Yuk Kenali Kesalahan Utama yang Sering Dilakukan Investor Pemula

Pada dasarnya, investor seringkali tidak menyadari bahwa jenis investasi adalah proses dua langkah

oleh Jessica Sheridan diperbarui 02 Mei 2023, 06:00 WIB
Diterbitkan 02 Mei 2023, 06:00 WIB
Ilustrasi Investasi. Freepik
Ilustrasi Investasi. Freepik

Liputan6.com, Jakarta Menurut Tori Dunlap, jutawan mandiri dan pendiri platform pendidikan keuangan Her First $100k, ada kesalahan umum yang dia lihat dilakukan oleh banyak investor pemula. Kesalahan yang utama ini adalah tidak benar-benar menginvestasikan uang mereka.

Seperti yang dikatakan Dunlap kepada CNBC Make It, dikutip Senin (2/5/2023), “Jika Anda hanya memasukkan uang Anda ke dalam sesuatu seperti Roth IRA atau 401(k), itu [bagaikan] ada di api penyucian keuangan. Itu hanya duduk di sana sebagai uang tunai yang siap untuk Anda investasikan. Anda tidak berinvestasi,”

Pada dasarnya, investor seringkali tidak menyadari bahwa jenis investasi ini adalah proses dua langkah, menurut Dunlap.

Setelah menyiapkan Roth IRA Anda dengan broker online dan memberikan kontribusi ke akun, investor harus benar-benar menginvestasikan uang itu dalam sesuatu, seperti dana indeks atau dana tanggal target.

“Ini seperti kartu hadiah. Anda menaruh uang pada kartu hadiah dan kemudian Anda harus pergi membeli barang." jelasnya.

Penting untuk selalu bandingkan persyaratan dan biaya kontribusi minimum sebelum membuka akun investasi. Meskipun banyak perusahaan membutuhkan minimal $1.000 atau $3.000 untuk membuka IRA, biasanya yang lain membiarkan Anda memulai dengan lebih sedikit, mengutip perkataan Sethi pada pemberitaan CNBC Make It sebelumnya.

Salah satu cara agar Anda tidak terlalu memikirkan uang yang diinvestasikan adalah dengan mengatur penarikan otomatis dari rekening giro Anda sehingga Anda tidak lupa memasukkan dana ke IRA Anda.

Tidak seperti IRA tradisional atau 401(k), kontribusi Roth dibuat dengan dolar setelah pajak, yang berarti Anda telah membayar pajak atas uang yang Anda kontribusikan ke akun. Ini juga berarti Anda dapat mengakses uang yang telah Anda sumbangkan kapan saja tanpa penalti.

Namun, setiap keuntungan yang Anda peroleh dari kontribusi Anda dapat dikenakan denda dan pajak jika ditarik sebelum usia 59 lebih setengah, kecuali jika Anda memenuhi syarat untuk pengecualian. Selain itu, akun Anda harus dibuka selama lima tahun atau lebih untuk mendapatkan penghasilan bebas pajak, tanpa memandang usia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Investasi Sedini Mungkin

Ilustrasi investasi (Foto: Unsplash/Mayofi)
Ilustrasi investasi (Foto: Unsplash/Mayofi)

Baik melalui IRA atau sarana investasi lainnya, memulai investasi lebih cepat tanpa menundanya adalah kunci untuk dapat memanfaatkan sepenuhnya bunga majemuk.

Bunga majemuk membantu uang Anda tumbuh lebih cepat daripada bunga sederhana karena Anda tidak hanya mendapatkan bunga atas jumlah yang Anda kontribusikan, tetapi juga bunga apa pun yang diperoleh.

Misalnya, Anda berinvestasi $3.000 dan mendapatkan pengembalian tahunan sebesar 6%. Setelah satu tahun, investasi Anda akan tumbuh menjadi $3.180. Artinya investasi awal Anda, ditambah bunga 6%.

Di tahun berikutnya, Anda tidak hanya mendapatkan bunga dari $3.000 awal yang Anda sumbangkan, tetapi dari keseluruhan $3.180. Itu akan membuat saldo Anda setelah tahun kedua menjadi $3.370,80.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya