Berburu Masakan Berbuka dan Sahur di Pasar Kekaisaran Ottoman

Makanan Turki banyak dipengaruhi oleh kekhasan Asia yang kaya rempah.

oleh Liputan6 diperbarui 25 Jun 2015, 13:24 WIB
Diterbitkan 25 Jun 2015, 13:24 WIB
(Lip6 Siang) Turki
(Liputan 6 TV)

Liputan6.com, Turki - Meski sebagian negaranya berada di Benua Eropa, makanan Turki banyak dipengaruhi oleh kekhasan Asia yang kaya rempah. Salah satunya dapat ditemui di egyptian bazaar atau pasar Mesir yang berada di Distrik Fatih, Kota Istanbul.

Pasar yang sudah berusia 351 tahun dan berdiri di masa kekaisaran Ottoman ini, seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (25/6/2015), ramai didatangi warga lokal yang berburu bumbu masakan berbuka dan sahur khas Turki dan wisatawan yang berburu oleh-oleh.

Makanan khas Turki yang diolah dengan bumbu pedas seperti kebab dan kufte alias baso dijual di pasar ini.

"Selain bumbu bawang putih untuk baso, kami gunakan rempah bercita rasa lemon yang pas dicampur dengan daging baso," kata Sertac pedagang rempah Pasar Mesir, Istanbul, Turki.

Kebab terfavorit di pasar ini adalah kebab baharati atau panggang yang bumbunya campuran dari oregano, paprika, bawang putih, dan bubuk cabai. Daging direndam bumbu ini agar meresap, begitu pula bumbu untuk kufte atau baso.

Jadi tertarikkah Anda mengolah menu puasa dengan bumbu pedas khas Turki? (Mar/Sss)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya