Pasar Tumpah Bikin Arus Mudik Jalur Selatan Jawa Barat Macet

Antrean kendaraan terlihat mengular dan tak bisa bergerak akibat aktivitas pasar tumpah.

oleh Liputan6 diperbarui 16 Jul 2015, 12:51 WIB
Diterbitkan 16 Jul 2015, 12:51 WIB
20150716-JalurSelatan-Jabar
Antrian kendaraan terlihat mengular dan tak bisa bergerak akibat aktivitas pasar tumpah.

Liputan6.com, Garut - Satu hari jelang Lebaran, kepadatan arus kendaraan pemudik yang melintas di jalur selatan Jawa Barat masih saja terjadi. Bahkan di sejumlah titik, antrean kendaraan terlihat mengular dan tak bisa bergerak akibat aktivitas pasar tumpah.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (16/7/2015), kondisi arus kendaraan yang melintas di Jalan Raya Limbangan menuju arah Tasikmalaya dan Jawa Tengah tersendat. Antrean kendaraan pun juga terlihat mengular di kawasan Jalan Raya Lewo, Malangbong, Garut.

Selain karena pasar tumpah, simpul kemacetan lain yang terdapat di jalur ini juga disebabkan adanya pertemuan arus kendaraan di persimpangan arah menuju Wado Sumedang, Garut, dan Tasikmalaya.

Para pemudik pun diimbau untuk berhati-hati saat melintas tanjakan berat di Ruas Jalan Malangbong sebelum perbatasan Kabupaten Tasikmalaya.

Ada pun arus lalu lintas di jalur mudik wilayah tengah Sumedang saat masih mengalami kepadatan kendaraan. Kemacetan arus lalu lintas ini mencapai lebih dari 4 km.

Untuk mengurai kemacetan di jalur selatan, polisi menarik arus kendaraan mengarah ke jalur tengah Sumedang dengan melintasi wilayah Jatinangor, Tanjungsari, Pamulihan hingga Majalengka.

Polisi juga menerapkan sistem satu arah atau one way di titik-titik kemacetan. (Nda/Sss)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya