Hands-On Oppo A38: HP Rp 2 Jutaan dengan Desain Cantik dan Kamera 50 MP

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui penampakan Oppo A38 yang hadir di pasar Indonesia dengan harga Rp 2 jutaan.

oleh Mustika Rani Hendriyanti diperbarui 11 Okt 2023, 17:00 WIB
Diterbitkan 11 Okt 2023, 17:00 WIB
Oppo A38
Unboxing Oppo A38. (Liputan6.com/Mustika Rani Hendriyanti)

Liputan6.com, Jakarta - Oppo A38 telah resmi diluncurkan di Indonesia pada September 2023 lalu. Dibanderol dengan harga Rp 2.099.000, HP Android ini menghadirkan fitur-fitur yang dapat dinikmati oleh penggunanya.

Oppo A38 hadir dengan kamera utama 50 MP, teknologi fast charging 33W SUPERVOOC, refresh rate 90 Hz, serta tingkat kecerahan mencapai 720 nits.

Kali ini, Liputan6.com berkesempatan mengulas HP Oppo A38 dengan varian warna Glowing Gold. Varian ini menampilkan bodi HP berwarna emas berkilau dengan gradasi warna-warni apabila terkena cahaya.

Dimulai dari tampilan luar, HP Oppo ini dikemas dalam kotak berwarna putih dengan tulisan OPPO A38 di bagian atas penutup kotak. 

Dalam kotak penjualan, konsumen akan mendapatkan sim card ejector, petunjuk penggunaan, panduan keamanan, serta softcase transparan. Oppo juga menyertakan charger 33W serta kabel USB-C. 

Oppo A38 hadir dengan desain Oppo Glow. Berdasarkan impresi awal, kami merasa bagian belakang HP terlihat berkilau, tidak licin saat dipegang, dan tidak meninggalkan sidik jari.

Pada bagian belakang juga terdapat kamera yang cukup menonjol. Oppo membenamkan kamera utama dengan teknologi AI 50 MP dan kamera bokeh 2 MP, termasuk dengan flashlight.

Kemudian, di bagian bawah kamera juga terdapat tulisan Innovative AI Camera. Dengan sistem kamera ini, Oppo A38 disebut mampu menghasilkan foto yang jernih, alami, dan cerah. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


HP Oppo A38 Hadir dengan Tampilan Bodi yang Menarik dan Kamera Berteknologi AI

Kamera Belakang Oppo A38
Kamera utama Oppo A38 dengan teknologi AI 50 MP dan kamera 2 MP hasilkan foto yang cerah dan jernih. (Liputan6.com/Mustika Rani Hendriyanti)

 

Beralih ke bagian layar, HP Oppo A38 memiliki ukuran layar 6,56 inci. Dilengkapi dengan resolusi HD+ (1.612 X 720 piksel), refresh rate 90Hz, 96 persen DCI-p3, HP ini mampu menampilkan tingkat kecerahan warna tinggi.

Saat menyalakan dan menggunakan HP Oppo A38 di luar ruangan, bahkan di bawah sinar matahari langsung sekalipun, kami tetap dapat melihat konten di layar dengan nyaman. Ini karena HP Oppo A38 memiliki tingkat kecerahan hingga 720 nits.

Selain itu, bingkai layar yang cukup tipis juga membuat kami lebih nyaman saat menonton video atau membaca di layar.

Pada bagian atas layar, terdapat kamera depan 5MP disertai dengan fitur Portrait Retouching. Fitur ini berguna untuk mempercantik portrait, tidak hanya untuk hasil tangkapan kamera depan saja, tetapi juga kamera belakang.


Hadir dengan Bodi Ramping, Oppo A38 Nyaman Untuk Digenggam

Oppo A38 Tampak Bodi Samping dan Belakang
Oppo A38 tampak bodi belakang dan samping, terdapat tombol power dan volume. (Liputan6.com/Mustika Rani Hendriyanti)

Hadir dengan desain Retro Ultra-Slim dan desain premium 2D, serta ketebalan sekitar 8,16 mm, HP Oppo A38 nyaman digenggam. Dilihat dari sisi samping, HP ini juga tampak ramping.

Pada sisi kanan bodi HP, terdapat tombol power dan volume. HP Oppo A38 telah dilengkapi fitur Side Fingerprint Unlock, sehingga membuka kunci dapat dilakukan dengan cepat.

Lalu, pada sisi kiri, terdapat slot kartu SIM yang dapat memuat dua SIM Card dan satu memori eksternal.

Pada bagian bawah HP terdapat speaker, port USB-C, mikrofon, dan jack audio. Suara yang dihasilkan dengan speaker ini jernih dan nyaring, sehingga menonton, mendengarkan musik, dan main game bisa menjadi lebih seru.

Bagian samping Oppo A38
Slot sim card dan memori eksternal di bagian samping. (Liputan6.com/Mustika Rani Hendriyanti)

Fast Charging, Isi Daya HP Oppo A38 Hingga Penuh Tidak Sampai 1 Jam

Oppo A38 Tampak Bagian Bawah
Bagian bawah Oppo A38 terdapat speaker, port USB-C, mikrofon, dan jack audio. (Liputan6.com/Mustika Rani Hendriyanti)

Untuk peningkatan kualitas baterai, Oppo A38 menghadirkan fitur 33W SUPERVOOC. Dengan fitur ini, perangkat mampu mengisi daya baterai besar 5000mAh hingga 100 persen dalam waktu 75 menit.

Tidak hanya itu, serangkaian teknologi ekslusif juga dirancang untuk meningkatkan keamanan pengisian daya dan keandalan baterai. Smartphone ini menerapkan teknologi All-day Charging Protection yang memanfaatkan kecerdasan buatan (AI).

Dengan demikian, memungkinkan perangkat mempelajari kebiasaan pengisian daya dan menjadwalkan pengisian daya secara cerdas.

Tidak hanya itu, fitur tersebut ini juga memastikan keamanan dan efisiensi selama pengisian daya. Oppo mengklaim fitur ini juga mampu membuat perangkat standby sampai 25 jam, bahkan saat sisa baterai hanya 5% daya.

Infografis Android One: Satu Untuk Semua (Liputan6.com/Yoshiro)
Infografis Android One: Satu Untuk Semua (Liputan6.com/Yoshiro)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya