5 Tips Foto Hitam Putih Kece Berbekal Kamera Smartphone

Kamu suka memotret dengan mode hitam putih pakai kamera smartphone? Yuk ikuti 5 tips ini biar hasil foto hitam putih kamu makin kece untuk diunggah di media sosial.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 28 Sep 2024, 18:00 WIB
Diterbitkan 28 Sep 2024, 18:00 WIB
Xiaomi 14, HP Flagship Xiaomi terbaru yang hadir dalam tiga opsi warna yakni White, Black, dan Jade Green.
Xiaomi 14, HP Flagship Xiaomi terbaru yang hadir dalam tiga opsi warna yakni White, Black, dan Jade Green. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Liputan6.com, Jakarta - Seiring dengan makin baiknya kualitas kamera smartphone, fotografi berbekal kamera ponsel kini kian digandrungi.

Dengan meningkatnya penggunaan teknologi serta inovasi dalam bidang fotografi mobile, gap kualitas foto kamera smartphone dengan kamera profesional pun kian menipis, termasuk pada foto hitam dan putih alias black and white.

Saat ini, foto hitam putih banyak diminati pencinta fotografi. Namun, kadangkala mengambil foto hitam putih dengan kamera smartphone bisa terasa susah-susah gampang.

Komunitas fotografi mobile TwentyTwoSecond pun memberikan sejumlah tips untuk menciptakan foto hitam putih yang bisa bercerita, menggunakan perangkat Xiaomi 14 yang didukung lensa Leica.

Foto hitam putih sendiri memang sudah bisa dihasilkan dari filter black and white yang sudah ada di sebagian besar smartphone. Salah satu keunggulan memotret hitam putih antara lain adalah dapat membuat objek utama atau skenario di dalam foto seolah punya narasi kuat, tanpa perlu caption apa-apa di media sosial.

Lalu, apa saja tips fotografi untuk menghasilkan jepretan foto black and white yang kece untuk diunggah ke medsos?

1. Manfaatkan Fitur di Kamera Smartphone

Pada workshop kolaborasi dengan Xiaomi Indonesia, komunitas TwentyTwoSecond menyebut, yang pertama adalah si pengguna smartphone perlu memanfaatkan mode terbaik dalam menjepret foto berkualitas tinggi.

Dalam hal ini, salah satu contohnya adalah pengguna bisa menyalakan fitur grid di smartphone untuk mempermudah dalam framing objek.

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan kemampuan zoom di smartphone secara tepat dan tak berlebihan. Hal ini untuk memastikan agar kualitas foto tidak terjaga, tidak pecah atau buram.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Pastikan Kamera Stabil

Hasil Kamera Utama Xiaomi 14
Hasil Kamera Utama Xiaomi 14 dengan filter Leica Black NAT (Liputan6.com/Robinsyah Aliwafa Zain)

Cara kedua dalam mengambil foto black and white pakai kamera smartphone adalah memastikan agar pengambilan foto steady atau tidak bergerak. Untuk membantu mengambil gambar yang stabil, kamu bisa memanfaatkan alat bantu seperti monopod, tripod atau apa pun itu.

Lalu, tips lain agar kamera stabil adalah dengan menahan napas ketika menekan tombol shutter. Selain itu, tangan juga perlu rileks alias tidak gemetaran ketika menjepret foto.

3. Perhatikan Arah Cahaya

Bukan hanya itu, kamu perlu memerhatikan arah cahaya agar bisa mendapatkan gambar terbaik. Kalau mau memotret dengan mode potrait, kamu bisa memperhatikan arah cahaya agar wajah objek utama tidak memiliki siluet atau bayangan di sisi tertentu.


4. Tentukan Tema

Xiaomi 14. Liputan6.com/Iskandar
Xiaomi 14. Liputan6.com/Iskandar

Kalau tips-tips dasar di atas sudah dikuasai, sekarang waktunya menentukan tema. Misalnya, memutuskan pengguna ingin mengulik lebih jauh proses pembuatan kopi, cerita tentang peracikan biji kopi, atau profil barista yang membuat kopi dalam sesi pembuatan kopi.

Setelah menentukan tema yang ingin diambil, kamu bisa menentukan angle yang lebih tepat ketika mengambil rangkaian foto hitam putih, hingga akhirnya menjadi cerita yang menarik.


5. Pakai Jurus Set of Three

Kalau kamu mengambil foto hitam putih dengan kamera smartphone, kamu bisa menggunakan prinsip format set of three alias tiga rangkaian foto. Maksudnya begini, ketika membuat rangkaian cerita, set of three bisa terdiri dari pembuka sebagai awal untuk menceritakan keseluruhan tema yang ingin diceritakan.

Lalu, foto kedua berisi tiap adegan, bisa berupa aktivitas yang ingin diceritakan atau subjek di dalam cerita.

Terakhir, kamu bisa mengambil foto detail atau pelengkap dari rangkaian skenario yang ingin diceritakan.

Ketika rangkaian foto hitam putih sudah didapatkan lewat tiga format di atas, kamu bisa mendapatkan cerita dari foto-foto yang diambil. Hasilnya pun bisa menciptakan emosi lebih dalam dari mereka yang melihatnya.

 

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya