Gapai Kesuksesan Bisnis Bersama Link UMKM dari BRI

Bisnis mikro maupun kecil memiliki kesempatan untuk berkembang semakin besar atau naik kelas bila dikelola dengan tepat.

oleh Gilar Ramdhani diperbarui 12 Jul 2021, 14:00 WIB
Diterbitkan 12 Jul 2021, 14:00 WIB
Gapai Kesuksesan Bisnis Bersama Link UMKM dari BRI
BRIncubator. Foto: BRI

Liputan6.com, Jakarta Bisnis mikro maupun kecil memiliki kesempatan untuk berkembang semakin besar atau naik kelas bila dikelola dengan tepat. Seperti sebuah perusahaan besar, setiap UMKM perlu memiliki manajemen usaha yang baik, meningkatkan kualitas produk/jasa, modal dan wawasan bisnis hingga jaringan. Hal tersebut bisa diperoleh pelaku UMKM bila bergabung dengan Link UMKM.

Link UMKM adalah platform online yang diluncurkan oleh BRI, dapat diakses via website dan aplikasi pada smartphone. Platform Link UMKM ini hadir dengan tujuan agar dapat membawa UMKM Indonesia naik kelas melalui rangkaian program pemberdayaan terpadu. 

Direktur Utama BRI, Sunarso mengungkapkan, platform ini hadir untuk menjawab kebutuhan pelaku UMKM ketika ingin mengakses, misalnya, informasi tentang pasar, atau meningkatkan kemampuan administrasi dan manajemen usahanya.

"Melalui Link UMKM, setiap pelaku usaha berkesempatan untuk bisa mendapat pelatihan yang berkualitas,” ujar Sunarso.

Link UMKM memiliki 6 fitur utama yakni Rumah BUMN, UMKM Media, UMKM Smart, Komunitas, Etalase Digital, serta Dashboard. Masing-masing fitur menyediakan berbagai fasilitas dan produk yang dapat digunakan pelaku UMKM agar bisa membantu pelaku bisnis untuk menggapai kesuksesan.

Rumah BUMN

Dalam fitur Rumah BUMN, terdapat tiga informasi yang disajikan bagi pelaku UMKM yang sudah mendaftar sebagai anggota. Pertama adalah Lokasi Rumah BUMN di seluruh Indonesia. UMKM dapat mendapatkan informasi terkait titik lokasi Rumah BUMN terdekat, data Rumah BUMN dan produk unggulannya.

Informasi berikutnya yang disajikan pelatihan per lokasi maupun nasional. Pelatihan Per lokasi akan memudahkan anggota Link UMKM untuk bisa mengikuti kegiatan pelatihan seminar dan sejenisnya di kota terdekat. Tema, waktu, lokasi hingga pemateri akan dicantumkan secara jelas.

Begitu juga Pelatihan Nasional, semua anggota bisa mengikuti pelatihan dan seminar yang dicantumkan secara gamblang di situs ini. Dengan mengikuti setiap kegiatan pelatihan dan seminar, diharapkan menambah pengetahuan dan informasi untuk semakin mengembangkan usaha yang sedang dijalankan.


Media

Etalase di Link UMKM.
Figur Inspiratif Lokal di Link UMKM.

Fitur Media memungkin setiap anggota UMKM mendapat update informasi terkini seputar kewirausahaan, inovasi dan pengembangan produk, kondisi ekonomi, program pemerintah, serta success story UMKM yang dapat dijadikan inspirasi sampai dengan kisah Local Heroes.

Sub menu berita menyajikan berita faktual dan terpercaya hingga tips-tips unik bagi para pelaku usaha. Dengan tips-tips ini, para pelaku UMKM bisa semakin mengembangkan usaha sesuai dengan bidangnya.

Komunitas

Di fitur Komunitas, UMKM dapat berjejaring dengan sesama UMKM di seluruh Indonesia, bergabung dalam satu komunitas yang memiliki kesamaan karakteristik (wilayah, jenis usaha, program pembinaan tema tertentu, dan sebagainya). Dapat saling berbagi informasi dan semangat, menambah wawasan dalam berbisnis, serta berdiskusi.

Fitur Media dan Komunitas di Link UMKM ini bisa menjadi sumber informasi dan jejaring yang baik bagi para pelaku usaha. Dengan demikian para pegiat UMKM bisa semakin naik kelas dengan beragam informasi, tips hingga memperluas jaringan untuk semakin mengembangkan usaha mereka.

UMKM Smart

Fitur UMKM Smart menyediakan layanan yang menjadi modal penting bagi pelaku UMKM untuk naik kelas yakni pelatihan, konsultasi, literasi keuangan hingga informasi untuk kredit usaha.

Program pelatihan online yang dapat diikuti oleh para pelaku UMKM untuk naik kelas dengan pelatihan soft competency. Ada tiga kategori kelas, yakni tradisional, berkembang dan modern. Diikuti dengan kelas Go Global (persiapan untuk ekspor). Bentuk pelatihan beragam berupa, modul bacaan, video, podcast, link webinar, infografis, dan sebagainya, menyesuaikan dengan kebutuhan pengembangan kompetensi. 

Fitur menarik yang bisa diandalkan pelaku UMKM selanjutnya adalah konsultasi dengan ahlinya melalui personal chat room. Di sini mereka berkonsultasi dalam rangka pengembangan usaha. Ada tiga hal yang bisa menjadi dasar konsultasi, mulai dari bisnis, strategi marketing hingga pengembangan diri. 

Selanjutnya ada literasi keuangan. Di sini, para pelaku UMKM bisa mengetahui cara untuk mendapatkan bantuan dalam mengenal hingga menyusun laporan keuangan yang baik. Bagi mereka yang berencana mengembangkan usahanya dan berniat mengajukan kredit, Link UMKM juga menyediakan tautan simulasi kredit, yang membantu pelaku usaha bisa mendapatkan estimasi cicilan bulanan berdasarkan jumlah pinjaman, suku bunga, dan jangka waktu yang dipilih.

 


Etalase Digital

Etalase di Link UMKM.
Etalase di Link UMKM.

Kanal selanjutnya adalah Etalase Digital. Di sini pelaku UMKM atau user dapat menampilkan produk-produk atau jasa UMKM. Dari kategori kuliner,  kerajinan, fashion & aksesoris, kesehatan & kecantikan, rumah & interior, perikanan & peternakan, handphone & aksesoris, komputer, otomotif, dan masih banyak yang lainnya. Untuk bisa mengakses kanal ini, Anda harus registrasi terlebih dahulu.

Dashboard

Menu dashboard berisikan laporan-laporan yang dibutuhkan oleh manajemen.  Menu dashboard hanya dapat diakses terbatas oleh user  yang didaftarkan kepada admin Link UMKM. Bagi User umum (UMKM) tidak dapat membuka menu Dashboard. 

Pelaku UMKM bisa mendaftar sebagai anggota Link UMKM dengan mendaftar langsung melalui laman platform ini di linkumkm.id. Setelah menyelesaikan proses pendaftaran, pelaku UMKM bisa langsung bergabung pada komunitas yang diinginkan, serta memamerkan produk dan/atau jasanya pada etalase digital.

Respons pelaku UMKM terhadap hadirnya Link UMKM ini sangat positif. Hal itu terlihat dari besarnya antusias para pelaku UMKM yang mendaftar dan melakukan aktivitas di website maupun aplikasi Link UMKM.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya