Dalam Sekejap Rekening Atlet Peraih Medali di Asian Games Menjadi Gemuk

Rekening atlet-atlet yang bertanding di Asian Games 2018 langsung gemuk ketika pemerintah sudah mencairkan bonusnya.

oleh Gilar Ramdhani pada 03 Sep 2018, 16:27 WIB
Diperbarui 05 Sep 2018, 16:13 WIB
Ekspresi Ceria Para Atlet Indonesia Terima Bonus Asian Games 2018
Dapat bonus, para atlet Indonesia tersenyum bahagia (instagam/nahrawi_imam)

 

Liputan6.com, Jakarta Keberhasilan atlet-atlet tanah air mengharumkan nama bangsa di ajang Asian Games 2018 langsung diapresiasi pemerintah Indonesia dengan mencairkan bonus lebih cepat.

Bertempat di Istana Negara, Minggu (2/9), sebanyak 199 atlet telah menerima bonus dari Presiden Jokowi. Bonus tersebut diberikan langsung dalam bentuk buku tabungan dan ATM. Sontak saja, rekening atlet yang menerima langsung terlihat gemuk karena nominal yang tertera di buku tabungan. Menpora Imam Nahrawi mengatakan, pemberian ini adalah yang tercepat dalam sejarah.

Seperti diketahui sebelumnya, bonus bagi peraih medali emas adalah sebesar Rp 1,5 miliar secara penuh tanpa dipotong pajak. Ada pun untuk pasangan atau ganda, mendapatkan Rp 1 miliar per orang dan Rp 750 juta per orang untuk beregu.

Bagi peraih medali perak untuk tunggal mendapatkan Rp 500 juta, ganda Rp400 juta, dan beregu Rp 300 juta per orang sedangkan perebut medali perunggu, dihadiahi Rp 250 juta, ganda Rp 200 juta dan beregu Rp 150 juta per atlet.

Untuk pelatih yang anak didiknya meraih medali emas mendapatkan Rp 450 juta, perak Rp 150, perunggu Rp 75 juta. Asisten pelatih perorangan atau ganda mendapatkan Rp 300 juta untuk emas, Rp 100 juta untuk perak, dan Rp 50 juta untuk perunggu.

 

 

Banner Banjir Bonus Atlet Asian Games 2018
Banner Banjir Bonus Atlet Asian Games 2018. (Liputan6.com/Abdillah)

Yang menarik, di tahun ini pemerintah juga memberikan bonus kepada para atlet yang gagal mendapatkan medali di Asian Games 2018. Hal ini menjadi bukti bahwa pemerintah sangat mengapresiasi setiap tetesan keringat serta kerja keras mereka yang berjuang hingga akhir pertandingan.

Namun demikian, besaran bonus yang diterima berbeda dengan mereka yang telah berhasil menyumbang medali.

Kontingan Indonesia berhasil menyumbangkan 31 medali emas, 24 medali perak dan 43 medali perunggu dari berbagai cabang olahraga dalam Asian Games yang digelar di Jakarta dan Palembang.

Pemberian bonus dari pemerintah yang terbilang sangat cepat itu bahkan mendapat pujian dari peraih medali emas pertama Indonesia dari cabang taekwondo, Defia Rosmaniar.

"Ini cepat banget, belum penutupan langsung dapat. Biasanya sebulan setelahnya baru dapat. Kepedulian pemerintah untuk atlet Indonesia," kata Defia.

Ia berencana membuka tempat latihan taekwondo dari bonus tersebut. "Untuk beramal, membuat tabungan haji untuk orangtua, mau bikin tempat latihan juga, mau investasi, untuk masa depan aku," kata Defia.

Atlet peraih perunggu dari cabang "skateboard" sekaligus atlet termuda peraih medali, Imas Bunga Cita, yang mendapatkan bonus Rp 250 juta mengatakan, bonus itu akan ditabung.

Uangnya buat ditabung, buat sedekah dulu baru buat yang lain, maunya beli mobil," kata Bunga, di Istana Negara, Minggu (2/9/2018) seperti dilansir Antara.

Ayo dukung terus atlet-atlet Indonesia dengan meramaikan tagar #KemenanganItuDekat dan #CeritaKemenangan yang digagas oleh Grab, Official Mobile Platform Partner Asian Games 2018. Melalui program kampanye #CeritaKemenangan dan #KemenanganItuDekat, Grab mengajak rakyat Indonesia untuk memberikan dukungan kepada putra-putri bangsa yang tengah berlaga di ajang terbesar Asia.

Grab melibatkan tujuh legenda olahraga nasional, Tati Sumirah (bulutangkis), Ellyas Pical (tinju), Nico Thomas (tinju), Pascal Wimar (voli), Abdul Rojak (taekwondo), Sutiono (balap sepeda), dan Alex Pulalo ( sepak bola) dalam kegiatan torch relay. Sukses mereka di masa lalu diyakini akan jadi sumber inspirasi bagi atlet-atlet kita. Kesuksesan yang diraih para atlet yang berlaga di Asian Games menjadi sebuah kebanggaan bagi Grab dan juga rakyat Indonesia.

 

(Adv)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya