Sertijab Menteri Perdagangan Digelar Rabu Sore Ini

Sertijab berlangsung di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta.

oleh Septian Deny diperbarui 12 Agu 2015, 14:52 WIB
Diterbitkan 12 Agu 2015, 14:52 WIB
Thomas Trikasih Lembong
Thomas Trikasih Lembong (Foto: setkab.go.id).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melantik menteri-menteri baru dalam kabinetnya. Salah satu yang dilantik yaitu Thomas Trikasih Lembong yang menggantikan Rachmat Gobel sebagai Menteri Perdagangan.

Menurut keterangan salah satu staf di lingkungan Kementerian Perdagangan (Kemendag), acara serah terima jabatan (sertijab) akan dilaksanakan pada Rabu ini, pukul 18.30 WIB di kantor Kemendag, Jalan MI Ridwan Rais Nomor 5, Jakarta Pusat.

"Sertijab hari ini, tapi waktu masih belum dipastikan. Sedang disiapkan oleh protokoler," ujar salah satu staf di Kantor Kemendag, Jakarta.

Nama Tom Lembong, panggilan akrab Thomas Trikasih Lembong, sebelumnya pernah muncul di bursa menteri saat Presiden Joko Widodo baru terpilih dan akan membentuk kabinet baru pada September 2014.

Kala itu namanya muncul untuk menduduki posisi Menteri Keuangan dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Nama Tom mulai dikenal saat divestasi saham PT Bank Central Asia (BCA). Saat itu, dia menjabat sebagai Kepala Divisi Asset Management Investment di Badan Penyelamatan Perbankan Nasional (BPPN).

Tom merupakan lulusan Harvard University pada 1994 program studi Architecture and Urban Design dengan gelar Bachelor of Arts.

Saat ini dirinya menjabat sebagai CEO dan Managing Partner dari perusahaan ekuitas swasta terkemuka yang berfokus di Indonesia, yaitu Quvat Capital.

Perusahaan investasi tersebut mengelola dana lebih dari US$ 500 juta. Lebih dari 11 perusahaan berada di bawah manajemen Quvat. Perusahaan-perusahaan tersebut bergerak di sektor kelautan, logistik, konsumsi dan juga keuangan.

Tom dinilai sebagai pribadi yang penuh pengalaman. Dia pernah bekerja di sejumlah perusahaan internasional seperti Morgan Stenley dari 1995 hingga 1996, Deutsche Bank, menjabat sebagai President Commissioner PT Graha Layar Prima (Blitzmegaplex) dan Farindo Investments.

Tom juga pernah menyabet gelar Young Global Leader (YGL) pada ajang World Economic Forum pada 2008 di Davos, Swiss.(Dny/Nrm)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya