PDF Overlay, Fitur Baru Galaxy Z Fold6 untuk Dukung Produktivitas

Galaxy Z Fold6 sebagai sebuah smartphone untuk mendukung produktivitas pengguna kini dibekali dengan fitur Galaxy AI, salah satuya adalah Note Assist yang memungkinkan pengguna terjemahkan dan ringkas dokumen PDF dalam bahasa Inggris ke Indonesia atau bahasa apa pun yang diinginkan.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 23 Jul 2024, 15:00 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2024, 15:00 WIB
Galaxy Z Fold 6
Smartphone layar lipat terbaru Samsung Galaxy Z Fold 6 dalam warna Pink. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Liputan6.com, Jakarta - Samsung menghadirkan Galaxy Z Fold6 10 Juli lalu. Perangkat ini membawa fitur kecerdasan buatan melalui Galaxy AI.

Dibandingkan dengan Galaxy AI yang dirilis pertama kali pada Galaxy S24 Ultra, Samsung meningkatkan kemampuan Galaxy AI tebaru ini.

Salah satunya adalah dengan fitur PDF Overlay untuk makin mendukung produktivitas pengguna perangkat Galaxy Z Fold6.

MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia, Ilham Indrawan, menyebutkan, memasuki tahun ke enam, Samsung berinovasi mengembangkan smartphone layer lipat yang mampu memaksimalkan produktivitas penggunanya.

"Kecanggihan Galaxy Z Fold6 dirancang untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik, salah satunya melalui fitur Note Assist yang semakin diperbarui bahkan dengan kemampuan penerjemahan langsung pada dokumen PDF," kata Ilham, dikutip dari keterangan Samsung, Selasa (23/7/2024).

Menurut Ilham, fitur tersebut ditingkatkan guna memenuhi kebutuhan pengguna yang punya produktivitas tinggi. Apalagi kini desain Galaxy Z Fold6 lebih ramping dan ringan serta lebih kokoh berkat struktur dual rail hinge.

Hal ini membuat Samsung Galaxy Z Fold6 lebih mudah digunakan untuk produktivitas on-the-go kapan pun dan di mana pun.

Yuk simak fitur Note Assist berbasis Galaxy AI yang dapat membuat Galaxy Z Fold6 cocok jadi teman produktivitas:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Bikin Ringkasan Meeting

Galaxy Z Flip 6 dan Galaxy Z Fold 6 di Indonesia
Product Marketing Manager Samsung Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus, saat memperkenalkan Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6 di Jakarta. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Galaxy Z Fold6 hadir dengan rangkaian fitur AI, salah satunya adalah fitur Note Assist. Fitur yang terintegrasi dengan Samsung Notes ini memungkinkan pengguna untuk membuat ringkasan dari catatan dengan bantuan AI.

Fitur ini menyederhanakan format catatan agar lebih rapi, hingga membuat cover agar catatan mudah dikenali dengan preview singkat.

Note Assist pun dilengkapi dengan fitur penerjemah yang memudahkan kamu untuk menyalin catatan dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia.


2. PDF Overlay

PDF Overlay
Z Fold6 juga dibekali fitur PDF Overlay sehingga pengguna bisa mengelola dokumen PDF dengan lebih efisien. (Foto: Samsung)

Z Fold6 juga dibekali fitur PDF Overlay sehingga pengguna bisa mengelola dokumen PDF dengan lebih efisien.

Melalui fitur ini, pengguna bisa langsung menerjemahkan dan mengedit dokumen PDF, sehingga bisa menghemat waktu dan menyederhanakan proses kerja sehari-hari.

Fitur ini juga mendukung terjemahan dalam gambar dan grafik. Cara penggunaannya mudah, cukup buka PDF di Samsung Notes.

Lalu, tekan ikon Galaxy AI dan pilih translate. Nantinya, setelah dokumen diterjemahkan, pengguna bisa membuat ringkasan dokumen secara langsung di Note Assist.

  • Buka aplikasi Notes pada device
  • Buat dokumen baru pada ikon 'dokumen baru'
  • Tekan ikon (tambah) lalu pilih "PDF" kemudian cari file PDF yang ingin diterjemahkan.
  • Pilih ikon Galaxy AI (bintang) kemudian pilih "Ringkas" atau "Terjemahkan" PDF.
  • Pilih opsi "Buat Terjemahan" kemudian pilih bahasa yang diinginkan.
  • Setelah itu, hasil terjemahan bisa langsung dipindahkan ke Notes ataupun dokumen baru yang diinginkan.

 

 


Desain Galaxy Z Fold6 yang Dirombak

Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6
Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6 yang baru diluncurkan di Samsung Unpacked 2024 di Paris, Prancis. (Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani)

Sekadar informasi, selain fitur canggih, Galaxy Z Fold6 juga menghadirkan desain baru yang ringkas sehingga membuatnya tetap praktis untuk penggunaan sehari-hari.

Galaxy Z Fold6 hadir dengan bentuk yang kian tipis dan nyaman dipakai. Form factor Galaxy Z Fold6 juga memastikan perangkat ini jadi yang terkuat di antara seri Galaxy Z Fold Series yang telah dirilis.  

Galaxy Z Fold6 mengadopsi konsep desain 'Floating Design', yang membuat layar utama ponsel lipat ini terlihat melayang di atas bodinya ketika dilihat dari samping.

Perangkat ini pun kini tampil dengan bodi yang lebih kotak, lebih tipis, dan lebih ringan dibanding generasi sebelumnya. Saat dilipat dimensinya 68,1 x 153,5 x 12,1 mm. Ketika dibuka perangkat ini memiliki dimensi 132,6 x 153,5 x 5,6 mm.

Bobotnya juga lebih ringan dibandingkan versi Fold sebelumnya. Saat ini Galaxy Z Fold6 memiliki bobot, 239 gram. Ini berarti bobotnya 14 gram lebih ringan dibandingkan Galaxy Z Fold5.

Selain lebih ringan dan tipis, Galaxy Z Fold6 juga dirancang dengan durabilitas yang tinggi untuk memastikan ketahanan dan performa optimal dalam penggunaan sehari-hari. Samsung menghadirkan struktur dual rail hinge dengan folding edge yang diperkuat, sehingga perangkat ini lebih kokoh dari  benturan eksternal.

(Tin)

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya