Beli Rumah Lelang Bank? Cek Keuntungan dan Rekomendasi Rumahnya di Sini!

Memilih rumah memang harus punya pertimbangan. Untuk kawasan Jabodetabek misalnya, pertumbuhan dan kenaikan harga rumah dipengaruhi oleh infrastruktur.

oleh stella maris diperbarui 22 Jul 2024, 18:05 WIB
Diterbitkan 22 Jul 2024, 17:52 WIB
Ilustrasi beli rumah lelang
Ilustrasi beli rumah lelang/Canva.com.

Liputan6.com, Jakarta Ada yang bilang, mencari rumah itu ibarat mencari jodoh karena rasanya sulit didapatkan tapi tetap wajib diusahakan. Maka dari itu, banyak orang yang mencari rumah dengan berselancar di internet. Mau beli rumah lelang misalnya, sekarang kamu bisa melihat iklannya di berbagai platform. 

Bukan hanya bisa melihat iklan yang menawarkan hunian saja, kamu juga bisa mengetahui tren harga perumahan di berbagai daerah di Tanah Air. Nah, bicara soal tren perumahan, harganya yang dibanderol umumnya dipengaruhi oleh beberapa hal. 

Untuk kawasan Jabodetabek misalnya, pertumbuhan dan kenaikan harga rumah dipengaruhi oleh infrastruktur, seperti adanya jalan tol, MRT, LRT atau hal lain yang membuat aksesibilitas lain yang menarik minat para pencari rumah idaman. 

Area Jakarta misalnya yang menjadi penyangga ibu kota dan dikenal sebagai pusat ekonomi. Banyak orang yang ingin mencari rumah di area Jakarta Selatan misalnya. Itu karena lokasi strategis yang dinilai dekat dengan pusat kota (tempat kerja). 

Kemudian di Bogor, Depok, dan Bekasi juga banyak diincar karena daerah tersebut kini tengah dibangun proyek infrastruktur. Itu artinya, di kemudian hari aksesnya lebih mudah dan semakin terhubung dengan Jakarta. Lalu area Tangerang terutama di dekat kawasan BSD City dan Alam Sutera dengan banyaknya pengembangan properti modern dan fasilitas lengkap. 

Rekomendasi Properti di Jabodetabek

Memilih rumah memang harus punya pertimbangan. Saat ini, banyak proyek perumahan baru, di sisi lain lahan di Jabodetabek tetap terbatas. Buat kamu yang ingin mencari rumah dengan kondisi bangunan baik dan lokasi strategis, simak rekomendasinya berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Rumah Murah Pejaten

Rumah Murah Pejaten
Rumah Murah Pejaten/infolelangbri.co.id.

Jika kamu mencari rumah dengan luas tanah yang nggak terlalu luas, coba cek rumah di kawasan Pejaten ini. Rumah yang dibangun pada 2018 ini bersertifikat (SHM), memiliki luas tanah 98 m2 dengan luas bangunan 222 m2. 

Rumah yang berada di dalam Cluster Amiele Residence Blok B4, Jalan Amil No.19, Pasar Minggu, Jakarta Selatan ini, memiliki tiga kamar dengan dua kamar mandi dan garasi yang muat untuk dua mobil. Rumah ini dijual dengan harga Rp2,5 miliar. 


2. Rumah Murah Bekasi

Rumah Murah Bekasi
Rumah Murah Bekasi/infolelangbri.co.id.

Bekasi menjadi salah satu daerah yang makin maju dan berkembang karena termasuk salah satu penyangga ibu kota. Nggak heran kalau banyak orang yang mencari hunian di Kota Bekasi. 

Idealnya luas lahan rumah adalah 60-200 m2. Rumah murah di Bekasi ini memiliki rumah dengan luas tanah 205 m2 dan luas bangunan 607 m2. Memiliki tiga kamar tidur, dua kamar mandi, memiliki garasi, dan SHM. Rumah yang dibangun pada 2015 di Jalan Cendana VI, No.8, Jakasampurna, Bekasi Barat ini dijual dengan harga Rp5 miliar. 


3. Green Andara

Rumah di 3. Green Andara
Rumah di 3. Green Andara/infolelangbri.co.id.

Nama area ini tentu sudah nggak asing lagi kan? Yup, Green Andara Residence adalah nama perumahan yang terletak di Pangkalan Jati, Cinere, Depok. Meski masuk ke area Depok, namun secara lokasi masih sangat strategis karena dekat dengan Jakarta Selatan. 

Terletak di Blok C No.1, rumah mewah yang dijual lelang dengan harga Rp4 miliar ini posisinya hook. Artinya, kamu mendapatkan ukuran lahan yang lebih besar dibandingkan rumah lain, dengan luas tanah 175 m2, luas bangunan 220 m2. Rumah mewah yang dibangun pada 2012 ini terdiri dari dua lantai ini dengan tiga kamar tidur, dua kamar mandi dan garasi. 


4. Rumah di Cilandak Jaksel

Rumah di Cilandak Jaksel
Rumah di Cilandak Jaksel/infolelangbri.co.id.

Hot deals! ini adalah rumah yang terletak di Jalan Puri sakti 1 No. 40A, Cipete Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan. Rumah ini dijual lelang yang terdiri dari tiga kamar tidur, tiga kamar mandi. Rumah ini memiliki luas tanah 114 m2 dan luas bangunan 114 m2, dan memiliki garasi. Sebelumnya rumah mewah dan murah yang dibangun pada 2013 ini dijual dengan harga lebih dari Rp3,5 miliar, namun sekarang kamu bisa beli rumah lelang bank dengan harga Rp2,95 miliar. 


5. Gading Serpong

Rumah di Gading Serpong
Rumah di Gading Serpong/infolelangbri.co.id.

Terletak di Komplek Taman Rempoa Indah, Blok N, No.21,  Tangerang Kota. Rumah tinggal mewah ini memiliki luas tanah 264 m2 dengan dua lantai, dan luas bangunan 288 m2. Rumah yang dibangun pada 2010 ini memiliki empat kamar tidur, tiga kamar mandi, SHM, dan daya listrik 4400 Kwh. Harga jualnya Rp3 miliar. 


Punya Hunian, Beli Rumah Lelang Saja!

Dijelaskan sebelumnya kalau banyak faktor yang memengaruhi harga sebuah hunian. Apalagi dengan terus berkembangnya wilayah, tren harga rumah diperkirakan bakal terus meningkat di masa depan. 

Buat kamu yang mau mencari rumah, bisa beli rumah lelang atau non lelang yang difasilitasi oleh bank, yaitu melalui Info Lelang BRI. Jadi, Info Lelang BRI merupakan platform lelang terpercaya, memiliki reputasi baik, dan punya banyak informasi lengkap tentang properti yang akan di lelang. 

Ada beberapa kelebihan jika kamu beli rumah lelang melalui infolelangbri.co.id. Pertama dari harga, tentunya lebih terjangkau dibandingkan harga yang ditawarkan di pasar konvensional. Kedua kualitas bangunan yang baik, ketiga bisa jadi peluang investasi jika memang kamu membelinya bukan untuk ditempati. Keempat pastinya prosesnya cepat. 

Jika kamu ingin beli rumah lelang melalui info lelang BRI, caranya berikut ini: 

1. Cari Rumah

  • Masuk ke laman infolelang.bri.co.id, cari aset dan lokasi yang akan kamu pilih
  • Kamu dapat menyesuaikan harga hunian dan spesifikasi yang diinginkan ketika proses pencarian

2. Pilih Aset yang Diinginkan

  • Setelah itu, tentukah pilihan rumah lelang yang diminati dan pastikan bahwa kamu membaca deskripsi dan  spesifikasi hunian secara lengkap

3. Klik 'Hubungi Kami'

  • Setelah memilih aset, klik ‘Hubungi Kami’ kemudian masukkan email

4. Tentukan Metode Pembelian

  • Pembelian bisa melalui proses lelang maupun beli secara langsung (non lelang)
  • PelunasanTahap terakhir adalah pelunasan dan melengkapi berkas sesuai ketentuan. Terdapat dua metode pelunasan rumah, yaitu pembayaran tunai (cash) dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR BRI).

Nah jika kamu ingin membeli aset lelang atau non lelang namun memiliki dana tunai terbatas atau ingin mengatur keuangan dengan membagi pembayaran dalam jangka waktu yang panjang, agar keuangan tetap terjaga untuk kebutuhan lain, ada solusinya!

Kamu bisa beli rumah lelang KPR melalui KPR Solusi BRI karena memiliki suku bunga mulai dari 3,25% fixed 1 tahun, bebas biaya provisi dan administrasi. KPR Solusi BRI bisa ini hadir untuk membantu masyarakat yang ingin memiliki rumah impian.

Jadi, untuk mendapatkan rumah impian itu memang tetap harus diusahakan ya! Untungnya ada BRI Info Lelang yang menghadirkan informasi menyeluruh buat kamu yang ingin beli rumah lelang. 

 

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya