5 Tips buat Para Single yang Ingin Cepat-Cepat Punya Rumah Sendiri

Semakin cepat membeli rumah, maka semakin murah juga harga yang harus dibayarkan.

oleh Athika Rahma diperbarui 27 Jun 2020, 06:00 WIB
Diterbitkan 27 Jun 2020, 06:00 WIB
Kredit Rumah. Dok Unsplash
Kredit Rumah. Dok Unsplash

Liputan6.com, Jakarta Memiliki penghasilan tetap bulanan, tentu bisa membuat lebih leluasa dalam mengelola keuangan. Selain untuk memenuhi kebutuhan rutin setiap bulannya, tidak ada salahnya untuk mulai memikirkan punya rumah sendiri.

Bahkan tidak perlu menunggu harus menikah dulu, apalagi jika ternyata penghasilan sudah cukup memadai untuk kebutuhan yang satu ini.

Selain membuat lebih mandiri dan mapan di masa yang akan datang, rumah ini juga bisa menjadi alasan Anda untuk mengalokasikan uang dengan lebih bermanfaat.

Harga yang rumah yang tinggi tentu akan membuat berpikir panjang untuk membelinya. Namun ini tidak bisa dijadikan sebagai alasan, sebab ke depannya harga rumah ini bahkan akan selalu meningkat.

Semakin cepat membeli rumah, maka semakin murah juga harga yang harus dibayarkan. Namun di luar semua itu, pastikan Anda memang benar-benar siap untuk pembelian ini, mengingat harganya yang tinggi tentu akan sangat mempengaruhi kondisi keuangan.

Ini berlaku untuk semua jenis pembelian, baik itu pembelian tunai maupun pembelian melalui fasilitas kredit dari pihak bank.

Simak beberapa tips dari Cermati.com berikut, agar Anda bisa segera lakukan untuk mempersiapkan pembelian rumahmu:

1. Disiplin dalam Mengelola Keuangan

Berapapun harganya, pembelian rumah tentu akan sangat mempengaruhi kondisi keuangan. Penting untuk memilih rumah yang tepat dan sesuai dengan kemampuan keuangan, agar pembelian ini tidak sampai membuatmu mengalami masalah keuangan di masa yang akan datang.

Jika Anda menginginkan rumah yang cukup besar, maka perlu menghasilkan dan mengalokasikan lebih banyak uang untuk kebutuhan ini. Tentukan target pembelian yang paling tepat, agar lebih mudah untuk mencapainya di masa yang akan datang.

Selain itu, pastikan juga selalu disiplin dan konsisten dengan target ini. Kelola keuangan dengan cara yang ketat, apalagi jika penghasilan kamu pas-pasan. Cara ini akan mempemudah kamu memiliki rumah impian dalam waktu yang lebih cepat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video di bawah ini:


2. Pilih Tunai atau KPR

Indonesia Properti Expo 2019
Maket perumahan yang ditawarkan pada sebuah pameran.. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Harga rumah yang tinggi memang menjadi salah satu pertimbangan utama dalam membeli. Namun jika ingin melakukan pembelian tunai, maka pilih rumah dengan harga yang cukup terjangkau.

Anda bisa menabung selama beberapa tahun ke depan untuk membeli rumah ini secara tunai. Namun, pilihan yang satu ini akan terasa sangat berat, terutama jika tidak memiliki gaji yang cukup tinggi.

Cara ini juga akan membuat lebih lama untuk bisa memiliki rumah tersebut, karena harus mengumpulkan banyak uang terlebih dahulu. Namun jika menginginkan cara yang lebih mudah, maka mengajukan KPR ke bank merupakan langkah yang bijak.

Anda hanya perlu menyiapkan sejumlah uang muka, lalu mencicil sisa hutang pembelian ini setiap bulannya. Pembelian dengan KPR ini jelas akan lebih mahal, sebab akan membayarkan sejumlah bunga.

Namun di lain sisi, sistem ini memungkinkan kamu memiliki rumah dengan lebih cepat, bahkan dengan dana awal yang jauh lebih ringan.

Butuh komitmen yang kuat untuk selalu disiplin dalam mengalokasikan dana pembelian rumah, sebab ini dana yang terbilang cukup besar.

 3. Buat Rekening Khusus

Jangan lupa membuat rekening tabungan khusus untuk kebutuhan yang satu ini. Pisahkan dananya secara rutin di dalam rekening tersebut, agar tidak tercampur dengan dana lainnya di dalam keuangan.

Hal ini juga akan mencegah Anda menggunakan dana pembelian rumah ini untuk berbagai kebutuhan yang lain.

 


4. Jadikan sebagai Investasi

BTN Salurkan Lebih dari 735 Ribu Rumah Bersubsidi
Rumah. (merdeka.com/Arie Basuki)

Saat masing single, tinggal sendiri di rumah mungkin kurang menyenangkan. Namun jangan khawatir, meski Anda membeli rumah, juga tidak harus menempatinya.

Anda bisa menjadikan rumah ini sebagai aset yang menghasilkan. Jika sudah membelinya, bisa disewakan kepada orang lain.

Hal ini akan memungkinkan Anda mendapatkan sejumlah uang, bahkan meski rumah tersebut masih dalam proses pencicilan sekalipun.

Harga rumah yang terus meningkat, akan membuat Anda juga memiliki potensi keuntungan dari aset yang satu ini.

5. Terapkan Pola Hidup Hemat

Agar impian memiliki rumah sendiri bisa terwujud dengan cepat, maka biasakan untuk menerapkan pola hidup yang hemat. Hal ini bisa Anda lakukan dengan banyak cara, seperti: memangkas berbagai biaya yang bersifat konsumtif di dalam keuangan, mengurangi pembelian baju dan item fashion lainnya.

Selain itu, kurangi juga berbagai aktifitas yang dapat menimbulkan pengeluaran yang besar, seperti makan di restoran mahal atau bahkan terlalu sering nongkrong di kafe.

Pilih dan Beli Rumah Impian Secepatnya

Memiliki rumah sendiri bukanlah hal yang mustahil di lakukan, bahkan meski kamu masih single. Pilih rumah impian yang sesuai dengan kondisi keuangan, agar lebih mudah untuk membelinya.

Kelola keuangan dengan ketat dan siapkan dana pembelian rumah ini dengan baik, sehingga target untuk punya rumah pribadi bisa segera terwujud.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya