Daftar 10 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia (I)

Majalah Forbes merilis 100 daftar wanita paling berpengaruh di dunia. Siapa saja yang masuk daftar 10 orang paling berpengaruh dunia?

oleh Nurseffi Dwi Wahyuni diperbarui 29 Mei 2014, 20:36 WIB
Diterbitkan 29 Mei 2014, 20:36 WIB
Powerful Women 1 (Liputan6.com/M.Iqbal)

Liputan6.com, New York - Majalah ekonomi Forbes baru saja merilis 100 daftar wanita paling berpengaruh di dunia atau The World's Most Powerful Women 2014. Tak hanya dari kalangan pejabat, daftar ini juga diisi oleh para politisi, CEO, aktivis, miliarder, bahkan selebriti.

Masuk dalam daftar 100 wanita paling berpengaruh di dunia ini, 9 kepala negara wanita yang memimpin negara dengan total pendapatan domestik bruto (PDB) sebesar US$ 11,1 triliun dengan 641 juta penduduk.

Salah satunya Kanselir Jerman, Angela Merkel  yang menjadi wanita paling berpengaruh nomor 1 di dunia versi Forbes. Merkel tercatat sudah sembilan kali berada di posisi nomor wahid.

Sekitar 28 CEO perusahaan juga masuk dalam daftar ini. Jika dikalkulasikan, para wanita cantik ini mengontrol pendapatan tahunan total US$ 1,7 triliun, di mana 18 dari wanita tersebut sukses membangun perusahaannya sendiri.

100 wanita paling berpengaruh di dunia  tentu saja menjadi idola di media sosial dengan total  follower atau fans lebih dari 812 juta orang. Nama mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani juga kembali masuk dalam daftar ini.

Meski belum masuk 10 besar, peringkat wanita yang kini menjabat sebagai sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia itu juga naik menjadi 38, dari tahun lalu di posisi 55. Wanita kelahiran Lampung, 26 Agustus 1962 itu merupakan satu-satunya wanita Indonesia yang masuk dalam daftar prestisius tersebut.


Lengkapnya, berikut 5 dari 10 wanita paling berpengaruh di dunia versi majalah Forbes,Kamis (29/5/2014):

 


Angela Merkel


1. Angela Merkel

Usia 59, Kanselir Jerman

Angela Merkel adalah kanselir perempuan pertama Jerman.  Pada 18 Desember 2013, ia terpilih kembali sebagai Kanselir  untuk masa jabatan ketiga, dan menjadi kanselir Jerman satu-satunya yang meraih masa jabatan ketiga.

 


Janet Yellen

2. Janet Yellen

Usia 67 tahun, Gubernur Bank Sentral AS

Yellen adalah wanita pertama yang memimpin Bank Sentral yang paling berpengaruh di dunia. Yellen berperan besar dalam pengaturan strategi keuangan dan  menekan tingkat pengangguran di AS.

Dia juga pernah mengajar di Harvard University, London School of Economics  dan University of California, Berkeley

 


Melinda Gates

3. Melinda Gates

Usia 49 tahun, Dermawan, AS

Melinda bersama suaminya Bill Gates mendirikan yayasan khusus untuk kegiatan amal bernama  'Bill and Melinda Gates Foundation' pada tahun 1998. Sekitar  US$ 3,4 miliar telah dikucurkan sepanjang 2012.

Kini, lembaga amal tersebut menjadi yayasan amal swasta terbesar di dunia dan telah menyalurkan dana hibah hingga US$  26 miliar. 'Bill and Melinda Gates Foundation' fokus pada bidang  pendidikan, energi, pembangunan, kesehatan, pengentasan  kemiskinan, dan kegiatan kemanusiaan lainnya.

 


Dilma Rousseff


4. Dilma Rousseff


Usia 66 Tahun, Presiden Brasil

Rousseff dikenal sebagai salah satu kepala negara yang paling kuat di  dunia. Dia mempin negara dengan ekonomi terbesar ketujuh dunia dengan PDB hampir US$ 2,4 triliun. Jadi wajar jika, namanya berada di posisi ke-4 wanita paling berpengaruh di dunia.

 


Christine Lagarde


5. Christine Lagarde

Usia 58 tahun, Managing Director International Monetary Fund (IMF), Prancis

Lagarde adalah wanita pertama yang memimpin lembaga keuangan beranggotakan 188 negara. Dalam tiga tahun pertamanya, Lagarde banyak menghabiskan waktu untuk mengatasi krisis di sejumlah negara. Yang terbaru terkait dengan memanasnya konflik Ukraina, Lagarde merestui kucuran pinjaman US$ 17 miliar untuk negara itu.

 

Mau tahu lima wanita paling berpengaruh di dunia lainnya? Simak ulasannya di artikel berikutnya. (Ndw)

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya