Layanan Kru Kabin Garuda Indonesia Jadi yang Terbaik di Dunia Versi Skytrax

Penghargaan bertajuk “The World’s Best Airline Cabin Crew 2023” yang diperoleh Garuda Indonesia dalam ajang World Airline Awards diselenggarakan oleh Skytrax, sebuah lembaga independen pemeringkatan penerbangan yang berbasis di London, Inggris.

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 21 Jun 2023, 11:31 WIB
Diterbitkan 21 Jun 2023, 11:31 WIB
Maskapai nasional Garuda Indonesia kembali berhasil meraih rekognisi dunia dengan dinobatkan sebagai “The World’s Best Airline Cabin Crew 2023” dalam ajang World Airline Awards yang diselenggarakan oleh Skytrax. (Dok Garuda Indonesia)
Maskapai nasional Garuda Indonesia kembali berhasil meraih rekognisi dunia dengan dinobatkan sebagai “The World’s Best Airline Cabin Crew 2023” dalam ajang World Airline Awards yang diselenggarakan oleh Skytrax. (Dok Garuda Indonesia)

Liputan6.com, Jakarta Pelayanan kru kabin Garuda Indonesia diganjar penghargaan dengan pelayanan terbaik di dunia versi Skytrax. Ini merupakan penghargaan ke-6 setelah sempat didapat maskapai pelat merah itu pada 2014-2018 lalu.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menerangkan, penghargaan bertajuk “The World’s Best Airline Cabin Crew 2023” diperoleh dalam ajang World Airline Awards yang diselenggarakan oleh Skytrax, sebuah lembaga independen pemeringkatan penerbangan yang berbasis di London, Inggris.

"Penghargaan awak kabin terbaik di dunia ini menjadi penghargaan keenam kalinya yang diterima oleh awak kabin Garuda Indonesia setelah sebelumnya diperoleh Garuda pada tahun 2014 – 2018. Capaian ini sekaligus menjadikan Garuda Indonesia sebagai satu satunya maskapai penerbangan yang mendapatkan penghargaan ini hingga keenam kalinya," ujar Irfan dalam keterangannya, ditulis Rabu (21/6/2023).

Penganugerahan penghargaan tersebut disampaikan langsung oleh CEO Skytrax Edward Plaisted kepada Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, pada acara Skytrax World Airline Awards 2023 yang diselenggarakan di Musée de l'Air et de l'Espace (Air and Space Museum) bersamaan dengan ajang pameran kedirgantaraan The Paris Air Show 2023 di Le Bourget, Paris, Prancis, pada Selasa (20/6/2023).

Menurutnya, ini jadi suatu kebanggaan bagi Garuda Indonesia sebagai national flag carrier dapat turut menghadirkan capaian terbaiknya dengan membawa nama Indonesia ke dunia. Khususnya dengan mengedepankan budaya keramahtamahan Indonesia yang turut dihadirkan melalui filosofi layanan awak kabin Garuda Indonesia dalam seluruh lini layanan penerbangan.

“Fokus kami adalah bagaimana kami dapat terus meningkatkan layanan kepada para pengguna jasa, dimana melalui filosofi #BecauseYouMatter, kami berupaya untuk terus meningkatkan layanan penerbangan pada berbagai touch point sejalan dengan kebutuhan dan aspirasi penumpang," ungkap Irfan.

Seamless Experience

"Capaian ini tentunya tidak hanya menjadi bentuk nyata dari komitmen seluruh karyawan Garuda Indonesia, khususnya awak kabin untuk senantiasa menghadirkan layanan terbaik yang merepresentasikan keragaman budaya Indonesia pada semua lini layanan kami kepada seluruh pengguna jasa, namun juga menjadi penyemangat bagi kami dalam terus berupaya menghadirkan seamless experience bagi masyarakat di tengah upaya bersama untuk mengakselerasikan perbaikan kinerja yang saat ini terus kami optimalkan," jelasnya.

Dia juga menilai, adanya penghargaan ini juga menjadi momentum tersendiri ditengah langkah akselerasi pemulihan kinerja yang dilaksanakan Garuda Indonesia. Hal ini menjadi manifestasi tersendiri atas upaya berkelanjutan Garuda Indonesia untuk menghadirkan komitmen layanan terbaik bagi pengguna jasa khususnya melalui konsistensi kualitas layanan penerbangan oleh seluruh awak kabin kami sebagai garda terdepan Perusahaan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Capaian Tertinggi 

Menteri Susi Ikuti Kartini Flight Bersama Kru Wanita Garuda Indonesia
Captain Pilot Capt. Ida Fiqriah (lima kanan) dan First Officer/Co-Pilot Melinda (enam kanan) beserta kru sebelum mengikuti Kartini Flight rute Jakarta - Yogyakarta di Bandara Soetta, Tangerang, Banten, Sabtu (21/4). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sementara itu, CEO Skytrax Edward Plaisted pada kesempatan yang sama mengatakan bahwa capaian “The World Best Cabin Crew” ini merupakan salah satu capaian tertinggi yang dapat diraih oleh maskapai khususnya dalam aspek layanan yang dihadirkan.

“Kami mengucapkan selamat kepada Garuda Indonesia atas prestasi yang diraih dalam memenangkan penghargaan tertinggi untuk layanan “World’s Best Cabin Crew ”, untuk rekor keenam kalinya dalam ajang World Airline Awards," ucap Edward.

"Tidak mudah mempertahankan aspek layanan di tengah berbagai tantangan kinerja yang harus dihadapi oleh industri maskapai penerbangan pasca pandemi COVID-19, karena itu kiranya seluruh karyawan khususnya awak kabin Garuda Indonesia beserta manajemen patut berbangga atas capaian keberhasilan ini," imbuhnya.

Sebelumnya, penilaian atas “The World’s Best Airline Cabin Crew 2023” dilaksanakan pada sejumlah aspek−baik dari teknis pelayanan yang diberikan hingga karakteristik yang ditampilkan oleh awak kabin. Utamanya menyasar pada sikap profesionalitas, antusiasme, dan keramahtamahan kepada para pengguna jasa−melalui survey tingkat kepuasan penumpang penerbangan di seluruh dunia secara online yang dibuka pada bulan September 2022 sampai dengan Mei 2023 lalu, dan diikuti lebih dari 325 maskapai dunia.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada para pelanggan Garuda Indonesia yang telah mempercayakan kelancaran perjalanan udaranya bersama Garuda. Capaian ini tentunya menjadi motivasi bagi kami untuk mengembangkan lebih banyak lagi inisiatif yang senantiasa mampu memenuhi kebutuhan kepuasan bagi pengguna jasa. Kiranya langkah-langkah Garuda Indonesia ke depannya dapat terus membawa multiplier effect yang positif terutama bagi kemajuan pariwisata Indonesia,” tutup Irfan.

 


Tebar Diskon

Ilustrasi Pesawat Terbang
Pesawat Terbang Garuda Indonesia (Liputan6.com/Fahrizal Lubis)

Diberitakan sebelumnya, Garuda Indonesia kembali menebar promo tiket penerbangan dengan memberikan potongan hingga 80 persen. Promo bertajuk Sales Office Travel Fair ini berlaku mulai 19-28 Juni 2023 untuk penerbangan domestik dan internasional.

Melalui Sales Office Travel Fair kali ini, Garuda Indonesia memberikan penawaran menarik berupa potongan harga khusus hingga 80 persen yang termasuk dengan berbagai penawaran cash back dan benefit lainnya dari Bank Mandiri sebagai bank partner di berbagai destinasi tertentu yang dilayani oleh Garuda Indonesia untuk periode perjalanan 28 Juni 2024.

Beberapa rute domestik yang turut mendapatkan penawaran menarik di antaranya:

  • Jakarta - Yogyakarta pp mulai Rp 1,5 jutaan,
  • Jakarta -- Labuan Bajo pp mulai Rp 3 jutaan,
  • Jakarta-Makassar pp mulai Rp 3,1 jutaan,
  • Jakarta -- Medan pp mulai Rp 3,3 jutaan,
  • Jakarta -- Balikpapan pp mulai Rp 2,5 jutaan,
  • Jakarta- Lombok pp mulai Rp 2,5 jutaan,
  • Jakarta - Padang pp mulai Rp 2,6 jutaan,
  • Jakarta - Ambon pp mulai Rp 4,8 jutaan dan
  • Jakarta - Sorong pp mulai Rp 5,3 jutaan.

 


Rute Internasional

Pesawat Airbus A330 Garuda Indonesia
Pesawat Airbus A330 Garuda Indonesia mendarat di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda di Blang Bintang, Provinsi Aceh pada 13 Juli 2021. (CHAIDEER MAHYUDDIN / AFP)

Selain memberikan penawaran menarik di berbagai rute domestik, pada gelaran SOTF tersebut Garuda Indonesia juga menghadirkan harga khusus pada berbagai rute internasional tertentu. Seperti:

  • Jakarta - Kuala Lumpur pp mulai Rp 2,7 jutaan,
  • Jakarta - Singapura mulai Rp 3,4 jutaan,
  • Jakarta -- Bangkok pp mulai Rp 4,8 jutaan,
  • Jakarta- Hongkong mulai Rp 4,3 jutaan,
  • Jakarta -- Seoul pp mulai Rp 9 jutaan,
  • Jakarta -- Sydney pp mulai Rp 8,8 jutaan,
  • Jakarta -- Tokyo pp mulai Rp 11,3 jutaan,
  • Jakarta - Shanghai mulai Rp 5,7 jutaan,
  • Jakarta - Amsterdam mulai Rp 11,1 jutaan dan
  • Jakarta - Melbourne pp mulai Rp 8,6 jutaan.
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya