Cara Temukan Notifikasi di HP Android yang Tak Sengaja Terhapus

Notifikasi di perangkat Android kamu tidak muncul atau tidak sengaja terhapus? Coba cek Notification History kamu.

oleh Mustika Rani Hendriyanti diperbarui 05 Sep 2023, 07:30 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2023, 07:30 WIB
Cara Menemukan Notifikasi yang Hilang
Cara Menemukan Notifikasi yang Hilang (Unsplash/Denny Muller)

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai pengguna smartphonepasti kamu pernah tanpa sengaja menghapus notifikasi yang masuk ke perangkat, salah satunya HP Android. Seperti notifikasi pesan masuk, pembaharuan aplikasi, atau sebagainya.

Hal semacam ini bisa terjadi mengingat cara menghapus notifikasi pada smartphone sangatlah mudah. Kalian hanya perlu menggeser bilah notifikasi ke kanan dan notifikasi akan langsung terhapus.

Dengan demikian, tidak jarang saat sedang membuka layar HP Androidnotifikasi kamu ikut terhapus karena menyentuh layar.

Namun tidak perlu khawatir, kamu masih bisa menemukan kembali notifikasi yang tidak sengaja terhapus tersebut. Caranya cukup mudah, karena kini perangkat Android telah dilengkapi dengan fitur Notification History.

Adapun langkah-langkah yang perlu kamu lakukan yang pertama adalah masuk ke Pengaturan kemudian masuk ke Apps & Notification. Untuk pengguna smartphone dengan tipe OxygenOS dan ColorOS, kalian bisa pilih Notification & Status Bar.

Selanjutnya, kamu pilih Manage Notification dan klik Notification History. Selesai, dengan begitu kalian dapat melihat notifikasi yang masuk dalam jangka waktu 24 jam terakhir.

Selain langkah-langkah tersebut, kamu juga bisa coba langkah-langkah di bawah ini untuk mengaktifkan Notification History pada Android.

1. Buka Pengaturan

Tarik ke bawah Notification Shade sebanyak dua kali dari bagian atas layar kamu, kemudian klik ikon gear di bawah untuk membuka pengaturan ponsel.

2. Pilih 'Notifikasi'

Dengan memilih opsi ini, kamu akan masuk ke pengaturan notifikasi.

3. Aktifkan riwayat notifikasi

Ketuk Notification History (Riwayat Notifikasi) dan ketuk tombol on/off untuk mengaktifkan fitur.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tiga Cara Mengakses Notification History Kamu

Tiga Cara Mengakses Notification History Kamu
Tiga Cara Mengakses Notification History Kamu. (Unsplash/Duch Trinh)

Pertama, kamu hanya perlu menarik ke bawah Notification Shade sekali, kemudian gulir ke bawah bagian bawah notifikasi. Di situ kamu akan melihat tombol History. 

Ketuk History untuk mengakses notifikasi yang masuk selama 24 jam terakhir. Saat kamu mengetuk salah satu entri notifikasi, maka aplikasi yang mengirimkan notifikasi akan terbuka.

Kedua, kamu juga dapat mengakses aplikasi Setting/Pengaturan dari serangkaian opsi dengan cara menarik Notification Shade sebanyak dua kali. Kemudian ketuk ikon gear di bagian bawah dan ketuk Notification dan Notification History, seperti saat kamu mengaktifkannya.

Dengan melakukan langkah ini, kamu akan ke jendela yang sama seperti pada tombol History dari Notification Shade. Di situ kamu dapat melihat pemberitahuan atau notifikasi terbaru.

Ketiga, kamu dapat melihat riwayat pemberitahuan dengan cara membuka kunci pada perangkat, kemudian ketuk ikon gear Pengaturan, dan memilih Notification dan Notification History.

 


Notification History Hanya Merekam Notifikasi 24 Jam Terakhir

ilustrasi hp android mati
Notification History Hanya Merekam Notifikasi 24 Jam Terakhir. (Unsplash/Rohit Tandon)

Meskipun kamu sudah mengaktifkan dan mengakses riwayat pemberitahuan, tetapi sangat disayangkan, kamu hanya dapat melihat riwayat pemberitahuan yang baru masuk selama 24 jam terakhir.

Namun, kabar baiknya, hal ini baik bagi penyimpanan perangkat kamu. Karena pada titik tertentu, semua data yang disimpan pada perangkat dapat berpotensi memperlambat kinerja ponsel, sehingga ponsel tidak responsif terhadap perintah yang ingin kita jalankan.

Android adalah sistem operasi smartphone yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Namun, tidak semua pengaturan yang tersedia mudah ditemukan.

Kode rahasia adalah cara cepat dan mudah untuk mengakses pengaturan Android yang tersembunyi. Untuk menggunakan kode rahasia, kamu cukup buka aplikasi telepon dan tekan kode tersebut.

Ada berbagai hacks yang dapat kamu coba untuk pengaturan pada perangkat Android kamu. 


Notifikasi Kamu Tidak Ada? Bisa Jadi Ini Juga Menjadi Penyebabnya

Ilustrasi Baterai Android
Penyebab notifikasi di perangkat kamu tidak muncul. (Unsplash/Onur Binay)

Ada kemungkinan lain apabila kamu tidak melihat notifikasi di bagian atas layar smartphone kamu. Selain kemungkinannya adalah tidak sengaja terhapus, bisa jadi memang notifikasinya tidak masuk atau muncul.

Hal ini bisa terjadi karena adanya pengaturan notifikasi yang belum disesuaikan, aplikasi yang tidak berjalan di latar belakang, atau memori RAM dan penyimpanan internal yang sudah penuh.

Untuk mengatasi ini, kamu bisa memastikan terlebih dahulu apakah notifikasimu sudah diaktifkan atau belum. Kamu juga bisa memeriksa perizinan notifikasi pada aplikasi-aplikasi terkait. 

Hal lain yang harus kamu pastikan juga adalah kamu tidak sedang dalam mode penghemat baterai atau penghemat data internet. Dan solusi terakhir, perbaharui aplikasi dan bersihkan file cache.

Infografis Android One: Satu Untuk Semua (Liputan6.com/Yoshiro)
Infografis Android One: Satu Untuk Semua (Liputan6.com/Yoshiro)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya