John Warnock Co-Founder Adobe Meninggal Dunia di Usia 82, Ini Profilnya

Co-founder Adobe John Warnock meninggal dunia di usia 82 tahun pada Sabtu pekan lalu waktu setempat. Berikut ini profilnya.

oleh Giovani Dio Prasasti diperbarui 21 Agu 2023, 09:30 WIB
Diterbitkan 21 Agu 2023, 09:30 WIB
Co-Founder Adobe, Dr. John Warnock, meninggal dunia di usia 82 tahun (Dok. Adobe)
Co-Founder Adobe, Dr. John Warnock, meninggal dunia di usia 82 tahun (Dok. Adobe)

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu pendiri atau Co-Founder Adobe, Dr. John Warnock, meninggal dunia pada hari Sabtu, 19 Agustus 2023, waktu setempat di usia 82 tahun.

Kabar duka ini juga dibagikan oleh pihak perusahaan melalui Instagram resmi mereka dengan handle @adobe.

"Dengan kesedihan yang mendalam kami membagikan tentang meninggalnya salah satu pendiri tercinta kami, Dr. John Warnock," tulis Adobe tentang John Warnock meninggal dunia, dikutip Senin (21/8/2023).

"Salah satu penemu terhebat di generasi kita, semangat dan inovasinya yang tak tergoyahkan meninggalkan pengaruh yang bertahan lama pada Adobe dan dunia," tulis perusahaan perangkat lunak (software) itu.

Penyebab meninggalnya John Warnock tidak diungkap ke publik. Ia meninggalkan seorang istri yang juga desainer grafis Marva Warnock, beserta tiga orang anak.

CEO Adobe Shantanu Narayen, kepada karyawan mengatakan, Warnock adalah "salah satu penemu terhebat di generasi kita dengan dampak signifikan pada cara kita berkomunikasi dalam kata-kata, gambar, dan video."

"Interaksi saya dengan John selama 25 tahun terakhir telah menjadi puncak karir profesional saya," kata Narayen, dalam email kepada karyawan Adobe.

Profil John Warnock, dikutip dari The Verge, ia merupakan pria kelahiran Utah, Amerika Serikat pada 6 Oktober 1940. Warnock mendirikan perusahaan software Adobe bersama dengan rekannya, Charles Geschke pada tahun 1982. Warnock merancang logo asli perusahaan.

Charles Geschke dan Dr. John Warnock mendirikan Adobe pada 1982 usai meninggalkan pekerjaannya di Xerox. Program pertama Adobe, Adobe PostScript, sebuah perangkat lunak desktop publishing pada tahun 1984.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sempat Menjadi CEO Adobe

Adobe Reader - Adobe Inc., Public domain, via Wikimedia Commons
Adobe Reader - Adobe Inc., Public domain, via Wikimedia Commons

Warnock lalu menjadi CEO Adobe sampai tahun 2000 dan menjadi wakil ketua dewan bersama Geschke sampai tahun 2017. Dia tetap menjabat sebagai dewan direksi perusahaan setelah itu.

Di bawah komando Warnock sebagai CEO, Adobe menciptakan perangkat lunak berstandar industri untuk bisnis, desain grafis, fotografi, editing video, rekaman audio, dan lain-lain.

Dikutip dari Apple Insider, pekerjaannya di Adobe juga membuat Warnock mendapatkan sejumlah penghargaan, termasuk National Medal of Technology and Innovation dari Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

John Warnock juga menerima Computer Entrepreneur Award dari IEEE Computer Society, American Electronics Association Medal of Achievement, dan Marconi Prize atas kontribusinya pada ilmu informasi dan komunikasi.


Charles Geschke Meninggal di 2021

Adobe Photoshop untuk iPad
Adobe Photoshop untuk iPad. Kredit: Adobe via App Store

Sementara itu, co-founder Adobe yang lain, Dr. Charles Geschke, telah meninggal dunia pada 16 April 2021 lalu.

Selama di Adobe, Charles atau yang akrab dipanggil Chuck ini bertindak sebagai COO, presiden dan ketua dewan perusahaan antara 1986 dan 2017. Dia pun masih aktif di perusahaan sebagai anggota dewan hingga April 2020.

Chuck adalah salah satu sosok utama yang bertanggungjawab menciptakan Portable Document Format atau lebih dikenal sebagai PDF. Meninggal di usia 81 tahun, Charles Geschke telah memicu revolusi penerbitan di desktop.

Selain PDF, Charles bersama John juga ikut berperan besar dalam pengembangan software lainnya, termasuk Acrobat, Illustrator, Premiere Pro, dan Photoshop.

Cek Fakta Infografis pencurian data 3
Cek Fakta Infografis pencurian data 3
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya