Pendiri Apple Steve Wozniak Berikan Kritik Tajam ke Microsoft

Apple dan Microsoft memang sudah bersaing ketat sejak tahun '80an. Lalu apa kritik yang diucapkan Woz kali ini?

oleh Bayu Galih diperbarui 27 Agu 2013, 12:55 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2013, 12:55 WIB
steve-wozniak-130827b.jpg
Perubahan besar tampaknya akan dialami Microsoft setelah CEO Steve Ballmer mengumumkan rencana pensiun dalam setahun ke depan. Selama ini Microsoft memang terlihat stagnan dan tak ada perubahan di era Ballmer. Meski begitu, Ballmer sudah menjabat selama 13 tahun di Microsoft setelah menggantikan sang pendiri, Bill Gates.

Kondisi Microsoft itu pun dikritik tajam oleh salah satu pendiri Apple, Steve Wozniak. Menurut pria yang akrab disapa Woz ini, Microsoft terlalu mengandalkan pencapaian yang telah diraihnya puluhan tahun lalu.

"(Microsoft) terlalu mengandalkan pasar yang telah mereka berhasil bangun sejak bertahun-tahun lalu," kata Woz, dalam wawancara kepada BBC yang Liputan6.com kutip Selasa (27/8/2013). "Tentu ini hal yang berbahaya," lanjutnya.

Wozniak menganggap tak banyak kejutan baru yang dihadirkan Microsoft. Malahan Woz membandingkannya dengan Apple yang dianggapnya terus melakukan inovasi. Kondisi ini tentu sangat disayangkan, apalagi Microsoft dan Apple sudah bersaing sejak tahun '80an.

Tak ketinggalan, Woz pun memuji Steve Jobs yang merupakan rekannya saat mendirikan Apple. "Steve Jobs memiliki perasaan bagus tentang apa yang akan menjadikan suatu perusahaan itu hebat, dan apa yang membuat suatu produk hebat," ucap Woz.

Meski kini Apple tak lagi dipegang Steve Jobs yang telah meninggal dunia, Woz tetap memuji Tim Cook sebagai penggantinya. Walau Apple belum menghadirkan produk kejutan di bawah Tim Cook, Woz memberikan pembelaan.

"Kemajuan hebat untuk manusia tak berlangsung tiap tahun," tutur dia. (gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya