Begini 3 Cara Orang Sukses Hadapi Rekan Kerja yang Sulit

Ahli strategi yang dilatih di Stanford dan direktur pelaksana di Boston Consulting Group, Beth Viner menyadari pentingnya menjembatani perbedaan kepribadian dalam dunia kerja.

oleh Divina Aulia Rachmani diperbarui 29 Mei 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 29 Mei 2024, 06:00 WIB
Ilustrasi karyawan, bekerja, suasana kantor
Menghadapi rekan kerja yang sulit merupakan salah satu tantangan terbesar di dunia kerja modern. (Photo by Damir Kopezhanov on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Menghadapi rekan kerja yang sulit merupakan salah satu tantangan terbesar di dunia kerja modern. Ketegangan antara berbagai tipe kepribadian, khususnya antara mereka yang memiliki visi besar dan mereka yang lebih realistis, sering kali mempengaruhi dinamika tim dan kinerja perusahaan.

Di satu sisi, para pemimpi berpikir dalam skala besar tentang aspirasi dan inovasi, sering kali terlihat tidak terikat pada kenyataan sehari-hari. Di sisi lain, para pelaku fokus pada eksekusi dan operasi harian, mungkin tampak terlalu kaku atau preskriptif. Ketegangan ini, jika tidak dikelola dengan baik, bisa menghambat perkembangan organisasi dan menyebabkan frustrasi di antara anggota tim.

Dalam lingkungan kerja yang kompetitif, kedua tipe kepribadian ini sangat dibutuhkan agar perusahaan dapat berkembang.

Pemimpi menghadirkan ide-ide besar yang mendorong inovasi dan pertumbuhan, sementara pelaku memastikan operasi harian berjalan dengan efisien dan tujuan jangka pendek tercapai.

Namun, perbedaan pendekatan ini sering kali menyebabkan konflik yang berujung pada penurunan produktivitas dan moral tim.

Seorang ahli strategi yang dilatih di Stanford dan direktur pelaksana di Boston Consulting Group, Beth Viner menyadari pentingnya menjembatani perbedaan ini.

"Menemukan cara untuk menjembatani ketegangan antara pemimpi dan pelaku adalah kunci untuk menjaga keberlanjutan dan mendorong pertumbuhan organisasi." Ucap Viner pada TED Talk melansir CNBC ditulis Rabu (29/05/2024):

Ajak Semua Orang untuk Duduk Bersama

Menurut Viner, salah satu kunci untuk mengatasi ketegangan antara seorang pemimpi dan pelaku dalam organisasi adalah dengan mengumpulkan semua orang dalam satu ruangan.

Para pemimpi biasanya bergerak cepat dan cenderung mengabaikan struktur organisasi yang ada. Di sisi lain, para pelaku sering merasa cara kerja pemimpi terlalu "berkabut" dan tidak jelas.


Beri Masukan

Ilustrasi bekerja, bercanda bersama teman di kantor. (Photo by Brooke Cagle on Unsplash)
Ilustrasi bekerja, bercanda bersama teman di kantor. (Photo by Brooke Cagle on Unsplash)

 

Viner menyarankan untuk mengadakan sesi di mana tim berkumpul untuk memberikan masukan mengenai proyek-proyek prospektif.

Dengan demikian, kedua kelompok dapat saling memahami dan meningkatkan pengambilan keputusan di seluruh organisasi.

“Hal ini membutuhkan pengakuan terhadap mereka yang secara eksplisit tidak menyukai Anda,”  “Undang mereka ke dalam pekerjaan Anda, serang otak mereka dan kaitkan hati mereka dengan apa yang Anda lakukan.”

Slow Things Down

Viner juga merekomendasikan untuk mengadakan pertemuan "speed bump" secara rutin selama proyek berlangsung.

Tujuan dari pertemuan ini adalah untuk memastikan semua orang memiliki pemahaman yang sama dan menjaga agar anggota tim tidak terlalu jauh maju sendiri-sendiri.

"Saya percaya bahwa hal tersebut akan menciptakan keselarasan yang lebih baik di antara manusia di sekitar Anda," kata Viner.

Ia menekankan pentingnya keseimbangan, karena jika pertemuan terlalu sering diadakan, justru bisa menghambat penyelesaian tujuan tepat waktu.

Selain itu, Viner menyarankan untuk merayakan setiap keberhasilan proyek. Pengakuan atas kontribusi semua anggota tim dapat mencegah perasaan terabaikan dan meningkatkan semangat kerja.

 


Gunakan 'Uang Tunai yang Dingin dan Keras'

Kerja Kantoran
Ilustrasi Kerja Kantoran (sumber: unsplash)

Tidak semua orang memiliki akses ke anggaran perusahaan, tetapi bagi mereka yang memilikinya, uang bisa menjadi motivator yang kuat. Viner menyarankan untuk menggunakan insentif finansial untuk mendorong kolaborasi yang lebih baik. Anda harus mendapatkan dukungan dari mereka.

"Bukan dengan isyarat atau kata-kata, tetapi dengan uang tunai yang dingin dan keras,"  kata Viner.

Bagi CEO dan manajer perekrutan, Viner menyarankan untuk mengaitkan sebagian gaji tim dengan kinerja bisnis secara keseluruhan. Ini akan mendorong semua orang di perusahaan untuk bekerja sama demi kepentingan bersama.

“Mendorong jenis kolaborasi ini berarti bahwa semua hal lain membangun hubungan, berbagi lintas lini bisnis, komunikasi internal terjadi, hanya saja dengan kecepatan yang lebih tinggi,” jelasnya.

Dengan menerapkan tiga strategi ini, Viner yakin perusahaan dapat mengatasi ketegangan internal dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih harmonis dan produktif.


Bikin Status Open to Work di LinkedIn Buruk Buat Karier?

Ilustrasi bersalaman, jabat tangan, karyawan baru, kantor baru
Ilustrasi bersalaman, jabat tangan, karyawan baru, kantor baru. (Photo by Ivan Samkov from Pexels)

Sebelumnya, saat mencari pekerjaan baru, mungkin terkesan wajar untuk memberi tahu semua orang yang kamu kenal.

Namun, para penasihat ketenagakerjaan memiliki gagasan yang berbeda tentang status " open to work" atau terbuka untuk bekerja di LinkedIn. Dengan adanya status tersebut bendera hijau akan muncul tepat di bawah fotomu jika diaktifkan.

Menurut Nolan Church, mantan perekrut Google dan CEO FairComp, sebuah perusahaan data kompensasi, ini adalah tanda bahaya besar bagi seorang kandidat kerja.

"Ada sebuah kebenaran dalam perekrutan bahwa orang-orang terbaik tidak sedang mencari pekerjaan," katanya.

Oleh karena itu mereka juga tidak boleh mengiklankan bahwa mereka sedang mencari pekerjaan.

Lindsay Mustain, mantan perekrut Amazon dan pelatih karier juga setuju dengan pernyataan Nolan Church.

Menurut dia, perekrutan adalah tentang dinamika kekuasaan. Perekrut menginginkan Anda, bukan sebaliknya. Dengan spanduk yang diaktifkan.

"Karena Anda membutuhkan sesuatu dari saya, itu berarti saya memiliki kekuatan dalam percakapan ini," jelasnya.

Hal ini bisa menjadi hal yang mematikan.Namun, tidak semua ahli karier setuju, dan data LinkedIn tidak selalu mendukung pandangan ini. Inilah bagaimana situs ini menentukan bagaimana spanduk tersebut mempengaruhi para pencari kerja.

 


Lebih dari 33 Juta Pengguna Pakai

LinkedIn memperkenalkan status " open to work" selama wabah Covid-19 pada Juni 2020, ketika jutaan orang kehilangan pekerjaan dalam hitungan minggu.

Seorang juru bicara LinkedIn mengatakan kepada CNBC Make It bahwa perusahaan telah memiliki fungsi yang memungkinkan perekrut untuk diberitahu secara diam-diam ketika seseorang mencari pekerjaan, tetapi pandemi tampaknya menyiratkan perlunya sesuatu yang lebih terlihat.

Saat ini, tanda tersebut sangat populer. LinkedIn saat ini digunakan oleh lebih dari 33 juta pengguna, menurut situs webnya.

LinkedIn tidak selalu dapat mengetahui berapa banyak tawaran pekerjaan yang dihasilkan dengan menggunakan spanduk tersebut. Namun, mereka menemukan bahwa orang-orang yang mengaktifkannya dua kali lebih mungkin menerima pesan dari perekrut. Orang-orang tersebut juga 20% lebih mungkin mendapatkan pesan dari jaringan LinkedIn yang lebih besar, termasuk pesan mengenai lowongan pekerjaan di perusahaan orang lain.

 

Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya