Risma Dukung Harga BBM Naik Agar Ekonomi Tak Kolaps

Walikota Surabaya Tri Rismaharini mendukung penuh rencana pemerintah Joko Widodo-Jusuf Kalla menaikkan harga BBM subsidi.

oleh Fiki Ariyanti diperbarui 20 Okt 2014, 12:29 WIB
Diterbitkan 20 Okt 2014, 12:29 WIB
Walkot Risma Calon Menteri - Liputan6 pagi
(Liputan6 TV)

Liputan6.com, Jakarta - Walikota Surabaya Tri Rismaharini mendukung penuh rencana pemerintah Joko Widodo-Jusuf Kalla menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi. Penghematan dari kebijakan tersebut dialihkan ke tiga sektor utama.

"Saya sudah menyampaikan mengenai kenaikan harga BBM subsidi ke Wakil Presiden akan mendukung rencana tersebut. Itu pilihan, karena kalau tidak, keseimbangan ekonomi kita bisa collapse," tegas dia saat acara Pelantikan Jokowi-JK di Gedung MPR/DPR Jakarta, Senin (20/10/2014).

Risma menambahkan, anggaran penghematan tersebut harus dikembalikan kepada sektor penting, seperti sektor kesehatan, pendidikan dan kemiskinan.

Dia mengaku bahwa dengan kenaikan harga BBM subsidi akan mengerek harga-harga kebutuhan pokok. Namun pemerintah mesti melakukan berbagai cara untuk menekan harga dan meredam dampaknya terhadap inflasi.

"Di Surabaya, harga BBM naik, harga pangan ikut naik. Tapi kami bikin operasi pasar bayangan dan harga terbukti turun. Saat tahun ajaran baru, harga buku dan peralatan sekolah naik sehingga kami bikin bazar akhirnya harga turun. Jadi inflasi di SBY rendah, bahkan terendah di kota lainnya," kata Risma. (Fik/Ndw)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya