Top 3 Tekno: Cara Kerja Fitur Cek Fakta untuk Video di Platform X hingga Galaxy Tab A9

Cara kerja fitur Community Notes terkait cek fakta untuk postingan atau unggahan video oleh pengguna Twitter alias X, bikin penasaran para pembaca.

oleh Iskandar diperbarui 11 Sep 2023, 11:31 WIB
Diterbitkan 11 Sep 2023, 11:31 WIB
Twitter Meluncurkan Fitur Pemeriksaan Fakta
Twitter alias X meluncurkan fitur pemeriksaan fakta. (Unsplash/Alexander Shatov)

Liputan6.com, Jakarta - Cara kerja fitur Community Notes terkait cek fakta untuk postingan atau unggahan video oleh pengguna Twitter alias X, bikin penasaran para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Minggu (10/9/2023) kemarin.

Berita lain yang juga populer datang dari tablet Samsung Galaxy Tab A9 yang nongol di situs Kominfo.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Twitter Alias X Luncurkan Fitur Pemeriksaan Fakta untuk Video: Ini Cara Kerjanya

Twitter atau X baru saja meluncurkan Community Notes terkait cek fakta untuk postingan atau unggahan video oleh pengguna. Dilaporkan dari Mashable, Minggu (10/9/2023), kabar peluncuran ini datang dari akun resmi @Community Notes.

"Catatan yang ditulis pada video akan otomatis ditampilkan pada postingan lain yang berisi video sesuai. Cara sangat skalabel untuk menambahkan konteks ke klip diedit, video dihasilkan oleh AI, dan banyak lagi," tulisnya di akun tersebut.

Community Notes atau Catatan Komunitas adalah fitur Twitter/X yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan pemeriksaan fakta atau konteks penting lainnya ke postingan.

Dengan mendaftar untuk mengikuti program Catatan Komunitas ini, pengguna dapat mengirimkan cek faktanya sendiri atau menilai catatan di postingan lain.

Kemudian, catatan dengan rate tinggi akan disematkan sebagai konteks pada postingan agar semua pengguna Twitter dapat melihatnya. Pengguna program ini akan mendapat penilaian berdasarkan kiriman dan masukan mereka.

Untuk menulis Catatan Komunitas, pengguna harus sudah menambahkan catatan asli mereka di Twitter terlebih dahulu. Karena, untuk bisa menambahkan Catatan Komunitas pengguna harus memiliki Writing Impact Score sebesar 10.

Baca selengkapnya di sini 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Tablet Samsung Galaxy Tab A9 Nongol di Situs Kominfo, Segera Rilis di Indonesia?

Tablet Terbaru Galaxy Tab A8 yang Aman Digunakan Anak-Anak/dok. Samsung
Tablet Terbaru Galaxy Tab A8 yang Aman Digunakan Anak-Anak/dok. Samsung

Usai merilis tablet teranyarnya, Galaxy Tab S9 Series, Samsung tampaknya bakal memboyong tablet terbaru lainnya dari seri A, yaitu Galaxy Tab A9 ke Indonesia.

Isyarat kehadiran ini terlihat dengan munculnya Galaxy Tab A9 dan Galaxy Tab A9 Plus di situs Sertifikasi Postel Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kominfo.

Untuk tablet Samsung Galaxy Tab A9 mendapatkan sertifikat dengan nomor 93330/SDPPI/2023 pada tanggal 6 September 2023. Untuk nomor model adalah SM-X115.

Selain itu, PT Samsung Electronics Indonesia juga mendapatkan sertifikasi bernomor 93367/SDPPI/2023 pada 7 September 2023, untuk komputer tablet model SM-X210 dengan nama Galaxy Tab A9 Plus.

Sejauh ini memang Samsung belum memberikan pengumuman resmi atau kisi-kisi soal peluncuran kedua tablet mid-range ini di Tanah Air. Jadi, informasi lanjutan soal kehadirannya patut ditunggu.

Baca selengkapnya di sini 

 


3. Terungkap! Ini Alasan Samsung Rilis Galaxy Z Fold 5 Edisi Thom Browne Seharga Rp 50 Juta

Samsung Galaxy Z Flip 5
Samsung memperkenalkan edisi khusus Galaxy Z Fold 5 hasil kolaborasi dengan Thom Browne. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Kabar gembira bagi para pecinta fashion sekaligus pengguna HP Samsung. Samsung Galaxy Z Fold5 Thom Browne Edition akan segera hadir di Indonesia pada 12 September 2023.

Product Marketing Manager Samsung Mobile Experience Samsung Electronic Indonesia Verry Octavianus menyatakan, "Indonesia menjadi salah satu negara pertama meluncurkan Samsung edisi terbatas ini."

Lantas, apa yang membuat Samsung bersama Thom Browne memilih Indonesia sebagai salah satu negara yang akan memasarkan Samsung Galaxy Z Fold 5F edisi Thom Browne?

Verry mengatakan, "keberhasilan penjualan Samsung Galaxy Z Fold3 Thom Browne Edition pada tahun 2021 lalu menjadi alasan mengapa Indonesia terpilih."

Sebelumnya, produk kolaborasi Samsung dan Thom Browne juga pernah dirilis di Tanah Air. Kala itu, Indonesia jadi negara terakhir meluncurkan produk hasil kolaborasi dua brand ternama ini.

Namun untuk Galaxy Z Fold 5, Indonesia menjadi salah satu dari delapan negara merilis perangkat HP Android Samsung edisi Thom Browne. Adapun ketujuh negara lain juga menghadirkan kolaborasi ini adalah Korea Selatan, Thailand, China, Filipina,Taiwan, Vietnam, dan Hong Kong.

Baca selengkapnya di sini 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya