Empat UMKM Binaan BRI Mejeng di Pameran Kriyanusa 2023, Apa Saja?

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI turut mendukung Pameran Kriyanusa 2023 yang digelar oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) guna mempromosikan dan mendorong kriya unggul.

oleh Fachri pada 14 Sep 2023, 09:30 WIB
Diperbarui 14 Sep 2023, 09:27 WIB
Kriyanusa 2023.
Pameran Kriyanusa 2023. (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI turut mendukung Pameran Kriyanusa 2023 yang digelar oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) guna mempromosikan dan mendorong kriya unggul. Salah satu bentuk dukungan yang diberikan BRI adalah dengan menampilkan produk kriya terbaik dari UMKM binaan.

Wury Ma’ruf Amin mengungkapkan bahwa pameran yang digelar oleh Dekranas tersebut dapat membawa keuntungan ekonomi bagi Indonesia.

“Kriya unggul bukan hanya tentang menghormati tradisi dan budaya, tetapi juga tentang menciptakan lapangan kerja, mempromosikan keberlanjutan, dan menghasilkan keuntungan ekonomi yang signifikan bagi Indonesia,” ungkapnya saat memberikan sambutan pada Pameran Kriyanusa 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (13/9/2023).

Ketua Bidang Pendanaan Dekranas, Liza Thohir berharap agar kegiatan yang sudah berlangsung enam tahun berturut-turut ini kembali bisa membantu produk lokal. Ia juga meminta kepada pengrajin agar semakin meningkatkan kreativitasnya.

“Tujuan utama dari Pameran Kriyanusa ini adalah untuk membantu pemasaran produk-produk binaan Dekranasda dan memberikan ruang bagi industri kerajinan Nusantara untuk terus berupaya memunculkan kreativitas dan inovasi dalam rangka meningkatkan kinerja usahanya serta menampilkan produk unggulannya,” ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Empat UMKM Binaan BRI

UMKM Binaan BRI.
UMKM Binaan BRI pada Pameran Kriyanusa 2023. (Foto: Istimewa)

Kesempatan memfasilitasi usaha lokal yang bergerak di bidang kerajinan tangan agar semakin dikenal dunia pun tak disia-siakan BRI. Bank dengan nasabah terbanyak di Indonesia ini memberikan kesempatan kepada empat UMKM binaannya untuk memamerkan sejumlah produk.

Keempat UMKM itu adalah Craftote: Gallery & Coffee yang menghasilkan produk dari anyaman bambu serta coffee shop, kemudian Lion Keramik Industri dengan produk peralatan rumah berbahan dasar keramik, Lampu Runa dengan produk lampu dengan desain kreatif dan ramah lingkungan, serta Maja Watch dengan produk jam tangan ramah lingkungan.

Direktur Bisnis Konsumer BRI, Handayani mengatakan bahwa kesempatan berpartisipasi dalam kegiatan tahunan Dekranas ini sangat berharga terutama bagi UMKM binaan. Ia menyebut bahwa hal ini sejalan dengan komitmen BRI dalam mewujudkan UMKM naik kelas hingga pasar global.

“BRI hadir memberikan pelayanan dalam mendukung program pemerintah pada aspek permodalan bagi UMKM. Peranan UMKM dalam memenuhi kebutuhan masyarakat sangat penting sehingga diharapkan dengan partisipasi UMKM binaan BRI di Kriyanusa 2023 semakin melegitimasi kepercayaan masyarakat terhadap UMKM,” katanya.

 


Kembangkan Pelaku Usaha

UMKM Binaan BRI.
UMKM Binaan BRI pada Pameran Kriyanusa 2023. (Foto: Istimewa)

Sebanyak ratusan produk milik pengrajin terampil dari seluruh pelosok negeri terpajang indah di Pameran Kriyanusa 2023. Penyelenggaraan Pameran Kriyanusa 2023 merupakan salah satu wujud nyata Dekranas dalam upaya pengembangan kapasitas pelaku usaha dan produk kriya lokal sekaligus melestarikan citra budaya seluruh daerah di Indonesia.

Pameran Kriyanusa 2023 mengangkat tema “Kriya Unggul, Indonesia Maju” dan akan digelar pada 13 hingga 17 September 2023 di Jakarta Convention Center (JCC). Selain itu, pameran tersebut juga mengangkat ikon kebudayaan Betawi dan dimeriahkan dengan berbagai acara seperti talkshow, demo kerajinan kriya, peragaan busana dan kesenian dari berbagai daerah.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya