Studi: Pasutri Cuma Bicara Soal Uang Jika Ada Masalah

Banyak pasangan suami istri yang hanya membahas topik uang saat timbul masalah keuangan di tengah keluarganya.

oleh Siska Amelie F Deil diperbarui 01 Apr 2014, 20:48 WIB
Diterbitkan 01 Apr 2014, 20:48 WIB
Uang pasutri
Pasangan suami istri

Liputan6.com, London Bukan rahasia lagi, uang hingga saat ini masih merupakan topik yang tabu dibicarakan dengan pasangan. Bahkan banyak pasangan suami istri yang hanya membahas topik tersebut saat timbul masalah keuangan di tengah keluarganya.

Seperti dikutip dari The Telegraph, Selasa (1/4/2014), hasil penelitian dari Standard Life menunjukkan satu dari 10 orang tidak pernah sama sekali membicarakan soal uang pada siapapun termasuk pada pasangan dan keluarganya.

"Berbicara soal uang kadang terasa sangat pribadi dan janggal, bahkan pasangan kekasih atau suami istri masih sering mengalami kesulitan saat membahas masalah finansial," ungkap pakar keuangan keluarga di Standard Life, Julie Hutchison.

Dia menjelaskan, banyak pasangan yang hanya membahas keuangan untuk keperluan sehari-hari tanpa memikirkan kepentingan lainnya.

"Ada tren di mana masyarakat lebih fokus pada kebutuhan uang sehari-hari dibandingkan mendiskusikannya secara rinci tentang rencana penggunaan uang di masa depan," tutur Hutchison.

Salah seorang partisipan, Lynne Popley mengaku tak pernah membicarakan masalah keuangan dengan pasangannya. Menurutnya jumlah gaji, utang, dan tanggungan masing-masing merupakan masalah pribadi yang tak perlu dibahas dengan pasangan.

Hutchinson menyarankan, pasangan suami istri harus bersama-sama membicarakan apapun yang berkaitan dengan keuangan rumah tangga. Pembicaraan tersebut harus juga termasuk pengelolaan pendapatan bersama.

"Bahkan lebih penting dari itu, saat Anda memutuskan untuk menikah dan tinggal bersama, pastikan pasangan Anda memiliki utang atau tidak. Banyak pasangan yang hidup bersama tanpa membahas rencana keuangan di masa depan," ujarnya.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya