Gara-gara Robot Ini, Banyak Satpam Bakal Dirumahkan?

Robot ini dilengkapi mikrofon dengan sensitifitas tinggi, sensor jarak (distance sensor), dan sensor kualitas udara (air quality control).

oleh Iskandar diperbarui 09 Des 2013, 09:16 WIB
Diterbitkan 09 Des 2013, 09:16 WIB
bis-anak-131208c.jpg
Sebuah startup yang bermarkas di Silicon Valley, Knightscope Inc, sedang mengembangkan teknologi 'Mesin Otonomi Data' berupa robot yang ke depannya akan menggantikan peran petugas keamanan (satpam).

Robot yang mirip dengan robot R2 - D2 di film Starwars ini diklaim memiliki kinerja lebih baik dan komprehensif ketimbang satpam. Pasalnya, robot penjaga ini memiliki beberapa sensor inovatif. Salah satunya adalah kamera definisi tinggi (HD) yang bisa mengambil gambar secara luas hingga 360 derajat.

Mengutip laman Gizmag, Senin (9/12/2013), robot pintar ini juga dilengkapi mikrofon dengan sensitifitas tinggi, sensor jarak (distance sensor), sensor kualitas udara (air quality control), dan teknologi optical character recognition untuk memindai banyak hal, seperti bisa memindai plat nomor mobil yang dikendarai pelaku kejahatan.



Data yang didapat secara otomatis akan langsung tersimpan di data center yang terpusat di kantor kepolisian sekitar dan dapat dilihat secara real-time. Knightscope mengatakan, perusahaan bisa menganalisis data historis yang dikumpulkan dari waktu ke waktu untuk membantu pihak kepolisian guna memprediksi kejahatan.

"Kami merancang robot ini untuk menanggapi pernyataan Presiden terkait kasus penembakan yang terjadi di Sekolah Dasar Sandy Hook pada akhir tahun 2012, dengan tujuan utama memerangi kejahatan," kata Chairman dan CEO Knightscope William Santana Li.

Rencananya robot Knightscope akan tersedia dengan dua model yaitu Knightscope K5 dan K10. Model K5 ditujukan untuk area tertutup yang sempit, sedangkan K10 ditujukan untuk daerah terbuka yang luas.

Jika proyek ini berhasil, tidak menutup kemungkinan kalau profesi satpam yang bertugas untuk menjaga dan mengawasi keamanan akan digantikan dengan robot cerdas ini. (isk)   


Baca juga:
Google Diam-diam Kembangkan Kerajaan Robot
[VIDEO] Robot Ini Bisa Isi Baterai Ponsel Dengan Air Seni
Robot Enam Kaki Ini Akan Menyelamatkan Anda Dari Bencana
Di Jepang, Bercinta Dengan Robot Mulai Ngetren
[VIDEO] Robot Nyentrik Ini Bisa Menggambar



Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya