Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy S24 FE Segera Rilis dengan Harga Terjangkau

Samsung Galaxy S24 FE akan segera rilis, terdapat beberapa bocoran spesifikasi dari ponsel ini.

oleh Robinsyah Aliwafa Zain diperbarui 08 Mei 2024, 06:30 WIB
Diterbitkan 08 Mei 2024, 06:30 WIB
Samsung Galaxy S23 FE (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)
Samsung Galaxy S23 FE (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Liputan6.com, Jakarta - Samsung kini tengah menggarap ponsel teranyar, Galaxy S24 FE. Ponsel ini akan menghadirkan beberapa fitur flagship seperti lini Galaxy S24 dengan banderol harga terjangkau.

Meski Samsung belum mengumumkan secara resmi tentang jadwal perilisan smartphone ini, terdapat beberapa bocoran mengenai desain dan spesifikasi dari Samsung Galaxy S24 FE yang akan segera rilis.

Bocoran spesifikasi yang beredar memberikan sedikit gambaran mengenai yang akan dihadirkan oleh HP Samsung ini, berikut beberapa bocoran spesifikasi dan fitur terbaru dari Galaxy S24 FE.

Desain dan Layar

Belakangan ini, desain dari seluruh lini ponsel Samsung tidak mengalami perubahan drastis. Samsung telah mempertahankan pendekatan desain yang konsisten di seluruh jajaran smartphone mereka, baik di rentang harga terjangkau hingga lini flagship mereka, terkecuali Lini S Ultra.

Diperkirakan Galaxy S24 FE akan mengusung bahasa desain yang serupa dengan lini smartphone Samsung lainnya, dengan bodi belakang kaca dan frame alumunium yang lebih premium.

Di sisi layar, Galaxy S24 FE akan menggunakan panel AMOLED yang menjadi identitas ponsel Samsung, terdapat beberapa rumor mengenai ukuran layar yang akan digunakan.

Mengutip dari Gizmochina, Rabu (8/5/2024), Galaxy S24 FE akan mengusung layar berukuran 6,4 inch, sama seperti pendahulunya, Galaxy S23 FE dan S21 FE.

Terdapat rumor lain yang menunjukkan kalau layar dari ponsel ini memiliki ukuran yang lebih kecil, yakni 6,1 inch. Galaxy S24 FE bakal mengusung layar dengan resolusi FHD+ dengan tingkat kecerahan tinggi dan dukungan HDR10+.

Tak hanya itu, layar dari Galaxy S24 FE bakal dilindungi oleh kaca kuat Gorilla Glass Victus ataupun Victus 2.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

 

Prosesor dan Performa

Performa Gaming dari Chipset Exynos, Hadir dengan Fitur Ray Tracing yang Tingkatkan Kualitas Grafis
Credit: Liputan6.com/Agustinus M. Damar

Nampaknya, Galaxy S24 FE bakal hadir dengan dua jenis prosesor yang berbeda. Menurut laporan dari Gizmochina, terdapat dua opsi prosesor yang berbeda untuk S24 FE, yakni Exynos 2200 atau Exynos 2400.

Sebagai informasi, Exynos 2400 telah dipakai di Galaxy S24 dan S24+ untuk beberapa negara.

Meskipun kemungkinan penggunaan Exynos 2400 di Galaxy S24 FE kecil, jika Samsung memutuskan untuk memasang chip tersebut, ponsel ini akan mendapatkan peningkatan performa yang signifikan dibanding pendahulunya.

Walau peningkatan yang dihadirkan tidak terlalu signifikan saat menjalankan aplikasi harian, Exynos 2400 memiliki kemampuan GPU yang mampu menjalankan aplikasi dengan kebutuhan grafis yang berat.

Performa gesit dari Exynos 2400 terlihat dari rata-rata skor AnTuTu yang dihasilkan, yakni sekitar 1,77 juta poin, skor tersebut lebih tinggi dari dibandingkan Exynos 2200 dengan rata-rata skor AnTuTu 1,13 juta poin.

Kemampuan lain dari Exynos 2400 adalah kemampuan NPU yang dimiliki. NPU sendiri merupakan chip di dalam SoC yang bertugas untuk menjalankan aplikasi dan fitur AI di ponsel.

Meski begitu, penggunaan chip tersebut di Galaxy S24 FE masih menjadi rumor, bisa saja Samsung memutuskan untuk menggunakan chipset Exynos 2200 di seluruh varian S24 FE atau bahkan menggunakan prosesor Snapdragon seri 8.

RAM dari ponsel ini juga mengalami peningkatan, Galaxy S24 FE bakal menggunakan RAM 12GB LPDDR5X yang lebih kencang dari seri terdahulu. Terdapat rumor lain yang mengatakan bahwa HP ini akan memiliki dua varian penyimpanan yang berbeda, yakni 256GB dengan teknologi UFS 4.0, dan 128GB dengan UFS 3.1.

 


Kamera

<p>Samsung Galaxy S23 FE resmi meluncur di Indonesia, cek spesifikasi dan harganya. (Doc: Samsung)</p>
Samsung Galaxy S23 FE resmi meluncur di Indonesia, cek spesifikasi dan harganya. (Doc: Samsung)

Di segi kamera Galaxy S24 FE tidak akan mendapatkan pembaruan yang signifikan. Sebagai informasi, kamera utama dari Galaxy S23 FE mengalami peningkatan dari S21 FE dari 12MP menjadi 50MP. Meski begitu, tidak ada perubahan signifikan di sektor lain.

Sejauh ini, tidak terdapat rumor mengenai peningkatan kamera dari S24 FE. Kemungkinan besar ponsel ini tetap bakal menggunakan sensor yang sama dengan pendahulunya, dengan kamera beresolusi 50MP Samsung ISOCELL (S5K)GN3 yang pernah digunakan di Galaxy S23, S23+, S24, dan S24+.

Baterai

Diperkirakan Samsung Galaxy S24 FE akan diperkuat dengan baterai berkapasitas 4,500mAH dengan kemampuan charging hingga 45W. Seperti generasi sebelumnya, ponsel ini tidak akan mendapatkan kepala charger di dalam kotak penjualan.

Selain itu, ponsel ini memiliki fitur wireless charging dengan kemampuan daya hingga 15W.


Software dan AI

Samsung Galaxy S24 Series
Seperti tahun-tahun sebelumnya, Samsung meluncurkan tiga model yang hadir pada seri ini, yaitu Galaxy S24, Galaxy S24 Plus, dan Galaxy S24 Ultra. Dalam peluncuran ketiga smartphone ini, President and Head of Mobile eXperience (MX) Business Samsung Electronics, TM Roh, mengatakan bahwa ini adalah era AI seluler baru yang akan datang. (AP Photo/Lee Jin-man)

Galaxy S24 FE bakal hadir dengan sistem operasi Android 14 dengan antarmuka One UI 6.1, diperkirakan ponsel ini akan mendapatkan pembaruan OS hingga empat kali, sehingga S24 FE akan mendapatkan update Android hingga Android 18.

Selain itu, Galaxy S24 FE akan hadir dengan Galaxy AI, yang akan menghadirkan beberapa fitur baru seperti Chat Assist, Interpreter, Circle to Search dengan Google, dan beberapa fitur lainnya.

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya