Harga Emas Jatuh karena Aksi Ambil Untung

Harga emas di pasar spot turun 0,3 persen ke level USD 1.834,92 per ounce.

oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana diperbarui 05 Des 2020, 07:37 WIB
Diterbitkan 05 Des 2020, 07:37 WIB
20151109-Ilustrasi-Logam-Mulia
Harga emas di pasar spot turun 0,3 persen ke level USD 1.834,92 per ounce. (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas jatuh pada penutupan perdagangan Jumat (Sabtu pagi waktu Jakarta), karena investor menjalankan aksi ambil untung. Harga emas diperkirakan masih akan terus naik karena diperkirakan akan keluarnya stimulus baru AS.

Mengutip CNBC, Sabtu (5/12/2020), harga emas di pasar spot turun 0,3 persen ke level USD 1.834,92 per ounce. Namun secara mingguan, harga emas naik sekitar 2,6 persen. Sedangkan harga emas berjangka AS turun 0,1 persen ke level USD USD 1,840 per ounce.

“Setelah lonjakan yang luar biasa selama empat hari, harga emas mengalami tekanan karena aksi ambil untung dan masuk ke level teknis utama di USD 1.850 per ounce," jelas Kepala Perdagangan Derivatif BMO, Tai Wong.

Data pada hari Jumat menunjukkan bahwa penambahan tenaga kerja di AS pada November di bawah ekspektasi analis dan berada di level paling kecil dalam enam bulan. Hal ini memperkuat ekspektasi akan lebih banyak stimulus fiskal yang mengangkat indeks S&P 500 ke rekor puncak.

RUU bantuan virus Corona senilai USD 908 miliar tengah diajukan ke Kongres AS pada Kamis. Logam mulia dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi yang kemungkinan besar disebabkan oleh stimulus yang belum pernah terjadi sebelumnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:


Perdagangan Sebelumnya

20151109-Ilustrasi-Logam-Mulia
Ilustrasi Logam Mulia (iStockphoto)

Sebelumnya, harga emas menguat pada hari Kamis karena dolar jatuh dan investor berpegang teguh pada harapan akhirnya akan terobosan dalam negosiasi atas paket bantuan virus corona AS yang baru.

Dikutip dari CNBC, Jumat (4/12/2020), harga emas di pasar spot naik 0,4 persen menjadi USD 1,838.83 per ounce. Ini sebelumnya mencapai tertinggi sejak 23 November di USD 1,843,80, tetapi menyerah setelah angka klaim pengangguran AS yang lebih rendah dari perkiraan. Emas berjangka AS ditutup naik 0,6 persen menjadi USD 1,841,10.

Anggota parlemen AS tidak dapat menyetujui paket bantuan baru, tetapi ada tanda-tanda proposal bipartisan senilai USD 908 miliar mendapatkan dukungan sebagai alat negosiasi. Joe Biden yang berkuasa di Washington dapat menyebabkan lebih banyak stimulus, kata Daniel Pavilonis, ahli strategi pasar senior di RJO Futures.

Tapi pada akhirnya, pasar emas mengharapkan lebih banyak stimulus daripada yang saat ini dinegosiasikan, tambahnya, membatasi kenaikan emas.

Ekspektasi kesepakatan stimulus dan optimisme lanjutan atas vaksin COVID-19 membuat indeks dolar mendekati level terendah lebih dari dua tahun, meningkatkan daya tarik emas di antara investor yang memegang mata uang lain.

"Pembicaraan stimulus dan pelemahan dolar lebih lanjut memberikan lebih banyak dukungan untuk harga emas," kata analis StoneX, Rhona O'Connell dalam sebuah catatan.

Emas, yang dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan penurunan nilai mata uang, telah meningkat sekitar 21 persen tahun ini, diuntungkan dari suku bunga yang mendekati nol dan risiko inflasi yang lebih tinggi yang kemungkinan besar diakibatkan oleh stimulus besar-besaran secara global untuk meredakan pukulan ekonomi dari pandemi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya