Ingin Berpendapat Tanpa Menyinggung Perasaan Rekan Kerja, Intip Triknya

Ingin pendapat Anda didengar rekan kerja tanpa menyinggung perasaan mereka, simak kiat ini

oleh Liputan6.com diperbarui 08 Okt 2020, 07:00 WIB
Diterbitkan 08 Okt 2020, 07:00 WIB
[Fimela] bekerja
ilustrasi bekerja di kantor | unsplash.com/@brookecagle

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang tentunya memiliki kesempatan dan hak yang sama untuk menyuarakan pendapat yang dimiliki. Ini menjadi penting untuk diri sendiri karena dapat berdampak langsung pada karir baik secara positif maupun negatif.

Memiliki kepercayaan diri dan kemampuan untuk berbicara di tempat kerja merupakan situasi yang cukup kritis, karena banyak alasan dan harus menyuarakan dengan jelas dan tidak berpihak kepada orang lain sehingga tidak akan menyakiti perasaan rekan kerja yang lain.

Tentunya jika Anda melakukannya dengan benar, maka dapat meningkatkan kebahagiaan karier dan tempat kerja. Namun jika sebaliknya maka tidak hanya berdampak pada karir tetapi juga pada orang sekitar Anda.

Mengutip dari Timesofindia, Kamis (8/10/2020) berikut beberapa cara yang bisa Anda ikuti untuk dapat menyuarakan pendapat di tempat kerja tanpa menyinggung perasaan rekan kerja yang lain:

1. Menyuarakan dengan sangat jelas

Menjadi kunci utama untuk berbicara tanpa terdengar menyinggung perasaan rekan kerja yang lain. Anda perlu membuat pendapat yang diketahui atau meminta apa yang diinginkan dengan cara yang sangat jelas tanpa merendahkan orang lain. pertahankan suara senormal mungkin dan jangan bermain dengan nada tinggi ataupun rendah.

 

 

Saksikan video di bawah ini:


Tips selanjutnya

Kemampuan Bekerjasama
Ilustrasi Bekerja di Kantor Credit: pexels.com/Christina

2.  Tetap tenang dan terkumpul

Ketika menyatakan pendapat sering kali percakapan menjadi sedikit memanas. Perlu diketahui bahwa perbedaan pendapat itu sangatlah wajar di tempat kerja. Tetapi Anda harus fokus untuk menjadi sangat tenang dan terkumpul dalam setiap situasi.

Jika menurut Anda perilaku rekan kerja lain menghalangi Anda, lanjutkan diskusi ketika sudah sedikit lebih tenang dari pada sebelumnya.

3. Persiapkan diri

Setiap orang cenderung merasa lebih percaya diri saat mereka siap, sehingga berfungsi seperti pesona setiap kali ingin membuat percakapan serius di tempat kerja. Persiapkan dengan matang apapun yang ingin Anda bicarakan.

4. Gunakan bahasa tubuh untuk keuntungan Anda

Jaga postur Anda tetap lurus dan gunakan basa tubuh yang terbuka. Tatap matanya dan jangan mengencangkan rahang atau mengencnagkan otot wajah. Tersenyumlah dari waktu ke waktu sehingga dapat membantu Anda terdengar lebih baik.

5. Bersikaplah nyaman untuk mengatakan “tidak”

Memiliki kemampuan dan keberanian untuk mengatakn tidak akan membantu Anda berbicara di tempat kerja tanpa bermaksud menyinggung perasaan rekan kerja yang lain. ada kalanya atasan Anda membebani dengan lebih banyak pekerjaan. Jika Anda secara konsisten mendapatkan pekerjaan yang tidak adil, maka Anda dengan nyaman dan benar untuk mengatakan tidak.

 

Reporter: Tasya Stevany

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya