Samsung One UI 6.1 Bawa Dua Fitur Baru Ini, Tapi Masih Terbatas di Galaxy S24 Series

Samsung One UI 6.1 diperkenalkan pertama kali di Galaxy S24 series, sistem operasi berbasis Android 14 hadirkan dua fitur baru yakni Quick Share yang diperbarui dan Super HDR. Seperti apa?

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 24 Jan 2024, 06:30 WIB
Diterbitkan 24 Jan 2024, 06:30 WIB
Samsung Galaxy S24 Ultra yang dirilis dengan layar lebih datar dan bodinya terbuat sepenuhnya dari titanium (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)
Samsung Galaxy S24 Ultra yang dirilis dengan layar lebih datar dan bodinya terbuat sepenuhnya dari titanium (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

 

Liputan6.com, Jakarta - Samsung resmi rilis smartphone flagship terbarunya, Samsung Galaxy S24 series. Tidak hanya dengan keunggulan kamera dan Galaxy AI, Samsung juga sekalian memperkenalkan One UI 6.1.

Asal tahu saja, Galaxy S24, Galaxy S24 Plus, dan Galaxy S24 Ultra jadi smartphone pertama yang menjalankan update One UI 6.1.

Sistem operasi kustomisasi Android 14 ini hadirkan sederetan fitur untuk memudahkan pengguna. Dua di antaranya adalah, Quick Share dan Super HDR.

Meski begitu, sebagaimana dikutip dari Gizchina, Selasa (23/1/2024), fitur Quick Share dan Super HDR yang diperbarui ini masih eksklusif hanya ada di One UI 6.1 yang berjalan di Galaxy S24.

Samsung mungkin saja membawa kedua fitur tersebut ke perangkat lain yang mereka rilis. Namun untuk saat ini hanya pemilik Samsung S24 yang bisa menikmatinya.

Sebenarnya, seperti apa sih kedua fitur tersebut?

Pengguna Android mungkin bingung dengan fitur berbagi file Quick Share di One UI 6.1 dengan fitur Nearby Share milik Google.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Quick Share Baru di One UI 6.1 Jauh Lebih Cepat

Samsung Galaxy S24 Series
Seperti tahun-tahun sebelumnya, Samsung meluncurkan tiga model yang hadir pada seri ini, yaitu Galaxy S24, Galaxy S24 Plus, dan Galaxy S24 Ultra. Dalam peluncuran ketiga smartphone ini, President and Head of Mobile eXperience (MX) Business Samsung Electronics, TM Roh, mengatakan bahwa ini adalah era AI seluler baru yang akan datang. (AP Photo/Lee Jin-man)

Keduanya memang sama-sama melakukan hal yang sama, menghadirkan solusi yang mudah untuk berbagi file. Namun, dibandingkan Nearby Share, Quick Share di Galaxy S24 jauh lebih cepat.

Dengan begitu, pembaruan Quick Share di One UI 6.1 ini memungkinkan pengguna untuk mengirimkan file berukuran besar dengan lebih cepat.


Fitur Super HDR

Galaxy S24 Ultra
Penampakan Samsung Galaxy S24 Ultra yang baru saja meluncur. (Liputan6.com/Yuslianson)

Fitur lain yang dibawa One UI 6.1 ke Galaxy S24 series adalah Super HDR. Apa itu? Rupanya, fitur ini memungkinkan pengguna Galaxy S24 untuk mem-preview, jepret foto, melihat gambar, edit, dan unggah foto dalam mode HDR.

Super HDR pada One UI 6.1, sebagaimana ditemukan oleh ahli Android Mishaal Rahman, bergantung pada format Ultra HDR Google.


Super HDR Bisa Dipakai di Instagram?

Samsung Galaxy S24 Ultra. Liputan6.com/Yuslianson
Samsung Galaxy S24 Ultra. Liputan6.com/Yuslianson

Itu artinya, fitur Super HDR akan bekerja pada Google Photos, Google Messages, dan aplikasi lain yang mendukung format Google.

Saat ini Samsung bekerja sama dengan aplikasi media sosial seperti Instagram dan Snapchat untuk mengintegrasikan fitur Super HDR mereka.

Dengan begitu, pengguna Galaxy S24 series juga bisa menikmati fitur kamera seperti Night Mode, stabilisasi video, dan reduksi blur pada aplikasi-aplikasi media sosial seperti Instagram dan lainnya.

 

Infografis Akhir Riwayat Ponsel Black Market di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Akhir Riwayat Ponsel Black Market di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya