokoh Industri Teknologi Dunia Jadi Pembicara B20 Summit
Infografis Aktris Hollywood & Tokoh Industri Teknologi Dunia Jadi Pembicara B20 Summit (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya