Bambang Susantono: Banyak PNS Mau Pindah IKN

Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono mengklaim ada banyak PNS yang akan pindah ke IKN Nusantara

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 28 Agu 2023, 21:00 WIB
Diterbitkan 28 Agu 2023, 21:00 WIB
bambang
Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono mengklaim ada banyak PNS yang akan pindah ke IKN Nusantara. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu, beredar kabar sejumlah Aparatur sipil negara (ASN) atau PNS enggan pindah untuk bertugas di Ibu Kota negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Namun, hal itu dibantah oleh Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono. Meski tidak menyebut jumlahnya, dia mengatakan ada banyak PNS yang akan pindah ke IKN Nusantara.

"Banyak yang mau pindah," kata Bambang kepada wartawan di Graha BNI, Jakarta Senin (28/8/2023).

Bambang menyebut, sudah ada daftar nama ASN yang dipegang Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) untuk pindah ke IKN Nusantara pada 2024 mendatang.

Hunian PNS Dibangun

Selain itu, sebanyak 50 persen hunian di IKN telah dibangun untuk ASN yang belum menikah atau single.

Bambang merinci, 25 persen hunian untuk keluarga ASN yang sudah menikah tetapi belum punya anak, dan 25 persen lainnya untuk keluarga ASN yang sudah memiliki anak.

"50 persen untuk (PNS) single, 25 persen untuk yang belum punya anak, baru 25 persen yang punya anak," bebernya.

"Saya belum tahu pembagiannya ada di PUPR, tetapi itu 50 persen, 25 persen dan 25 persen," Bambang menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Diserbu Investor

Transisi menuju energi hijau di IKN Nusantara tidak hanya berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan, tetapi juga memicu inovasi di sektor energi bersih. (Dok SKK Migas)
Transisi menuju energi hijau di IKN Nusantara tidak hanya berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan, tetapi juga memicu inovasi di sektor energi bersih. (Dok SKK Migas)

 

Selain itu, Bambang juga mengungkapkan bahwa sudah mulai ada sejumlah investor yang berniat membangun pusat perbelanjaan atau mal di IKN.

Dia menyebut, sebanyak 11 investor telah menyatakan keseriusannya membangun proyek di IKN, di mana beberapa di antaranya adalah mal.

"(Investor) Yang serius itu kira kira ada 11. (Mal?) Insyaallah ada (mal), insyaallah lebih dari satu," ungkapnya.

Tetapi Bambang menambahkan, dia belum bisa mengungkap lebih lanjut siapa saja investor-investor tersebut. Namun, groundbreaking akan dilakukan bulan depan.

"Kita lihat bulan depan. Saya belum dapat arahan dari beliau (dari Presiden Jokowi). Nanti beliau yang tentukan, biasanya beliau bukan groundbreaking, kalau udah jadi baru datang, itu biasanya pak Presiden senangnya gitu," bebernya.


IKN Diserbu Investor, Ibu Kota Negara Baru Bakal Punya Banyak Mal

Pembangunan Ibu Kota Nusantara
Sebuah rendering digital yang menunjukkan tata letak kompleks istana kepresidenan di ibu kota baru ditampilkan di lokasi pembangunannya di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Indonesia, Rabu, 8 Maret 2023. Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Silvia mengungkapkan nantinya di dalam Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) bisa ditemukan Sumbu Nusantara, Istana Presiden, Kantor Presiden, Kantor Kementerian/Lembaga, dan juga hunian untuk ASN. (AP Photo/Achmad Ibrahim)

Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono mengungkapkan bahwa sudah mulai ada sejumlah investor yang berniat membangun pusat perbelanjaan atau mal di IKN.

Bambang menyebut, sebanyak 11 investor telah menyatakan keseriusannya membangun proyek di IKN, di mana beberapa di antaranya adalah mal.

"(Investor) Yang serius itu kira kira ada 11. (Mal?) Insyaallah ada (mal), insyaallah lebih dari satu," ungkap Bambang kepada wartawan di Grha BNI, Jakarta, pada Senin (28/8/2023).Masih RahasiaTetapi Bambang menambahkan, dia belum bisa mengungkap lebih lanjut siapa saja investor-investor tersebut. Namun, groundbreaking akan dilakukan bulan depan.

"Kita lihat bulan depan. Saya belum dapat arahan dari beliau (dari Presiden Jokowi). Nanti beliau yang tentukan, biasanya beliau bukan groundbreaking, kalau udah jadi baru datang, itu biasanya pak Presiden senangnya gitu," jelasnya.

 


Luas Lahan

Pradesain istana negara di Ibu Kota Negara (IKN) baru. Instagram@jokowi
Pradesain istana negara di Ibu Kota Negara (IKN) baru. Instagram@jokowi

Diwartakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi ) mengatakan bahwa ada lahan seluas 34.000 hektare di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur yang siap dimasuki investor.

Dia mengungkapkan, 34.000 hektare lahan tersebut bisa dibangun rumah sakit (RS), universitas, hingga infrastruktur lainnya.

"Ini ada 34.000 hektare lagi yang sudah siap lahannya dan sudah bisa dimasuki investor untuk properti kesehatan, RS misalnya, pendidikan university, untuk infrastruktur," kata Jokowi saat bertemu dengan pebisnis China di Chengdu, China, pada 28 Agustus 2023.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya