Harga Minyak Runtuh Dampak Kekhawatiran kenaikan Suku Bunga AS

Harga minyak dunia turun sekitar 1% ke level terendah dalam tiga pekan setelah Bank Sentral AS atau the Fed mempertahankan suku bunga di November ini namun tetap membuka kemungkinan kenaikan suku bunga di masa depan.

oleh Arthur Gideon diperbarui 02 Nov 2023, 08:00 WIB
Diterbitkan 02 Nov 2023, 08:00 WIB
Ilustrasi Harga Minyak Dunia. Foto: AFP
Harga minyak mentah Brent berjangka yang merupakan patokan harga minyak dunia, turun 20 sen atau 0,24% menjadi USD 84,82 per barel. Sementara harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS turun 37 sen atau 0,46% menjadi USD 80,65 per barel. Ilustrasi Harga Minyak Dunia. Foto: AFP

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak dunia turun sekitar 1% ke level terendah dalam tiga pekan setelah Bank Sentral AS atau the Fed mempertahankan suku bunga di November ini namun tetap membuka kemungkinan kenaikan suku bunga di masa depan.

Kenaikan suku bunga untuk melawan inflasi dapat memperlambat pertumbuhan ekonomi dan mengurangi permintaan minyak mentah.

Mengutip CNBC, Kamis (2/10/2023), harga minyak mentah Brent berjangka yang merupakan patokan harga minyak dunia, turun 20 sen atau 0,24% menjadi USD 84,82 per barel. Sementara harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS turun 37 sen atau 0,46% menjadi USD 80,65 per barel.

Hal ini menempatkan harga minyak Brent di jalur penutupan terendah sejak 6 Oktober dan WTI di jalur penutupan terendah sejak 28 Agustus.

Pelaku pasar mencatat kedua kontrak minyak mentah ini berada di jalur yang tepat untuk ditutup di bawah rata-rata pergerakan 100 hari, yang merupakan tingkat dukungan teknis utama sejak Juli.

Sebelumnya hari ini kedua minyak acuan tersebut naik lebih dari USD 2 per barel di tengah kekhawatiran Timur Tengah.

The Fed, yang mulai menaikkan suku bunga pada Maret 2022, mempertahankan suku bunga tetap stabil namun tetap membuka kemungkinan kenaikan biaya pinjaman lebih lanjut karena perekonomian AS yang kuat.

 


Eropa dan China

Harga Minyak Dunia. Foto: Freepik/Atlascompany
Harga Minyak Dunia. Foto: Freepik/Atlascompany

Di Eropa, menurut data awal Eurostat inflasi bulan Oktober di zona Euro berada pada titik terendah dalam dua tahun terakhir, memicu pandangan bahwa Bank Sentral Eropa kemungkinan tidak akan menaikkan suku bunga dalam waktu dekat. Bank of England akan mengatakan pertemuan pada Kamis waktu setempat.

Di China, sebuah survei swasta menunjukkan importir minyak terbesar di dunia, aktivitas pabrik secara tak terduga mengalami kontraksi pada Oktober. Survei ini menambah suram angka resmi yang sudah diumumkan hari sebelumnya.

Di AS, Badan Informasi Energi (EIA) mengatakan perusahaan-perusahaan energi menambahkan 0,7 juta barel minyak mentah ke dalam stok selama pekan yang berakhir 24 Oktober, lebih rendah dari perkiraan para analis dalam jajak pendapat sebesar 1,3 juta barel dan 1,3 juta barel.

“Laporan EIA ini tidak terlalu penting bagi para pedagang energi. Peningkatan yang sedikit lebih besar dan permintaan yang beragam tidak menginspirasi pergerakan besar apa pun,” Edward Moya, analis pasar senior di perusahaan data dan analitik OANDA, mengatakan dalam sebuah catatan.

 


Kekhawatiran Timur Tengah

Harga Minyak Dunia. Foto: Freepik/Artphoto_studio
Harga Minyak Dunia. Foto: Freepik/Artphoto_studio

“Pasar minyak akan tetap terpaku pada prospek permintaan yang memburuk dan perkembangan terbaru perang Israel-Hamas akan menyebabkan gangguan pasokan,” kata Moya dari OANDA.

Di Gaza, kelompok pertama orang-orang yang terluka dievakuasi ke Mesir, kata sebuah sumber dan media Mesir, ketika pasukan Israel terus melancarkan pertempuran melawan militan Hamas.

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei meminta negara-negara Muslim untuk menghentikan ekspor minyak dan makanan ke Israel, menuntut diakhirinya pemboman terhadap Jalur Gaza, media pemerintah melaporkan.

Iran, anggota Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC), memproduksi sekitar 2,5 juta barel per hari minyak mentah pada tahun 2022, menurut data energi AS.

Infografis Heboh Kabar China Klaim Natuna hingga Tuntut Setop Pengeboran Migas. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Heboh Kabar China Klaim Natuna hingga Tuntut Setop Pengeboran Migas. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya