Bocoran Terbaru Ungkap Jadwal Rilis PS6, Kapan?

Sony telah mengisyaratkan akhir dari era PlayStation 5 dan bocoran mengenai kehadiran PS6 kini mulai muncul.

oleh Dinda Ariyani diperbarui 06 Sep 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 06 Sep 2024, 12:00 WIB
PS5
Harga PS5. (Doc: Sony PlayStation)

Liputan6.com, Jakarta - Di awal 2024, Naomi Matsuoka, Senior Vice President Sony, mengisyaratkan bahwa masa hidup PS5 sudah mulai masuk tahap akhir.

Meski belum ada konfirmasi resmi soal pengembangan PS6, pernyataan itu membuat muncul asumsi kalau Sony sudah mulai mempersiapkan konsol terbaru ini.

Meskipun baru sekedar rumor, spekulasi soal apa saja yang bakal ditawarkan PS6 mulai bermunculan.

Kira-kira bakal lebih canggih dari PS5 tidak, ya? Dan apakah game-games PS5 sekarang bakal bisa dimainkan di PS6? Lalu, bagaimana nasib game-game PS5 yang masih akan datang, apakah mereka bakal rilis di konsol terbaru juga?

Kapan PS6 Akan Rilis?

Dikutip dari Gizchina, Jumat (6/9/2024), salah satu petunjuk terbesar tentang kapan PS6 meluncur berasal dari dokumen pengadilan Microsoft terkait akuisisi Activision Blizzard. 

Dalam dokumen itu, Microsoft menyebutkan bahwa "Pada saat SIE meluncurkan konsol PlayStation generasi berikutnya (yang kemungkinan terjadi sekitar [disensor]), mereka akan kehilangan akses ke Call of Duty."

Meskipun tanggal pastinya disensor, banyak yang berspekulasi bahwa ini berkaitan dengan kesepakatan Microsoft untuk mempertahankan judul-judul Activision Blizzard di PlayStation sampai 2027.

Oleh sebab itu, muncul spekulasi kalau peluncuran PlayStation 6 kemungkinan besar bakal terjadi sebelum akhir 2027.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rumor Soal Harga dan Spesifikasi PS6

Stellar Blade Hadir di PS5! Sony Gelar Event Seru di Jakarta dengan Cosplayer Eve
Stellar Blade Hadir di PS5! Sony Gelar Event Seru di Jakarta dengan Cosplayer Eve. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Masih membahas soal kapan PS6 akan rilis, kalau kita lihat siklus konsol sebelumnya, prediksi ini masuk akal. PlayStation 3 dan PlayStation 4 masing-masing punya masa hidup sekitar tujuh tahun sebelum digantikan generasi berikutnya.

Dengan PS5 yang rilis pada 2020, peluncuran pada 2027 pun terasa masuk akal.

Harga PlayStation 6

Membicarakan soal harga, memang belum ada info resmi soal spesifikasi PS6. Namun, kalau melihat tren harga sebelumnya, PS6 diperkirakan bakal dibanderol minimal 500 USD atau setara dengan 7 jutaan rupiah.

Ada juga rumor yang menyebut kalau harga konsol ini bisa mendekati 600 USD atau 9 jutaan rupiah. Terlebih, jika PS5 dibekali komponen tercanggih.

Spesifikasi PlayStation 6

Saat ini, belum banyak detail soal hardware PS6. Namun, menurut Moore's Law is Dead, Sony kemungkinan akan tetap bekerja sama dengan AMD, seperti yang mereka lakukan untuk PS5.

Kerja sama ini bisa mempermudah backward compatibility dan memfasilitasi rilis game lintas generasi. Chip AMD generasi berikutnya dijadwalkan rilis pada 2025, yang mungkin akan jadi dasar hardware PS6. 


Bocoran Fitur PS6

PS5 Edisi Terbatas Genshin Impact Rilis di Indonesia pada 10 April 2024, Cek Harga dan Bonus Menariknya
PS5 Edisi Terbatas Genshin Impact Rilis di Indonesia pada 10 April 2024, Cek Harga dan Bonus Menariknya. (Doc: PlayStation)

Melanjutkan spesifikasi PS6, PS6 juga diprediksi bakal punya SSD baru untuk mempersingkat waktu loading, dan kemungkinan menawarkan penyimpanan minimal 1TB, apalagi kalau Sony merilis versi digital-only dari konsol tersebut.

Fitur PlayStation 6

Salah satu fitur yang dirumorkan bakal ada di PS6 adalah PlayStation Spectral Super Resolution (PSSR). Teknologi ini katanya akan membuat game bisa berjalan di resolusi 4K dengan 120 fps atau 8K di 60 fps.

Versi PSSR yang lebih rendah kabarnya sedang dikembangkan untuk PS5 Pro, tapi bakal sepenuhnya diimplementasikan di PS6. Tertarik buat upgrade ke PS6? Yuk, kita tunggu kabar resminya dari Sony!

 

Infografis Dampak Bermain Game Berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis dampak bermain video game berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya