Viral di Medsos, Food Vlogger Review Jujur Warung 'Nyak Khopsah Berujung Pemilik Marah-Marah

Viral di medsos seorang food vlogger mereview jujur Warung 'Nyak Khopsah namun pemiliknya tidak terima dengan review tersebut.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 21 Sep 2023, 12:29 WIB
Diterbitkan 21 Sep 2023, 08:43 WIB
Food vlogger mereview tempat makan bernama Warung 'Nyak Khopsah (Foto: Internet)
Food vlogger mereview tempat makan bernama Warung 'Nyak Khopsah (Foto: Screenshot video viral di Internet)

Liputan6.com, Jakarta - Review sebuah tempat makan dari food vlogger bisa menaikkan pamor restoran yang dimaksud. Namun ada kalanya juga review makanan justru berujung pada pemilik yang tidak terima atas review jujur dari sang food vlogger.

Kejadian ini terjadi baru-baru ini. Sejumlah akun di media sosial baik Twitter maupun Instagram mengunggah potongan video yang memperlihatkan seorang food vlogger mereview tempat makan bernama Warung Madun Oseng Nyak Khopsah alias Warung 'Nyak Khopsah di Tangerang.

Dalam cuplikan video, food vlogger yang dikenal dengan @makanlurr ini mendatangi tempat tersebut. Namun dari kesan pertama yang terlihat di video, warung makan tersebut dalam kondisi cukup ramai sehingga ada banyak tisu yang berserakan di lantainya.

Food vlogger tersebut juga sempat menunjukkan daftar harga makanan di Warung Madun Oseng Nyak Khopsah yang menurutnya terbilang lumayan mahal dibandingkan dengan di warung sejenisnya.

Review jujur dari sang food vlogger pun berlanjut saat makanan sudah datang. Ia menyebut rasa makanan enak meski ada beberapa yang sudah tidak hangat.

Bungkus Makanan dengan Plastik Kresek

Berikutnya, dalam cuplikan video yang viral, food vlogger @makanlurr kemudian memperlihatkan sejumlah kantong kresek warna merah yang diberikan oleh pihak warung makan saat dirinya minta makanan untuk dibawa pulang.

"Ini kita minta bungkus tapi bungkusnya sendiri, dikasih plastik aja. Yaudah kita bungkus, berarti langsung kita jeblosin ya, langsung kita kresekin," kata food vlogger tersebut.

Ia pun lalu membungkus makanan-makanan tersebut langsung ke plastik kresek yang diberikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pemilik Makanan Minta Vlogger Izin Dulu Sebelum Review

Pemilik Warung 'Nyak Khopsah tak keberatan vlogger review makanannya asal konfirmasi terlebih dahulu.
Pemilik Warung 'Nyak Khopsah tak keberatan vlogger review makanannya asal konfirmasi terlebih dahulu. (Foto: Screenshot video viral di internet)

Setelah video review makanan tersebut tayang, rupanya ada klarifikasi dan tanggapan dari pemilik Warung Madun Oseng Nyak Khopsah.

Dalam video yang beredar, pemilik makan tampak keberatan dengan review jujur dari sang food vlogger. Sang pemilik warung makan pun mengaku sebenarnya tidak apa-apa jika ada yang mau me-review makanannya, tetapi ia meminta mereka yang mau mengulas makanannya untuk terlebih dahulu melakukan konfirmasi.

Dengan penuh luapan amarah dan suara yang bergetar, pemilik warung makan Nyak Khopsah pun menyebut si food vlogger dengan kontennya seharusnya lebih mencari berkah alih-alih uang semata.

Pemilik rumah makan tersebut juga bilang, "Lu mau dateng ke warung gue, lu mau review jujur kek, nggak apa-apa kalau misalnya lu izin sama gue."

Masih dalam video yang beredar, pemilik warung juga menanggapi pengalaman sang food vlogger yang diminta untuk membungkus makanannya sendiri dengan kantong kresek.


Klarifikasi Soal Kresek Buat Bungkus Makanan

Ilustrasi kantong kresek
Ilustrasi kantong kresek. (dok. Umesh R Desai/Unsplash.com)

Sembari membawa kantong kresek dan plastik bening untuk membungkus makanan dan melemparkannya, pemilik makanan berkata selama dia berdagang 25 tahun lamanya, bukan kantong kresek yang dipakai untuk membungkus makanan.

"25 tahun gue dagang, bukan kantong kresek yang lu buat kantongin. Makanya gue bilang lu tanya dulu, ada gue lu main bikin video," tuturnya masih dengan emosi.

Ia pun menjelaskan, untuk membungkus makanan seharusnya dilakukan dengan kantong plastik transparan.

"Emang waktu itu tuh bocah minta plastik, bener minta plastik dikasih plastik merah, dianya nggak ngomong buat apa, bungkus nasi atau bungkus apa. Harusnya lu tanya dulu. Secara logika nggak mungkin ini buat ngantong nasi," kata sang pemilik warung sembari memperlihatkan kantong kresek merah.


Banjir Tanggapan Warganet

Viral Pemilik Warung Bang Madun Nyak Kopsah Ngamuk Usai Dapat Ulasan Buruk dari Food Vlogger
Viral Pemilik Warung Bang Madun Nyak Kopsah Ngamuk Usai Dapat Ulasan Buruk dari Food Vlogger. foto: TikTok @makanlurr

Video yang viral di internet ini pun mendapat tanggapan dari warganet. Ada yang memahami kekesalan yang diperlihatkan oleh pemilik warung tetapi ada juga yang tidak setuju dengan sikapnya yang memperlihatkan kekesalan di video tanggapan.

"Emang pelayanan juga ngga bagus deh kayaknya, gue dulu di kafe ada customer minta bungkus ya gue layanin, bawa makanan di mejanya terus keluar lagi kasih makanan yang udah terbungkus dengan tempat yang proper," komentar salah satu warganet.

Namun, ada juga yang menyebut food vlogger @makanlurr problematik.

"Menurut gue ini pure salah vlogger, di mana-mana seorang vlogger makanan sudah survei dulu ke beberapa tempat dan pasti sudah ditandai yang mana tempat yang sekiranya layak untuk di-review. Kalau sekiranya tempat itu jelek menurut dia, ngapain vlog di situ," komentar warganet lainnya.

Lalu, ada yang menyebut si pemubuat konten tidak salah karena review sesuai fakta.

Warganet lainnya menyebut pemilik tempat makanan sudah terkenal sehingga membuatnya antikritik.

"Kalau saya pemiliknya saya bilang terima kasih atas kritik dan sarannya. Terus tak suruh datang lagi deh. Lebih elegan kayaknya," katanya.

Infografis Journal_ Fakta Tingginya Sampah Sisa Makanan di Indonesia (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Journal_ Fakta Tingginya Sampah Sisa Makanan di Indonesia (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya