5 Rekomendasi Aplikasi yang Bikin Pekerjaan Jadi Lebih Mudah dan Efisien

Dilansir dari laman Lifehack, berikut 5 aplikasi yang dapat membantu meningkatkan produktivitas dan kenyamanan dalam bekerja.

oleh Wuri Anggarini diperbarui 09 Mei 2024, 13:47 WIB
Diterbitkan 09 Mei 2024, 13:38 WIB
5 Rekomendasi Aplikasi yang Bikin Pekerjaan Jadi Lebih Mudah dan Efisien
Ilustrasi team work di kantor. (c) Pexels/mentatdgt-330508

Liputan6.com, Jakarta Kebayang nggak sih kalau jaman sekarang harus ngumpulin pekerjaan secara langsung? Padahal di zaman yang serba canggih dan digital ini sudah disediakan berbagai macam aplikasi yang dapat membantu meringankan beban kerjamu. Jadi, kamu juga nggak perlu repot-repot buat me-manage atau mencetak lembaran kertas yang ujung-ujungnya akan jadi sampah.

Berkat aplikasi yang terus berkembang, rutinitas kerja yang dulunya melelahkan kini dapat diatasi dengan lebih efisien. Dari mengelola waktu hingga menyusun proyek berskala besar, aplikasi-aplikasi cerdas ini hadir sebagai solusi untuk membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan efektif. Dilansir dari laman Lifehack, berikut 5 aplikasi yang dapat membantu meningkatkan produktivitas dan kenyamanan dalam bekerja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Basecamp

5 Rekomendasi Aplikasi yang Bikin Pekerjaan Jadi Lebih Mudah dan Efisien
Aplikasi Basecamp. Credit: Basecamp

Basecamp merupakan salah satu aplikasi yang berfungsi untuk menetapkan suatu pekerjaan, berdiskusi, melakukan pengontrolan, serta dapat menandainya sebagai selesai. Untuk mempermudah alur komunikasi di lingkup kerja, aplikasi basecamp merupakan pilihan yang tepat bagi para pekerja, khususnya tim project management.

Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur yang mampu menata jadwal dengan rapi serta dijamin ampuh untuk meningkatkan produktivitas para anggota yang terlibat dalam pekerjaan tertentu. Fitur-fitur yang disediakan sangat berguna untuk mengelola time management antaranggota, mempermudah pengunggahan dokumen, serta bisa juga dijadikan sebagai wadah berinteraksi. Menariknya lagi, Basecamp menjadi salah satu aplikasi paling detail yang dapat menyiapkan ruang proyek khusus bagi para pekerja sehingga anggota tim memiliki space yang jelas dan tertata untuk saling berkolaborasi.


2. Asana

5 Rekomendasi Aplikasi yang Bikin Pekerjaan Jadi Lebih Mudah dan Efisien
Aplikasi Asana. Credit: Asana

Asana jadi salah satu tool yang unggul dalam memecahkan berbagai macam masalah saat bekerja. Aplikasi ini memungkinkan seorang leader untuk memberikan pekerjaan ke masing-masing anggota tim dengan deadline dan tingkat prioritasnya masing-masing.

Asana juga terhubung langsung dengan berbagai aplikasi penunjang kerja, seperti Gmail, Microsoft Teams, Slack, hingga Jira Cloud. Selain itu terdapat berbagai fitur, seperti tampilan garis waktu yang menawarkan bagan visual dan interaktif dari pekerjaan tim. Sehingga dapat memudahkanmu dalam manajemen pekerjaan.


3. Trello

5 Rekomendasi Aplikasi yang Bikin Pekerjaan Jadi Lebih Mudah dan Efisien
Aplikasi Trello. Credit: Trello  

Jika dilihat sekilas, aplikasi yang satu ini memang menonjolkan sisi visual dengan sistem kerja seperti papan tulis kosong. Melalui Trello, papan tulis itu bisa ditempel dengan beberapa sticky notes yang berisi keterangan pekerjaan, deadline, data-data pelengkap, serta dokumen-dokumen yang mendukung.

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang dapat membantu proses delegasi pekerjaan ke setiap anggota tim, mengatur dan mengingatkan soal deadline setiap pekerjaan ke seluruh anggota tim, memfasilitasi terjadinya kolaborasi dalam tim secara virtual, sarana untuk sharing dokumen pekerjaan, melancarkan workflow karena terhubung ke beberapa aplikasi kerja seperti Google Drive, Gmail, Slack, dan lain sebagainya.


4. Todoist

5 Rekomendasi Aplikasi yang Bikin Pekerjaan Jadi Lebih Mudah dan Efisien
Aplikasi Todoist. Credit: Todoist

Aplikasi ini dirancang untuk membuat satu to do, lalu memecahnya menjadi beberapa sub-to do. Lewat aplikasi ini, kamu dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik karena terbantu dengan anggota-anggota tim yang tergabung dalam ruang kerja di aplikasi tersebut. Todoist juga dapat membantu mengirimkan pengingat, tenggat waktu, dan tanda prioritas agar semua anggota tetap pada track-nya masing-masing


5. Notion

5 Rekomendasi Aplikasi yang Bikin Pekerjaan Jadi Lebih Mudah dan Efisien
Aplikasi Notion. Credit: Notion

Notion adalah aplikasi yang ditujukan untuk meningkatkan produktivitas. Pada dasarnya, aplikasi ini ditujukan untuk membuat notes atau catatan dengan tampilan yang sederhana. Dengan begitu, akan mempermudah kamu dan rekan satu tim untuk dapat mengoperasikannya.

Namun dalam perkembangannya, aplikasi ini juga dapat dilakukan untuk meningkatkan produktivitas kerja serta mendukung adanya kolaborasi dengan pengguna lainnya. Aplikasi ini sebenarnya lebih dari sekadar pendelegasi pekerjaan, namun juga sebagai database. Dengan Notion, kamu dapat menetapkan pekerjaan kepada anggota tim dengan catatan yang sangat dapat disesuaikan, di mana setiap baris dan kolom yang tersedia berisi semua detail yang diperlukan. Keunggulan dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk menautkan konten terkait sehingga gambaran besar dari pekerjaan yang sedang on process dapat dilihat secara sekilas.

See, teknologi memang terbukti memudahkan kehidupan sehari-hari termasuk di dunia kerja. Berkat kehadiran deretan aplikasi di atas, beban kerja terasa lebih ringan. Jadi, aplikasi mana nih yang kira-kira paling pas buat meringankan beban kerjamu?

Penulis: Elma Salsabila El Zahro

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya