Fresh Graduate Perhatikan, Begini 4 Trik Bangun Relasi Biar Karier Tokcer

Jaringan atau relasi menjadi kata kunci yang semakin populer di dunia profesional. Ini adalah keterampilan yang harus dimiliki oleh orang dewasa muda karena mulai menavigasi platform pekerjaan.

oleh Aprilia Wahyu Melati diperbarui 19 Mei 2023, 06:00 WIB
Diterbitkan 19 Mei 2023, 06:00 WIB
menjalin relasi
Jaringan atau relasi menjadi kata kunci yang semakin populer di dunia profesional. Ini adalah keterampilan yang harus dimiliki oleh orang dewasa muda karena mulai menavigasi platform pekerjaan/copyrightshutterstock/Sushiman

Liputan6.com, Jakarta Jaringan atau relasi menjadi kata kunci yang semakin populer di dunia profesional. Ini adalah keterampilan yang harus dimiliki oleh orang dewasa muda karena mulai menavigasi platform pekerjaan, seperti LinkedIn, mengirim email, menghadiri acara pengembangan profesional, dan berharap untuk mendapatkan tawaran kerja pascasarjana.

Namun, pertanyaan tentang cara membangun jaringan dengan sukses menjadi perhatian utama saat lulusan perguruan tinggi angkatan 2023 bersiap untuk memasuki dunia kerja di dunia nyata.

Karena itu, ini menjadi topik yang sangat diminati oleh Byron Slosar sebagai pakar karier dan CEO platform karier HelloHive.

“Jaringan dianggap sebagai kata kerja, bukan kata benda,” kata Slosar seperti dilansir CNBC, Jumat (19/5/2023).

“Jaringan bukanlah ‘Saya perlu mengenal seseorang untuk mendapatkan pekerjaan’. Sebaliknya, dalam kapasitas yang saya mampu, saya perlu melihat sekeliling saya, tidak hanya di atas saya, untuk sumber daya yang dapat membantu," lanjut dia.

Setelah menghabiskan kariernya bekerja dengan mahasiswa dan profesional muda, Slosar memahami tekanan yang dirasakan Generasi Z saat mencoba mengamankan pekerjaan pertama dan mengambil langkah dalam pengembangan profesional.

Jadi, dia mendorong siswa untuk berpikir dalam jangka pendek, daripada menekankan tentang rencana karier jangka panjang.

“Siapa yang berpikir masuk akal untuk bertanya kepada siswa tentang rencana lima tahun?” kata Slosar.

“Saya berusia 42 tahun dan saya baru saja menemukan karier saya. Merangkul variabel tak terkendali dimungkinkan dengan berfokus hanya pada apa yang berikutnya. Saat lulus kuliah, pikirkan pekerjaan pertama itu, bukan seluruh karier Anda. Kurangi tekanan perasaan seperti Anda perlu mengetahui segalanya dan benar-benar hanya fokus pada apa yang paling penting,” imbuhnya.

Jadi, kata dia, “Mari fokus pada langkah satu dan dua karena langkah tiga, empat, dan lima pasti akan berubah.”

Namun, mengenai hal ini dia membagikan empat tips untuk angkatan 2023 yang akan mengambil langkah karier pertama dan membangun jaringan secara efektif demi memajukan tujuan karir mereka.

Jaringan Adalah Tentang Kualitas, Bukan Kuantitas

Dia menggarisbawahi, dalam jaringan, lebih banyak tidak sama dengan lebih baik.

“Jaringan adalah tentang kualitas, bukan kuantitas,” katanya. “Fokus pada percakapan dan koneksi yang bermakna yang benar-benar dapat membantu Anda maju ke langkah berikutnya.”

Dia mendesak angkatan 2023 untuk menindaklanjuti percakapan yang bermakna ini hanya dengan pembaruan yang relevan.

“Setelah pertemuan pertama Anda, tetap berhubungan tetapi jangan tercekik. Ingatkan mereka bahwa Anda mendengarkan apa yang mereka katakan,” jelas Slosar.

 


Hindari Anggapan “Terlalu Tinggi Terlalu Dini”

Menghubungi Relasi
Ilustrasi Menelpon Credit: pexels.com/Anna

Karena angkatan 2023 berusaha untuk terhubung dengan orang-orang di industri target mereka, Slosar berpendapat bahwa berjejaring dengan lulusan baru seringkali merupakan hal yang paling membantu. Terhubung dengan alumni universitas 1-2 tahun sebelumnya, tambahnya, akan memungkinkan wawasan pekerjaan yang tepat waktu. Terlebih lagi, dia percaya bahwa lulusan baru dan karyawan muda sering kali paling bersemangat untuk membantu.

“Jangkau rekan daripada terlalu tinggi terlalu dini,” kata Slosar. “Anda meningkatkan kemungkinan memanfaatkan seseorang yang baru saja melalui proses wawancara dan sukses di mata perusahaan.”

Slosar berbagi bahwa karyawan baru tidak hanya dapat membagikan informasi yang relevan tentang proses perekrutan, tetapi mungkin juga dapat menghubungkan angkatan 2023 ke perekrut saat ini. Dengan wawasan tingkat pemula yang lebih relevan, profesional muda mungkin yang paling mampu berbicara dengan iklim perekrutan saat ini.

Perluas Definisi Anda Tentang Pengalaman yang Relevan

Saat membangun jaringan, lulusan perguruan tinggi baru harus bertujuan untuk menampilkan diri mereka dengan cara yang lebih holistik.

“Perhatikan baik-baik semua pengalaman hidup Anda, bukan hanya pengalaman profesional Anda,” katanya. “Saat Anda menghubungi untuk menjadwalkan pertemuan jaringan dan duduk untuk bercakap-cakap, fokuslah pada pengalaman apa yang paling berarti bagi pengembangan profesional Anda.”

Lulusan perguruan tinggi lebih dari sekadar kursus akademik dan pengalaman magang, tegas Slosar. Percakapan jaringan tidak harus berupa pembacaan resume seseorang, melainkan bisa menjadi percakapan yang lebih jujur tentang pengalaman hidup.

“Pengalaman-pengalaman ini dapat berkisar dari pekerjaan ‘tajam dan giat’, seperti mengemudi untuk Uber Eats atau bekerja paruh waktu di restoran hingga menjadi mahasiswa atau atlet mahasiswa generasi pertama, yang pengalaman hidupnya yang beragam sama tangguh dan relevannya dengan apa pun,” katanya.

 


Setiap Interaksi Adalah Peluang Jaringan yang Potensial

Ilustrasi ngobrol, kerja di kantor, tertawa
Ilustrasi ngobrol, kerja di kantor, tertawa. (Photo by Brooke Cagle on Unsplash)

Gagasan jaringan meluas lebih jauh dari acara profesional atau platform kerja online. Faktanya, menurut Slosar, networking bisa terjadi di mana saja.

“Tidak setiap peluang jaringan akan muncul dengan sendirinya sebagai peluang karier,” tambahnya.

Slosar menekankan bahwa membangun koneksi dan jaringan pribadi, terutama di tahun-tahun pascasarjana, dapat membantu para profesional muda karena ingin membangun pijakan di dunia profesional. Koneksi pribadi dan profesional, tambahnya, penting untuk dipertahankan.

“Koneksi dapat terjadi di mana saja, jadi bangun jaringan ke dalam rutinitas sehari-hari Anda,” saran Slosar. “Anda dapat berjejaring sambil menjadi sukarelawan, bekerja paruh waktu di restoran, atau mengajak anjing jalan-jalan. Semua interaksi itu mengembangkan keterampilan membangun hubungan dan membantu membangun jaringan pribadi Anda.”

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya