iMac Terbaru Siap Menggebrak! Cek Bocoran Upgrade yang Akan Dihadirkan Apple

Ingin tahu apa yang baru di iMac terbaru? Dapatkan semua informasi yang dibutuhkan tentang upgrade terbaru Apple di artikel berikut ini.

oleh Dinda Ariyani diperbarui 20 Okt 2024, 08:00 WIB
Diterbitkan 20 Okt 2024, 08:00 WIB
iMac
iMac Pro. (Foto: Apple)

Liputan6.com, Jakarta - Apple dikabarkan akan kembali menggelar keynote lagi di Oktober 2024. Dalam event tersebut, beberapa model Mac dan iPad diprediksi bakal dapat pembaruan, salah satunya, iMac. 

Buat kamu yang sudah tidak sabar, ini dia bocoran upgrade yang akan ada di iMac baru nanti yang dilansir dari 9to5mac, Minggu (20/10/2024):

1. Chip M4 Terbaru

Setahun lalu, iMac mengalami lompatan dari chip M1 langsung ke M3. Nah, kali ini Apple tidak akan skip lagi, karena iMac baru diprediksi akan menggunakan chip M4. 

M4 dibangun dengan teknologi 2nm generasi kedua dari TSMC dan membawa CPU 10-core, naik dari yang sebelumnya cuma 8 core. Performanya juga diperkirakan meningkat sekitar 20-25 persen. 

2. Aksesori Magic dengan USB-C

Belum ada rumor kuat soal ini, tapi sepertinya Apple akan mengganti semua konektor di perangkatnya ke USB-C untuk mengikuti regulasi Uni Eropa.

Ini artinya, Magic Mouse, Magic Keyboard, dan Magic Trackpad yang dijual bersamaan dengan iMac kemungkinan besar akan hadir dengan port USB-C. Katakan selamat tinggal buat Lightning! 

3. RAM Lebih Besar dari Sebelumnya

Bloomberg sempat melaporkan kalau semua perangkat Mac dengan chip M4 akan mulai dengan RAM minimal 16GB. Hal ini juga berlaku buat iMac, jadi base model iMac M4 kemungkinan akan punya RAM 16GB dengan opsi upgrade hingga 32GB.

Sebagai perbandingan, iMac M3 sebelumnya hanya sampai di RAM 24GB. 

Masih Fokus Dengan iMac 24 Inci

Apple luncurkan iMac 24 inci baru yang hadir dengan chip M3 (Apple)
Apple luncurkan iMac 24 inci baru yang hadir dengan chip M3 (Apple)

4. Thunderbolt Ports Lebih Banyak

Kabarnya, di iMac M4 nanti, Apple akan memberikan 4 port Thunderbolt penuh di model high-end.

Bocoran ini muncul dari analisis yang menunjukkan adanya 4 controller Thunderbolt di chip M4, naik dari yang sebelumnya hanya 2. Jadi, semakin fleksibel nih untuk kamu yang butuh banyak port!

5. Dukungan Wi-Fi 7

Seperti di iPhone 16, iMac M4 diprediksi juga bakal  mendukung Wi-Fi 7. Teknologi ini punya kecepatan maksimal sampai 46 Gbps, lima kali lebih cepat dibandingkan Wi-Fi 6E.  

Selain itu, Wi-Fi 7 juga pakai channel 320 MHz dan mendukung jaringan 6 GHz, jadi sinyal lebih stabil dan minim gangguan.

Meskipun refresh kali ini terbilang minor, tetap ada beberapa hal menarik untuk kamu yang lagi nunggu iMac baru.

Sayangnya, tidak ada tanda-tanda iMac dengan ukuran besar atau versi Pro bakal hadir dalam waktu dekat. Sejauh ini, Apple sepertinya masih fokus dengan iMac 24 inci saja.

Untuk yang kurang puas dengan ukuran atau desain iMac ini, Apple menyarankan untuk pakai Studio Display dan menggabungkan dengan Mac pilihan kamu. Walau tidak terlalu ideal, tapi setidaknya ada solusi.

 

 

Apple bakal Perbarui Semua Mac dengan Chip M4 mulai Akhir 2024

Apple Scary Fast Digelar 30 Oktober 2023, Bakal Umumkan iMac dan iPad Baru?
Apple Scary Fast Digelar 30 Oktober 2023, Bakal Umumkan iMac dan iPad Baru?. (Doc: Apple)

Sebelumnya, Apple memang dikabarkan akan memperbarui seluruh lini Mac besutan mereka dengan chip M4 yang lebih baru. Informasi ini diungkapkan oleh analis Bloomberg Mark Gurman.

Mengutip Mashable, Jumat (9/8/2024), menurut Gurman, Apple berencana meluncurkan deretan perangkat Mac terbaru dengan chip M4 di akhir 2024.

Beberapa model yang disebut akan mendapat pembaruan tersebut adalah MacBook Pro, Mac mini, dan iMac.

Sementara jadwal perilisan untuk model MacBook Air, Mac Studio, dan Mac Pro dikabarkan sedikit berbeda. Rencananya, model-model tersebut akan mendapatkan upgrade ke M4 pada 2025.

Langkah ini disebut masuk akal, mengingat beberapa model seperti Mac Mini dan Mac Studio tidak mendapatkan update chip M3. Selain itu, Apple memang tengah gencar mempromosikan keunggulan M4.

Salah satu yang menjadi adalah adalah dukungan kecerdasan buatan (AI). Chip ini diklaim sebagai Neural Engine paling bertenaga yang pernah dibuat oleh Apple, serta mampu mendukung fitur-fitur AI terbaru.

Namun, tidak hanya pembaruan tersebut, Gurman melaporkan, Apple juga akan menyiapkan kejutan lain. Ada indikasi kalau setidaknya satu model Mac akan mendapatkan upgrade signifikan, tidak sekadar pembaruan chip M4.

Kendati demikian, perlu diingat, laporan ini masih sebatas prediksi. Karenanya, menarik untuk menunggu pengumuan resmi Apple mengenai lini produk Mac yang akan dirilis di masa depan. 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya