Ada Virus Corona, Warga China Bisa Tinggal Lebih Lama di Indonesia

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah mempersilakan tenaga kerja asing asal China di Indonesia tinggal di sini selama virus corona belum teratasi.

oleh Liputan6.com diperbarui 04 Feb 2020, 10:40 WIB
Diterbitkan 04 Feb 2020, 10:40 WIB
BBPLK Bekasi Kebanjiran, Menaker Ida Bantu Evakuasi 20 Peserta Pemagangan Jepang
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah membantu proses evakuasi 20 siswa peserta pemagangan ke Jepang yang berada di asrama siswa.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah mempersilakan tenaga kerja asing asal China di Indonesia tinggal di sini selama virus corona belum teratasi. Pemerintah juga tak melarang bila ada TKA yang ingin kembali ke negara asalnya saat ini.

"TKA (China) masih tetap kerja di sini enggak apa-apa," kata Ida di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Jakarta Pusat, Senin (3/2/2020).

Jika visa mereka habis, nanti akan dikoordinasikan dengan Kementerian Hukum dan HAM untuk dilakukan perpanjangan. Sehingga bisa ada waktu untuk perpanjangan.

"Ada perpanjangan waktu untuk re-entry lagi," kata Ida.

Saat ini jumlah TKA China yang ada di Indonesia kata Ida, berkisar di angka 40 ribuan. Mayoritas mereka bekerja di Sulawesi Tengah, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Maluku dan Maluku Utara.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Tetap Bekerja Seperti Biasa

Tingkatkan Kualitas SDM, Presiden Jokowi Resmikan 1.113 Balai Latihan Kerja Komunitas
Menaker Ida Fauziyah.

Rencananya besok, dia akan mengundang Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok (RRT) untuk berkoordinasi. Dia ingin TKA China yang ada di Indonesia tetap bekerja seperti biasa tanpa perlu ada kekhawatiran.

"Agar TKA China di sini tetap tenang bekerja," kata Ida.

Sementara itu terkait TKA China yang sedang berlibur di negara asalnya, tetap diperbolehkan kembali ke Indonesia. Namun dengan catatan, mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

"Akan di-treatment sama dengan yang lain sesuai dengan standar Kementerian Kesehatan," kata Ida mengakhiri.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya