Aplikasi Apple TV bakal Hadir di HP Android, Incar 3 Miliar Perangkat 'Robot Hijau'!

Apple dikabarkan akan mengembangkan aplikasi Apple TV untuk ponsel Android, diharapkan jumlah pelanggan layanan streaming mereka, Apple TV+ akan meningkat secara signifikan.

oleh Robinsyah Aliwafa Zain diperbarui 31 Mei 2024, 09:30 WIB
Diterbitkan 31 Mei 2024, 09:30 WIB
Apple TV Plus
Apple TV Plus. Kredit: Apple

Liputan6.com, Jakarta Apple dikabarkan akan mengembangkan aplikasi Apple TV untuk ponsel Android. Nantinya, layanan streaming Apple TV+ akan dapat dinikmati oleh pengguna Android (robot hijau).

Ini bukanlah hal yang mengagetkan, sebab aplikasi Apple TV sebelumnya telah hadir di berbagai OS Smart TV, seperti Android TV, Google TV, Samsung Tizen OS, dan LG webOS.

Nampaknya, perusahaan asal Cupertino ini akan melebarkan sayap layanan streaming mereka, agar lebih banyak pengguna yang menggunakan Apple TV.

Menurut laporan Bloomberg, sebagaimana dikutip dari Android Authority, Jumat (31/5/2024), Apple telah meminta beberapa software engineer Android untuk bergabung dengan tim pengembang aplikasi Apple TV.

Gabungnya software engineer Android akan membantu Apple merancang dan membuat aplikasi Apple TV untuk sistem Android.

Pengembangan aplikasi Apple TV untuk Android bukan tanpa alasan. Meski iPhone merupakan ponsel paling populer, tapi penjualan ponsel buatan Apple ini masih kalah bila dibandingkan dengan HP Android.

Faktanya, sistem Android telah dipakai lebih dari 3 miliar perangkat, sehingga Apple berpikir jika menghadirkan aplikasi Apple TV ke ponsel Android, diperkirakan jumlah pelanggan layanan streaming mereka, Apple TV+ akan meningkat secara signifikan.

Sebagai informasi, layanan Apple TV+ memiliki sejumlah serial TV terkenal, seperti Ted Lasso, Severance, dan masih banyak lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apple Sebar Undangan WWDC 2024

WWDC 2024
Apple telah menyebar undangan untuk event WWDC 2024 yang akan digelar pada 10 Juni 2024. (Dok: Apple)

Di sisi lain, Apple telah mengirimkan undangan untuk acara tahunan mereka yakni WWDC 2024 (Worldwide Developers Conference).

Berdasarkan informasi dari undangan itu, konferensi ini akan digelar pada 10 Juni 2024 pukul 10.00 pagi Waktu setempat (11 Juni 2024 pukul 00.00 WIB).

Mengutip informasi dari CNET, Kamis (30/5/2024), WWDC 2024 akan menjadi ajang debut sejumlah produk terbaru Apple. Meski Apple masih merahasikan detail acara tersebut, sejumlah bocoran mengenai produk yang akan diperkenalkan di acara tersebut sudah bermunculan.

Salah satu yang menjadi sorotan adalah iOS 18. Sistem operasi baru ini banyak diperbincangkan karena disebut akan menyertakan berbagai fitur AI yang canggih.

Bahkan, laporan terbaru menyebut Apple akan mengintegrasikan kemampuan AI ke sejumlah fungsi di iOS 18, seperti pengeditan foto, pengiriman pesan, emoji, hingga Siri yang lebih komunikatif.

Sebagai informasi, sejak beberapa waktu lalu, rumor seputar kemampuan iOS 18 memang telah banyak beredar di internet. Bahkan, untuk meningkatkan kemampuannya, perusahaan dilaporkan bersiap menjalin kerja sama dengan OpenAI. 

Berdasarkan laporan yang beredar, Apple dan OpenAI saat ini dikabarkan sedang melakukan pembicaraan intens untuk membawa ChatGPT ke produk buatan mereka.

Selain iOS, WWDC 2024 juga diperkirakan akan menjadi ajang perkenalkan update untuk sistem operasi Apple lainnya, termasuk MacOS, iPadOS, serta VisionOS.

Tidak hanya software, dalam event ini, Apple kemungkinan besar juga akan memamerkan chipset besutan mereka sendiri, termasuk kemampuan AI yang dimilikinya. Terlebih, beberapa waktu lalu, Apple telah memperkenalkan iPad generasi terbaru dengan chip M4. 


Bocoran Sebut Apple Gandeng OpenAI, iOS 18 Bakal Makin Pintar?

Logo Apple
Ilustrasi: Selain menjadi toko ritel pertama di Asia Tenggara, Apple Store ini juga menjadi toko pertama yang sepenuhnya menggunakan energi terbarukan (sumber : bgr.com)

Apple dikabarkan telah sepakat mengimplementasikan teknologi kecerdasan buatan (AI) besutan Open AI untuk sistem operasi iOS 18.

Dilaporkan, kesepakatan tersebut akan menghadirkan beragam fitur AI untuk iOS 18 dan dijadwalkan bakal diperkenalkan pada gelaran WWDC 2024.

Menurut laporan Mark Gurman, sebagaimana dikutip dari Android Authority, Selasa (28/5/2024), Apple dan OpenAI telah mencapai kesepakatan agar OpenAI menyediakan fitur chatbot di iOS 18.

Ia menambahkan, kesepakatan ini akan menjadi materi acara WWDC Apple pada bulan Juni 2024.

Meski telah menyutui kesepakatan dengan OpenAI, Apple disebut ingin menggabungkan semua teknologi AI yang beredar ke platform mereka.

Laporan itu mengatakan kalau Apple juga masih menawarkan kesepakatan dengan Google untuk menghadirkan Gemini sebagai opsi tambahan.

Pun demikian, Apple juga berencana untuk mengembangkan teknologi AI mereka sendiri. Menurut laporan, Apple juga tengah mengerjakan model Ajax AI untuk analisis teks pada perangkat, balasan cerdas, dan ringkasan berbasis AI.

Dengan kata lain, kesepakatan OpenAI disebut akan digunakan penerapan teknologi ChatGPT akan digunakan untuk tuugas AI yang lebih berat, seperti menganalisis teks yang lebih panjang, pembuatan gambar, dan tugas-tugas serupa yang menutut performa lebih tinggi. 


Siri Bakal Lebih Pintar Berkat AI

Siri
Siri di iPhone 6 (Sumber: CNET)

Berkat kerjasama Apple dan OpenAI, dikabarkan iOS 18 dapat meningkatkan fungsionalitas Siri agar lebih praktis dan komunikatif.

Pengguna juga dapat melihat fitur-fitur seperti ringkasan notifikasi cerdas, sinopsis artikel berita cepat, pengeditan foto berbasis AI, transkrip rekaman audio, pengisian otomatis yang ditingkatkan di aplikasi kalender, dan masih banyak lagi.

Apple dikabarkan akan memperkenalkan iOS 18, iPadOS 18, macOS 15, dan watchOS 11 di gelaran WWDC24 pada 10-14 Juni 2024. Diperkirakan acara itu akan berfokus pada penerapan AI yang akan hadir di seluruh perangkat Apple pada akhir tahun ini.

Infografis Pemblokiran Massal Web Streaming Ilegal
Infografis Pemblokiran Massal Web Streaming Ilegal. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya