Gandeng Foxconn, Google Bakal Rilis Robot Pengganti Manusia

Robot yang akan dirilis Google sementara ini hanya ditujukan untuk sektor manufaktur dan logistik.

oleh Ervina Anggraini diperbarui 14 Feb 2014, 10:51 WIB
Diterbitkan 14 Feb 2014, 10:51 WIB
foxxon-140213b.jpg

Setelah Google mengakuisisi Boston Dynamics, Andy Rubin yang sebelumnya bertanggung jawab untuk platform Android beralih dan fokus untuk mengembangkan rencana kehadiran robot.

Mengutip laman Android Authority, Jumat (14/2/2014), laporan terbaru menyebut Rubin dan timnya saat ini tengah menggandeng Foxconn untuk membawa teknologi robot ke sektor manufaktur.

Hal ini terkait dengan pernyataan Rubin yang sempat menegaskan bahwa Google tidak bermaksud membuat robot untuk pasar konsumen, melainkan ditujukan pada sektor manufaktur dan logistik.

Kerjasama antara kedua perusahaan raksasa ini terdengar masuk akal. Mengingat nama besar Google di kancah perangkat pintar dapat mendorong Foxconn dalam otomatisasi produksi perangkat.

Perusahaan yang berbasis di China itu dikabarkan sangat tertarik menggunakan robot untuk menggantikan beberapa tugas yang dilakukan para pekerjanya. Hal ini dilakukan untuk memotong biaya dan mengurangi masalah yang berhubungan dengan kinerja karyawan.

Sumber terdekat Google kepada Wall Street Journal mengatakan bahwa perusahaan yang berbasis di Mountain View, California itu saat ini dalam proses membangun sebuah sistem operasi robotika bagi produsen.

Seperti diketahui hingga kini Foxconn dipercaya untuk memproduksi iPhone dan iPad untuk dipasarkan ke beberapa negara di dunia. Selain Apple, BlackBerry juga secara resmi mengumumkan rencana kehadiran perangkat terbaru yang akan diproduksi oleh Foxconn.



Baca juga:
Google Diam-diam Kembangkan Kerajaan Robot
Beli Perusahaan Robot, Google Bakal Suplai Teknologi Militer?
2014, BlackBerry Akan Diproduksi di Indonesia
Foxconn Beberkan Rencana Tentang BlackBerry Jakarta

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya