iPhone 16 dan iPhone 16 Plus Rilis, Tawarkan Fitur Pintar Apple Intelligence

Apple Intelligence membawa iPhone 16 dan iPhone 16 Plus ke tahap selanjutnya. Kehadiran AI optimalkan pemakaian pengguna.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 10 Sep 2024, 03:03 WIB
Diterbitkan 10 Sep 2024, 02:24 WIB
iPhone 16
Apple resmi meluncurkan iPhone dan iPhone 16 Plus yang sudah mendukung Apple Intelligence. (Dok: Apple)

Liputan6.com, Jakarta - Apple resmi mengumumkan kehadiran iPhone 16 dan iPhone 16 Plus. Kedua smartphone anyar itu diperkuat dengan Apple Intelligence, sistem AI besutan Apple untuk mengoptimalkan pemakaian.

Dalam event yang disiarkan secara langsung, Selasa (10/9/2024), Apple menghadirkan sejumlah pembaruan di iPhone 16 dan iPhone 16 Plus. Salah satu adalah daya tahan yang ditawarkan.

Apple menyebut kalau dua smartphone tersebut dibekali dengan kaca belakang yang kuat. Disebutkan, iPhone baru ini menggunakan Ceramic Shield generasi terbaru yang 50 persen lebih kuat dari generasi pertama.

Kedua iPhone ini pun hadir dengan desain internal baru. Perubahan desain internal ini dilakukan untuk menampung baterai yang lebih besar dan mampu mengantarkan panas lebih baik.

iPhone 16 memiliki layar OLED berukuran 6,1 inci, sedangkan varian Plus memiliki ukuran 6,7 inci. Seperti yang sudah dirumorkan sebelumnya, Apple telah membekali kedua ponsel itu dengan fitur Dynamic Island yang sebelumnya hanya ada di varian Pro.

Pembaruan lain yang ditawarkan adalah kehadiran Action Button. Tombol fisik ini memungkinkan pengguna untuk mengakses beberapa fungsi hanya dengan satu kali tekan, seperti membuka kamera atau senter.

Tidak hanya itu, tombol di iPhone 16 dan iPhone 16 Plus ini juga dapat dipakai untuk beralih antara mode Ring dan Silent, termasuk mengenali musik memanfaatkan Shazam. Yang tidak kalah menarik, ada tombol Camera Control.

Seperti namanya, fitur ini disebut meningkatkan pengalaman memakai kamera di lini iPhone 16. Dengan integrasi software dan hardware, tombol ini bisa dimanfaatkan untuk meluncurkan kamera, mengambil foto, hingga mulai perekaman video.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Chip di iPhone 16 dan iPhone 16 Plus

iPhone 16
iPhone 16 dan iPhone 16 Plus yang sudah didukung dengan Apple Intelligence. (Dok: Apple)

Apple melakukan lompatan besar dengan membenamkan chip A18 di kedua perangkat baru ini. Chipset itu diklaim menawarkan kemampuan CPU 30 persen lebih cepat dibandingkan A16 Bionic.

Selain menjanjikan performa yang ngebut, konsumsi daya yang diberikan juga lebih efisien. Ketika menjalankan beban kerja yang sama dengan A16 Bionic, A18 disebut mampu melakukannya dengan daya 30 persen lebih sedikit.

Didukung kemampuan ray-tracing berbasis hardware yang ditingkatkan, iPhone baru ini disebut menawarkan frame rate yang lebih tinggi. Kedua model anyar ini juga mendukung game AAA yang sebelumnya hanya ada di iPhone 15 Pro.


Kamera iPhone 16

iPhone 16
iPhone 16 dan iPhone 16 Plus resmi diperkenalkan Apple dalam event yang disiarkan secara langsung. (Dok: Apple)

Apple membekali smartphone ini dengan konfigurasi kamera yang sudah ditingkatkan kemampuannya. Ada lensa utama 48MP dan lensa ultrawide 12MP di bagian belakang.

Dengan lensa 48MP, pengguna dapat memanfaatkannya untuk mengambil foto biasa serta telephoto 2X optical-quality.

Sementara dengan lensa ultra wide, pengguna bisa memakainya untuk mengambil gambar yang lebih luas sekaligus melakukan foto makro.

iPhone 16 dan iPhone 16 Plus akan tersedia dalam lima pilihan warna yakni black, white, pink, teal, dan ultramarine. Menjalankan iOS 18, kedua model ini akan dijadwalkan akan tersedia mulai 20 September 2024.

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya