Android 15 Sudah Dirilis, Simak Fitur Baru yang Wajib Kamu Coba!

Android 15 telah resmi dirilis untuk pengguna Google Pixel. Simak fitur-fitur baru yang ditawarkan, mulai dari App Archiving hingga Private Space yang meningkatkan keamanan data pribadi.

oleh Yuslianson diperbarui 17 Okt 2024, 15:00 WIB
Diterbitkan 17 Okt 2024, 15:00 WIB
Android 15
Android 15 Sudah Dirilis, Simak Fitur Baru yang Wajib Kamu Coba! (Liputan6.com/ Yuslianson)

Liputan6.com, Jakarta - Android 15 akhirnya resmi diluncurkan dan sudah dapat dinikmati oleh seluruh pengguna Google Pixel di seluruh dunia.

Meskipun pembaruan ini sedikit terlambat dari jadwal, pengguna HP Pixel tetap dimanjakan dengan beberapa fitur baru yang menarik.

Seperti pembaruan Android sebelumnya, Android 15 membawa berbagi peningkatan dan perubahan penting.

Namun, kali ini Google tidak fokus pada perubahan besar dari sisi visual, melainkan pada fitur praktis dapat meningkatkan pengalaman pengguna.

Fitur Baru Android 15, Apa yang Ditawarkan?

Meskipun tidak menghadirkan perubahan desain besar-besaran, fitur Android 15 tetap memperkenalkan sejumlah hal berguna bagi pengguna.

Salah satu paling menonjol adalah App Archiving, fitur memungkinkan pengguna Android untuk menghapus aplikasi yang jarang digunakan tanpa kehilangan data.

Fitur ini sangat membantu dalam menghemat ruang penyimpanan, terutama bagi mereka yang sering kehabisan ruang di perangkat merekat.

Salah satu pembaruan penting lainnya adalah kehadiran fitur Private Space, memungkinkan pengguna mengunci aplikasi berisi informasi sensitif dalam profil terpisah.

Ini menjadi solusi bagi pengguna yang menginginkan lapiran perlindungan tambahan, mirip dengan fitur penyembunyian aplikasi di OS lainnya.

Google juga telah menjanjikan dukungan pembaruan OS selama 7 tahun bagi pengguna Pixel, memastikan tablet dan HP Android akan selalu mendapatkan pembaruan keamanan dan fitur terbaru.

 

Pembaruan Kecil Tetap Berguna

<p>Google Pixel 9 Resmi Dirilis, Cek Spesifikasi dan Harganya. (Doc: Google)</p>

Selain fitur-fitur utama tersebut, Android 15 juga memperkenalkan beberapa perubahan kecil namun bermanfaat, seperti panel volume diperbarui dan gerakan mundur prediktif lebih halus.

Lalu perangkat Pixel apa saja yang menerima pembaruan ini? Berikut adalah daftarnya.

  • Pixel 6
  • Pixel 6 Pro
  • Pixel 6a
  • Pixel 7
  • Pixel 7 Pro
  • Pixel 7a
  • Pixel Tablet
  • Pixel Fold
  • Pixel 8
  • Pixel 8 Pro
  • Pixel 8a
  • Pixel 9
  • Pixel 9 Pro
  • Pixel 9 Pro XL
  • Pixel 9 Pro Fold

Bagi pemilik Pixel 8 dan ponsel lebih baru, mereka mendapatkan peningkatan mode Night Sight dan Astrofotografi serta fotografi di bawah air dan perekaman video.

Audio Magic Eraser juga terima peningkatan untuk membantu mengisolasi suara selama perekaman video, dan aplikasi Pixel Weather mendapatkan pelacak serbuk sari.

Vivo dan iQOO Ungkap Jadwal Update Android 15

Cek hasil jepretan Vivo X100 Pro yang digadang-gadang akan diperkenalkan untuk pasar Indonesia. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Vivo dan iQOO telah mengumumkan jadwal kehadiran Funtouch OS 15 berbasis Android 15 untuk perangkat besutannya. Jadwal ini ditujukan memang ditujukan untuk pasar India, tapi ada kemungkinan wilayah lain juga akan mendapatkannya.

Mengutip informasi dari GSM Arena, Rabu (2/10/2024), Vivo dan iQOO diketahui mulai menggulirkan update Funtouch OS 15 ini pada pertengahan Oktober 2024. Untuk tahap awal, update ini akan menyambangi Vivo X100, X100 Pro, X Fold3 Pro dan iQOO 12.

Menyusul kemudian pada pertengahan November 2024, update ini akan hadir untuk perangkat Vivo X Series yang lebih lawas, yakni Vivo X90 dan X90 Pro. Selain kedua perangkat tersebut, Funtouch OS 15 juga akan hadir di iQOO 11.

Di akhir 2024, update ini akan menyambangi sejumlah HP Vivo seri V, termasuk Y200 Pro dan T3 Ultra. Tidak hanya itu, update berbasis Android 15 ini akan hadir untuk iQOO Neo9 Pro.

Vivo dan iQOO yang Terima Android 15

Hands-On smartphone iQOO Z9 (Foto:Liputan6.com/Fahmi Zaenal Mutakin)

Sementara model lain baru akan mendapatkan pembaruan di awal 2025. Beberapa model yang akan mendapatkan update di tahun di antaranya adalah Vivo X80, Vivo V27, termasuk iQOO Z9 5G.

Perlu diketahui, versi ini akan berbasis Android 15 Beta. Karenanya, kemungkinan besar versi stabil akan diluncurkan belakangan untuk pengguna Vivo maupun iQOO.

Untuk informasi pula, peluncuran akan dilakukan dalam beberapa tahap. Jadi, tiap-tiap pengguna mungkin akan mendapatkannya di waktu yang berbeda.

Bicara soal fitur, Funtouch OS 15 berbasis Android 15 ini disebut akan hadir beberapa peningkatan, seperti kehadiran Ultra Game Mode, animasi yang lebih mulus, waktu startup aplikasi lebih cepat, teknologi kompresi memori yang lebih tinggi, hingga AI Image Lab. 

Infografis 7 Tips Bijak Gunakan Media Sosial. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 7 Tips Bijak Gunakan Media Sosial. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya